study2

3 Langkah Mudah Dan Menyenangkan Untuk Mengurangi Stress Dalam Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Posted on

Tiga Langkah Mudah Dan Menyenangkan Untuk Mengurangi Stress Dalam Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

study2

Tidak bisa dipungkiri dan dihindari bahwa belajar pun terkadang memiliki perasaan bosan atau jenuh. Terlebih lagi bagi pelajar pemula yang sedang memulai belajar bahasa inggris dan menemukan kesulitan dalam belajar nya. Apalagi jika tidak dapat memecahkan masalah dari kesulitan tersebut.

Bagi sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) yang masih berfikir dan merasa bahwa belajar Bahasa

Inggris itu sulit dan membosankan, mungkin ada baiknya jika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) menciptakan suasana baru dalam belajar, tidak hanya fokus kepada buku-buku atau teori-teori yang tentu saja akan membuat sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) merasa pusing dan bosan. Kenyamanan adalah salah satu hal dalam belajar yang akan sangat mempengaruhi pemahaman sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam pembelajaran tersebut. Ciptakan juga suasana yang menyenangkan ketika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) ingin belajar Bahasa Inggris karena pada dasarnya belajar Bahasa Inggris bukan hanya sekedar teori tetapi skill, kemampuan, serta keterampilan.

Skill ataupun keterampilan tidak akan bisa sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dapatkan hanya dengan membaca buku dan mempelajari teori tentang Bahasa Inggris itu sendiri tetapi harus juga melakukan banyak – banyak latihan dan praktek.

Agar sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) tidak merasa jenuh atau bosan ataupun menganggap bahwa bahasa inggris itu penuh dengan kesulitan, dibawah ini ada tiga langkah yang memudahkan sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam belajar Bahasa Inggris.

 


Tiga langkah sederhana untuk mengurangi stress dan jenuh dalam proses belajar bahasa inggris

  1. Movie

Movie atau film adalah salah satu metode termudah dalam belajar Bahasa Inggris. Dan yang terpenting adalh menonton film adalah hal yang menyenangkan dan dapat mengurangi stress. Terutama bagi sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) yang mempunyai hobi menonton film.

Caranya adalah, sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) bisa memilih genre movie ataupun film yang sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) sukai. Misalnya, horror, komedi, romantic, action, cartoon ataupun yang lainnya. Intinya adalah genre atau film apapun yang sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) tonton harus film Hollywood yang memiliki subtitle atau teks terjemahan pada movie atau film tersebut.

Hal ini tentu akan membuat suasana sangat menyenangkan, terlebih lagi sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) bisa me-refresh otak setelah beberapa lama belajar bahasa inggris.

Karena menonton film itu sendiri selain dapat dijadikan sebuah hiburan bagi sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) diwaktu luang, menonton juga bisa dijadikan salah satu metode untuk belajar bahasa inggris bagi pemula yang sering merasakan jenuh. Dan secara tidak langsung menonton film juga sama saja sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) belajar tiga skill atau kemampuan sekaligus bahkan lebih. Yaitu reading, listening dan pronunciation.

Ketika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) sedang menonton, sesekali cobalah untuk tidak menggunakan bantuan subtitle atau teks terjemahan karena itu juga akan melatih kemampuan listening sahabat IBI (ilmubahasainggris.com). Atau kalaupun sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) merasa sulit tanpa bantuan subtittle, sebaiknya gunakan subtittle dengan Bahasa Inggris, bukan Bahasa Indonesia. Jika sudah terbiasa hal ini akan memungkinkan sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) akan menambah daftar kosakata atau vocabularies sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses belajar Bahasa Inggris.


  1. Listening to the music

Listening to the music atau mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris sangat baik dan efektif dalam membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) mempelajari Bahasa Inggris.

Mulailah mencoba dengan sesering mungkin untuk mendengar lagu-lagu western dan coba pahami apa makna dari lagu tersebut tanpa membuka kamus atau google translate terlebih dahulu untuk mengetahui liriknya. Mulai dengan mendengarkan lagu yang memang sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) sukai, karena jika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) sudah suka, tentu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) pun akan senang untuk mendengarkan lagu tersebut berkali kali dan itu akan membuat sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) hafal dan mengerti tentang lagu tersebut. Dan yang paling penting adalah, mendengarkan lagu berbahasa inggris yang disukai dapat mengurangi perasaan jenuh dan stress ketika mendapatkan kesulitan belajar dalam proses belajar bahasa inggris.


  1. Games

Membahas tentang game atau permainan, tentu sangat menyenangkan. Di zaman teknologi serba canggih ini kita bisa mendapatkan dan memainkan game dengan mudah. Mulai dari handpone, tab, komputer atau laptop, playstation, atau gadget lainnya. Hampir dari semua permainan yang ada menggunakan Bahasa Inggris karena memang kebanyakan diciptakan dari luar negeri. Untuk sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) yang juga menyukai permainan atau game, cobalah memulai dari sekarang untuk sesekali tidak hanya fokus pada game atau permainannya, tetapi mulailah untuk memahami arti dari Bahasa Inggris yang ada dalam permainan itu untuk proses belajar Bahasa Inggris


Demikian pembahasan pada artikel kali ini mengenai “ Tiga Langkah Mudah Dan Menyenangkan Untuk Mengurangi Stress Dalam Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula “.

Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses belajar bahasa inggris.

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :