vocabulary

10 Langkah Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Posted on

10 Langkah Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris

vocabulary

 

Ada lebih dari 250.000 kata dalam kamus Oxford English. Jumlah ini tidak termasuk kata-kata gaul atau kata-kata teknis. Namun, seorang pembicara bahasa Inggris yang baik biasanya akan menggunakan hanya 15.000 hingga 20.000 kata-kata ini.

Berikut adalah 10 langkah cara meningkatkan kemampuan kosakata bahasa inggris

 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :


10 langkah cara meningkatkan kosakata (vocabulary) bahasa inggris

  1. Make reading the newspaper a daily ritual. Jadikan membaca Koran menjadi rutinitas sehari-hari. Sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) mungkin nyaman membaca bagian tertentu tetapi upayakan juga untuk membaca artikel yang berbeda pada setiap halaman.
  2. Make it a habit to read a new book every week. Biasakan untuk membaca buku baru setiap minggu. Hal ini tidak mengherankan bahwa orang-orang yang banyak membaca dapat mengembangkan kosa kata yang baik. Mungkin sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) bisa mempertimbangkan untuk menjadi anggota perpustakaan lokal. Buatlah daftar kata-kata baru untuk catatan sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dan mencari maknanya dikamus.
  3. Watching English movies and television shows. Menonton film bahasa Inggris dan acara televisi berbahasa inggris salah satu bagian penting untuk meningkatkan bahasa Inggris dan belajar kata-kata bahasa Inggris baru. Bagian terbaik tentang menonton video bahasa Inggris adalah bahwa sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dapat belajar pengucapan yang baik dan benar.
  4. Use vocabulary cards. Gunakan kartu berisikan kosakata. Kartu kosakata digunakan oleh pelajar yangsedan mempelajari banyak kata dalam waktu singkat. Sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dapat mencoba membuat kartu kosakata sendiri dengan menulis kata dalam bahasa inggris disatu sisi dan menulis artinya di sisi yang lain. Hal ini cukup ampuh untuk menambah koleksi kosakata kamu dan belajar kata-kata baru dalam waktu singkat dan luang.
  5. Use the internet. Gunakan internet. Internet adalah sumber daya yang terbatas untuk bahan bacaan. Pilih topik yang akan sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) pelajari dan cari artikel tentang topik tersebut. Sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) akan menemukan banyak bahan untuk membaca, atau mungkin sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) menemukan bacaan-bacaan yang menarik dan penting. Dan juga pasti akan membuat sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) menemukan kosakata baru.
  6. Don’t forget the new words. Jangan lupa dengan kata-kata baru. Cara terbaik untuk memastikan bahwa sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) tidak pernah melupakan kata-kata baru yang telah dipelajari adalah untuk mulai menggunakan kata-kata tersebut dalam hari-hari sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jangan pernah mencoba untuk memaksakan kosakata-kosakata tersebut ke dalam percakapan, tetapi pergunakan kosakata-kosakata tersebut jika sesuai dalam percakapan.
  7. Learn pronunciation. Pelajari tentang cara pengucapan. Kebanyakan kamus menyuguhkan kita dengan lafal kata-kata dengan menggunakan simbol-simbol fonetik. Hal ini penting untuk mempelajari suara yang sesuai dengan simbol-simbol fonetik, agar menjadi nyaman mengucapkan kata-kata baru.
  8. Learning in groups is always more fun. Belajar dalam suatu kelompok selalu lebih menyenangkan. Jika sahabat IBI (ilmubahasaingggris.com) memiliki teman-teman yang juga ingin meningkatkan kosa kata mereka, maka sahabat IBI (ilmubahasaingggris.com) dapat membentuk sebuah kelompok dan berbagi kata-kata baru dengan satu sama lain. sahabat IBI (ilmubahasaingggris.com) dapat bertemu secara berkala dan mengukur tingkat kemajuan pemahaman kosakata kalian.
  9. Learn the root words. Pelajari akar kata. Maksud nya akar kata adalah kata-kata dari mana kata-kata tersebut tumbuh dengan penambahan awalan dan akhiran. Misalnya, kata kosakata yang berasal dari bahasa Latin akar kata voc yang berarti kata atau nama. Dengan kata lain seperti advocacy, vocal dan vociferous juga berasal dari akar kata yang sama. Oleh karena itu, jika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dapat mengenali beberapa akar kata, sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) akan mendapatkan ide kosakata dari banyak asal kata.
  10. Keep revising. Tetap lakukan revisi. Meskipun penting untuk membaca dan mempelajari kata-kata baru, hal itu sama pentingnya untuk merevisi apa yang telah sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) pelajari. Perbaiki kosakata dari hari ke hari dalam jangka wakti satu minggu untuk merevisi semua kata yang telah sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) pelajari dalam seminggu itu dan menambahkannya ke kosakata sehari-hari mu.

 


Demikian tips-tips khusus yamng dapat admin share, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat IBI (ilmubahasainggris.com). 

Thank you so much 🙂


loading...