motivation

10 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Memotivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Inggris

Posted on

10 HAL YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MEMOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS

motivation

Banyak pengajar bahasa Inggris menyerah karena melihat minat belajar muridnya tidak sebanding dengan usaha yang telah dicurahkan bagi perkembangan anak didiknya. Hal ini tidak 100% benar dan tidak 100% salah. Pasalnya, minat belajar tersebut digerakkan oleh motivasi pelajar sendiri. Berangkat dari persoalan ini, hendaknya pengajar mengetahui solusi atas persoalan motivasi ini.

Berikut ini 10 anjuran untuk memotivasi murid di kelas dalam belajar bahasa inggris

 


10 hal yang harus dilakukan seorang pengajar untuk memotivasi anak didik di kelas dalam belajar bahasa inggris

  1. Tetapkan sebuah contoh personal dengan perilaku anda sendiri.

Pengajar sebaikanya memberikan contoh dan memfasilitasi peserta didiknya untuk berproses. Oleh sebab itu, selalu hadirkan semangat mengajar maka peserta didik pun pasti bersemangat; berbicaralah dengan lantang, percaya diri, dan jelas saat di kelas, maka peserta didik pun pasti menirunya.

 

  1. Ciptakan atmosfer menyenangkan dan rileks di kelas.

Lupakan sistem guru adalah raja di kelas. Jangan biarkan murid takut saat hendak masuk kelas anda, namun jangan lupa bahwa guru tetaplah manajer kelas.

 

  1. Berikan tugas secara layak.

Berilah tugas yang sesuai dengan kemampuan (menantang dan mendorong cara berpikir kreatif murid) dan porsinya (tidak terlalu berlebihan tapi cukup). Jangan lupa pastikan bahwa setiap tugas tersebut berarti bagi kehidupan nyata mereka.

 

  1. Kembangkan sebuah hubungan baik dengan para pembelajar.

 

  1. Jadilah sahabat yang baik dan dipercaya bagi peserta didik anda.

 

  1. Tingkatkan kepercayaan diri linguistik pada pembelajar.

 

  1. Berilah pujian atas keberhasilan mereka dalam produksi lisan maupun tertulis.

 

  1. Jadikan kelas bahasa anda menarik.

Kembangakan pengetahuan anda terhadap trend mengajar yang kreatif, misalnya dengan menggunakan permainan, media komputer dan internet, video, lagu, drama pendek, dsb.

 

  1. Tingkatkan otonomi pembelajar.

Kenalkan pembelajar dengan cara-cara belajar mandiri di luar kelas. Sehingga mereka tidak menggantungkan tingkat keberhasilan mereka pada guru mereka. Dan mereka akan mampu mengembangkan diri mereka sendiri di kemudian hari.

 

  1. Buatlah proses pembelajaran bernilai personal.

Berilah umpan balik bagi setiap orang. Hal ini membuat setiap murid merasa di perhatikan dan dapat melihat perkembangan kemampuan mereka sendiri.

Perkenalkan mereka dengan sebanyak mungkin sumber pembelajaran dan konteks budaya bahasa sasaran, misalnya budaya Potluck Party, Halloween, dll lewat sarana media teknologi informasi.

 


Demikian pembahasan pada artikel kali ini mengenai 10 hal yang harus dilakukan untuk memotivasi siswa dalam belajar bahasa inggris.

Semoga bermanfaat dan membantu sahabt IBI (ilmubahasainggris.com) semua.

Thank you for your attention…

 

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...