Money idiom

10 Nama Idiom Tentang Uang (Money Idiom) Beserta Arti Dan Contoh Kalimatnya Lengkap

Posted on

10 Nama Idiom Tentang Uang (Money Idiom) Beserta Arti Dan Contoh Kalimatnya Lengkap

Money idiom


  1. All that glitters is not gold – Semua yang gemerlap bukan hanya emas : Ungkapan ini berarti bahwa penampilan dapat menyesatkan dan bahwa segala sesuatu yang terlihat atau tidak, tidak harus tak ternilai harganya.

Contoh kalimat : I bought the expensive looking watch but it stopped working after a week. I realised that all that glitters is not gold – Saya membeli jam tangan dan mencari yang mahal tapi berhenti bekerja setelah seminggu. Saya menyadari bahwa semua yang gemerlap bukan hanya emas.

  1. Blank cheque – Dana yang tak terbatas : Meninggalkan cek kosong untuk mengalokasikan dana tak terbatas untuk sebuah proyek atau seseorang.

Contoh kalimat : I was told that the project had to be successful and I would be given a blank cheque for the same – Saya diberitahu bahwa proyek harus sukses dan saya akan diberikan dana yang tak terbatas.

  1. Dime a dozen – Sepeser atau selusin : Ungkapan idiom ini digunakan untuk merujuk kepada sesuatu yang sangat mudah untuk mendapatkan nya dan dengan demikian adalah nilai yang kecil.

Contoh kalimat : Don’t bother with these, they’re available dime a dozen – Jangan repot-repot dengan ini, mereka sudah tercukupi walaupun sepeser atau selusin.

  1. Easy money – Dengan mudah mendapatkan uang : Ungkapan ini digunakan untuk merujuk pada uang yang bisa diperoleh dengan tanpa banyak usaha.

Contoh kalimat : The task was simple and got him easy money  – Pekerjaan itu sederhana dan dengan mudah untuk mendapatkan uang nya.

  1. Feel like a million bucks – Sangat atau terlalu bahagia : Ungkapan idiom ini digunakan untuk merujuk kepada perasaan kebahagiaan yang besar.

Contoh kalimat : Now that I’m married, I feel like a million bucks  –  Sekarang saya sudah menikah, saya merasa sangat bahagia.

  1. Give somebody a run for their money – Memberikan seseorang kesempatan untuk mendapatkan uang : Ungkapan ini digunakan untuk seseorang yang lebih baik dari seseorang yang profesional di bidang tertentu.

Contoh kalimat : Rajesh may not be well known but he can give most professional singers a run for their money – Rajesh mungkin tidak dikenal tapi dia bisa memberikan penyanyi paling professional kesempatan untuk mendapatkan uang.

  1. Go broke – Bangkrut : Ungkapan idiom ini digunakan untuk merujuk kepada suatu kondisi dimana seseorang kehilangan semua uang mereka.

Contoh kalimat : Ravi spent all the money last night and now he’s broke – Ravi menghabiskan semua uang tadi malam dan sekarang dia menjadi bangkrut.

  1. Make ends meet – Memenuhi kebutuhan : Ungkapan idiom ini digunakan untuk merujuk kepada situasi di mana tidak ada cukup atau hanya cukup uang untuk biaya dan kebutuhan sehari-hari.

Contoh kalimat :  I was unable to make ends meet with my meagre income – Saya tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan penghasilan saya yang sedikit.

  1. Not worth a cent – Tak ternilai : Ungkapan idiom ini digunakan untuk merujuk pada objek yang tak bernilai apa-apa, bahkan satu sen pun sama dengan jumlah uang yang sangat sedikit.

Contoh kalimat : Don’t buy this house, it isn’t worth a cent – Jangan membeli rumah ini, ini tidak layak untuk di huni.

  1. Worth your salt – Senilai dengan harga yang dikeluarkan : Kata-kata idiom ini digunakan ketika ada sesuatu yang berharga sama dengan jumlah biaya.

Contoh kalimat : Buy this car,  it’s worth your salt – Membeli mobil ini, itu sama saja senilai dengan harga yang dikeluarkan.

 


Money doesn’t grow on trees – Uang tidak tumbuh di pohon


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :