sport idiom

10 Nama Idiom Tentang Olahraga (Sport Idiom) Beserta Arti Dan Contoh Kalimatnya Lengkap

Posted on

10 Nama Idiom Tentang Olahraga (Sport Idiom) Beserta Arti Dan Contoh Kalimatnya Lengkap

sport idiom


  1. Hat trick – Tiga kali kemenangan berturut-turut : Ungkapan ini digunakan dalam permainan seperti sepak bola, kriket, hoki dan rugby. Hal ini digunakan ketika seseorang mencapai tiga kali keberhasilan satu per Misalnya tiga kali gol dalam sepak bola.

Contoh kalimat : If he wins this election, it will be a hat trick for him! Three consecutive terms in office! – Jika dia menang pemilihan ini, itu akan menjadi tiga keberhasilan berturut-turut dalam hidupnya! Tiga kali berturut-turut berhasil di kantor!.

  1. Ball in your court – Keputusan ada di tangan kamu : Sebuah ungkapan yang digunakan untuk menunjukkan bahwa keputusan harus diambil oleh anda. Kata anda bisa diganti dengan dia, saya dan lain sebagainya.

Contoh kalimat : The manager told the employee curtly, “Either accept the terms and conditions or leave, the ball is in your court – Manajer mengatakan kepada karyawan-karyawannya dengan singkat, “Entah menerima syarat dan ketentuan atau meninggalkannya, keputusan ada ditangan kamu”.

  1. Still in the game – Masih dalam situasi atau kondisi ini : Ungkapan ini digunakan ketika seseorang berada dalam situasi yang sulit, tetapi bisa membuat nya kembali baik.

Contoh kalimat : We may not be out of the crisis yet, but that just means we have to work harder. Don’t lose hope, we’re still in the game! – Kami mungkin tidak dapat keluar dari krisis, tapi itu berarti hanya kita saja yang harus bekerja lebih keras lagi. Jangan kehilangan harapan, kita masih dalam situasi ini!.

  1. Pack a punch – Mengena : Ungkapan ini diambil dari olahraga tinju dan digunakan untuk menggambarkan pengaruh yang kuat.

Contoh kalimat : His talk packed a punch and enthralled the audience  – Ucapannya sangat mengena dan membuat penonton terpesona.

  1. Whole new ball game – Hal yang berbeda atau baru : Istilah ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang berbeda atau benar-benar keterlaluan.

Contoh kalimat : I come from a sales background, so management is a whole new ball game for me! –  Latar belakang saya adalah sales penjualan, sehingga manajemen adalah hal yang berbeda bagi saya!.

  1. Jump the gun – Memulai sesuatu sebelum waktunya : Ungkapan ini digunakan ketika seseorang memulai sesuatu sebelum waktu yang tepat (atau sebelum aba-aba atau suruhan).

Contoh kalimat : I asked her to marry me after two dates. I guess I may have jumped the gun – Saya memintanya untuk menikah setelah dua tanggal ini. Saya pikir saya mungkin telah memulai hal ini sebelum waktunya.

  1. Keep your eye on the ball – Waspada/fokus : Sebuah ungkapan yang digunakan dalam permainan seperti kriket, sepak bola dan lain sebagainya di mana fokus dari permainan ini adalah bola. Untuk menjaga mata pemain pada bola berarti untuk tetap waspada dan siap beraksi.

Contoh kalimat : The teacher saw the student looking distracted and yelled, “if you want to do well in my class you’d better keep your eye on the ball – Guru melihat siswa tampak terganggu dan berteriak, “jika kamu ingin melakukannya dengan baik di kelas saya sebaiknya kamu tetap fokus.

  1. Photo finish – Sama rata : Digunakan umum dalam olahraga seperti olahraga balap, ungkapan ini juga digunakan untuk menggambarkan situasi ketika dua kontestan menyelesaikan lomba pada waktu yang hampir sama atau sulit untuk mengukur mana kontestan yang melintasi garis pertama. Istilah ini berasal dari praktek mengambil foto di garis finish.

Contoh kalimat :  The race between Amir and Anil was so close that it was a deemed a photo finish which required examining a picture of the two runners as they crossed the finish line – Perlombaan antara Amir dan Anil begitu dekat bahwa hasil akhir itu dianggap sama dimana diperlukan untuk memeriksa gambar atau foto anatara dua pelari saat mereka melintasi garis finish.

  1. Quick off the mark – Cepat tanggap : Ungkapan idiom ini digunakan untuk seseorang yang waspada dan karenanya, cepat untuk memulai atau melakukan sesuatu.

Contoh kalimat : The policemen were quick off the mark and arrived at the scene of crime barely five minutes after the phone call – Para polisi yang cepat tanggap dan tiba di TKP saat hampir lima menit setelah panggilan telepon.

  1. A sticky wicket – Situasi yang rumit : Ungkapan idiom ini berasal dari permainan kriket dan digunakan untuk menggambarkan situasi yang sedang rumit.

Contoh kalimat : The minister found himself on a sticky wicket when asked about the rampant corruption – Pejabat menteri mendapati dirinya pada situasi yang rumit ketika ditanya tentang korupsi yang merajalela.

 


The enemy of time is routine – Musuh dari waktu adalah rutinitas


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...