punctuation-marks

11 Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris Beserta Simbol, Penggunaan Dan Contohnya

Posted on

11 Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris Beserta simbol, Penggunaan Dan Contohnya

punctuation-marks

 

Tanda baca merupakan salah satu hal yang penting dalam penggunaan bahasa inggris baik lisan maupun tulisan. Dalam penulisan bahasa Inggris, penggunaan yang benar dari simbol-simbol ini membantu untuk mengungkapkan makna dari kalimat. Dalam bahasa Inggris lisan, tanda baca menyatakan jeda dan intonasi yang akan digunakan saat membaca dengan suara keras.

 

Tanda baca yang salah dapat mengubah arti dari kalimat. Contohnya mari kita lihat perbandingan dua kalimat berikut:

  1. Let’s eat Mom. ( Mari kita makan ibu.)
  2. Let’s eat, Mom. ( Mari kita makan, ibu.)

Apakah sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) melihat bagaimana penggunaan koma mengubah seluruh makna baik dalam kalimat? Hilangnya koma dalam kalimat pertama menunjukkan bahwa pembicara meminta untuk memakan ibu mereka, yang tidak masuk akal. Sedangkan, koma setelah let’s eat atau mari kita makan di kalimat kedua membantu untuk menyampaikan makna bahwa pembicara menyarankan kepada ibu mereka untuk pergi dan mulai makan, yang terdengar lebih masuk akal.


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :


A. Simbol dan penggunaan tanda baca atau punctuation.

Beberapa tanda baca yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Full Stop (.) atau titik. Usually used at the end of a sentence. Biasanya digunakan pada akhir kalimat.
  2. Question Mark (?) atau tanda tanya. Usually used at the end of an interrogative sentence to form a question. Tanda tanya biasanya digunakan pada akhir sebuah kalimat tanya untuk membentuk sebuah pertanyaan.
  3. Comma (,) atau koma. Usually used to denote a pause in a sentence. Koma biasa digunakan untuk menunjukkan jeda dalam kalimat.
  4. Exclamation Mark (!) atau tanda seru. Used to denote shock, surprise, anger or a raised voice. Tanda seru digunakan untuk menunjukkan ketika mengalami shock atau terkejut, marah atau mengangkat suara, dan lain sebagainya.
  5. Colon (:) atau titik dua. Used to indicate what is to follow next. Titik dua biasa digunakan untuk menunjukkan kata apa yang akan diikuti selanjutnya.
  6. Semi Colon (;) atau titik koma. Used to link two independent clauses not joined by a conjunction or used to separate two independent clauses in place of comma. Sedangkan titik koma digunakan untuk menghubungkan dua klausa independen yang tidak bergabung dengan konjungsi atau kata hubung atau digunakan untuk memisahkan dua klausa independen dalam penempatan koma.
  7. Apostrophe (‘) atau tanda petik satu. Used to show possession or for contraction of word. Tanda petik satu umumnya digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atau kontraksi kata.
  8. Ellipsis (…) atau titik-titik. Used to indicate the missing pieces in the direct quotation and to decide upon a quote speech. Tanda baca ini biasa digunakan untuk menunjukkan adanya bagian yang hilang pada kutipan langsung dan untuk memutuskan suatu kutipan dari percakapan.
  9. Quotation Marks (“ “) atau tanda petik dua. Used to show quotation, either in writing or speech. Tanda baca seperti ini berfungsi untuk menampilkan kutipan, baik tulisan maupun ucapan orang lain.
  10. Parentheses ( ( )  ) atau tanda kurung. Used to add material that can be either additional information or comments of the author. Simbol ini digunakan untuk menambahkan materi yang dapat berupa informasi tambahan maupun komentar dari penulis.
  11. Slash ( / ) atau garis miring. Used to separate the selection, to indicate a period of time, to represents the word “per”, to write abbreviations, and to indicates a shift in the lines of poetry. Tanda baca garis miring digunakan untuk memisahkan pilihan, menunjukkan periode waktu, merepresentasikan kata “per”, menuliskan singkatan, dan menunjukkan pergantian baris pada puisi.

B. Contoh penggunaan punctuation atau tanda baca dalam kalimat

  1. The speed of the earth rotation is about 733.66 miles/hr.
    (Kecepatan rotasi bumi sekitar 733.66 mil/jam.)
  2. “Nobody can imagine…”, Lia said.
    (“Tak seorangpun dapat membayangkan…”, Kata Lia.)
  3. Lia, Esti and me, are invited to Tita’s graduation ceremony.
    (Lia, Esti dan saya, diundang ke upacara kelulusan wisuda Tita.)
  4. “It wasn’t me!” Ferdi screamed.
    (“Bukan saya!” teriak)
  5. Nisa’s bag, the men’s room, Tom’s book.
    (Tas Nisa, ruang laki-laki, buku Tom)

– Everyday is a new adventure –

Good luck!


loading...