35 Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Penerbangan
35 Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Penerbangan

35 Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Penerbangan

Posted on

35 Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Penerbangan


Halo sahabat IBI, how is your day?

Bagi kamu yang baru pertama kali akan bepergian dengan pesawat, tentu kamu harus memahami prosedur dan tatacara bepergian dengan armada ini. Tidak hanya itu, dalam dunia penerbangan juga terdapat banyak istilah Bahasa Inggris yang tidak jarang dapat membingungkan. Untuk itu, berikut IBI ulasan beberapa istilah Bahasa Inggris yang akan sering kamu temui ketika bepergian dengan pesawat.


35 Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Penerbangan
35 Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Penerbangan

 


  1. Adult  : Merupakan sebutan bagi penumpang dewasa yang telah berusia di atas 12 tahun.
  2. Arrival  : Istilah ini digunakan untuk menyebut tempat kedatangan penumpang pesawat.
  3. Accompanied : Istilah ini berarti, saat membeli tiket bagi anak-anak atau bayi, harus disertai oleh orang dewasa yang akan membayar biaya tiket sesuai tarif yang berlaku.
  4. Anything to declare? : Pertanyaan ini biasanya akan ditemui saat bepergian ke luar negeri. Umumnya pertanyaan ini diajukan oleh petugas bea cukai yang artinya ‘Apakah anda membawa benda-benda seperti rokok dan alkohol?’.
  5. Apron  :  Berarti tempat parkir pesawat.
  6. Baggage  : Adalah istilah untuk menyebut bagasi atau barang bawaan penumpang pesawat.
  7. Boarding : Adalah proses naiknya penumpang ke dalam pesawat.
  8. Boarding Pass  : Berarti sebuah kartu yang diberikan pada penumpang pesawat tepat sebelum naik ke pesawat. Penumpang yang telah menerima boarding pass menunjukkan bahwa ia telah melakukan proses check-in. Dengan demikian ia siap naik ke pesawat sesuai dengan nomor tempat duduk, kompartemen dan kelas yang tertera pada tiketnya.
  9. Booking : Istilah ini digunakan saat seseorang melakukan proses pemesanan dan pembelian tiket pesawat.
  10. Cabin Attendant: Istilah ini digunakan untuk menyebut penjaga kabin pesawat atu biasa dikenal sebagai  pramugari atau pramugara.
  11. Climbing : Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pesawat yang sedang terbang naik.
  12. Connecting Flight : Istilah ini digunakan untuk menyebut proses pergantian dari satu ke pesawat ke pesawat lain, atau dari suatu airline ke airline lain. Hal ini biasanya dilakukan jika penerbangan dilakukan dengan cara transit.
  13. Child  : Istilah ini digunakan untuk menyebut penumpang anak-anak dengan usia 2 sampai 12 tahun.
  14. Check-in : Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut proses pengecekan terkait identitas, tujuan keberangkatan dan berbagai informasi lainnya dari calon penumpang pesawat.
  15. Check-in luggage : Istilah ini digunakan untuk menyebut tas penumpang yang disimpan dalam bagian kargo pesawat.
  16. Carry-on luggage : Berbeda dengan istilah sebelumnya, istilah ini digunakan untuk memnyebut tas atau barang bawaan yang dibawa langsung oleh penumpang ke dalam kabin pesawat. Istilah ini dikenal juga dengan hand luggage.
  17. Departure : Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut tempat atau bagian keberagkatan bagi penumpang pesawat.
  18. Dangerous Good : Istilah ini digunakan untuk menyebut barang-barang yang masuk dalam daftar barang membahayakan bagi keselamatan penerbangan.
  19. Destination : Istilah ini digunakan untuk menyebut kota tujuan terakhir. Umumnya kota yang disebut adalah kota terjauh yang menjadi tujuan penumpang (hal ini terjadi dalam sebuah penerbangan dengan sistem transit).
  20. Direct Flight : Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penerbangan yang langsung menuju tempat tujuan tanpa melalui proses pemberhentian atau transit.
  21. Emergency Landing : Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pendaratan darurat yang dilakukan pesawat di bandara.
  22. Flight : Istilah ini berarti penerbangan.
  23. Force Landing : Yaitu istilah yang digunakan untuk menyebut pendaratan yang dilakukan pesawat di luar bandara.
  24. Holding Area : Yakni istilah yang digunakan untuk menyebut area menunggu di udara. Area ini biasanya digunakan oleh pesawat untuk menunggu antrian saat akan landing atau mendarat di bandara.
  25. Landing : Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pesawat yang tengah mendarat.
  26. Infant  : Adalah sebutan bagi penumpang bayi yang dikategorikan dari usia 0 hingga 24 bulan.
  27. Metals : Adalah sebutan bagi barang-barang yang terbuat dari logam,  misalnya uang logam, kunci, maupun perhiasan.
  28. No-show : Adalah sebutan bagi penumpang pesawat yang telah melakukan proses booking, tetapi tidak menggunakan jasa penerbangan atau tidak datang saat jadwal penerbangan miliknya.
  29. Passenger : Adalah sebutan bagi seluruh penumpang pesawat terkecuali awak kabin seperti pilot, co-pilot dan pramugara atau pramugari.
  30. Pay Tax : Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut proses membayar pajak untuk negara. Hal ini dilakukan dalam penerbangan baik skala domestik maupun internasional.
  31. Safety belt : Adalah sebutan untuk sabuk pengaman di kursi penumpang.
  32. Security Check : Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut proses pemeriksaan keamanan.
  33. Ticket Time Limit : Adalah istilah untuk menyebut batas waktu konfirmasi pemesanan tiket pesawat oleh penumpang.
  34. Transit : Adalah istilah untuk menyebut proses pemberhentian yang terjadi dari kota keberangkatan menunju kota tujuan. Transit ini dapat terjadi lebih dari satu kali dalam sebuah penerbangan.
  35. Take off : Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pesawat yang sedang terbang landas.

Itu tadi ulasan 35 istilah Bahasa Inggris yang digunakan dalam dunia penerbangan. Semoga pengalamanmu bepergian dengan pesawat selalu menyenangkan ya 🙂

-Salam Hangat IBI-