Speak1

4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Agar Bisa Berbicara Dalam Bahasa Inggris Dengan Baik Dan Benar

Posted on

4 Hal  Penting Yang Harus Diperhatikan Agar Bisa Berbicara Dalam Bahasa Inggris Dengan Baik Dan Benar

Speak

 

Dibawah ini adalah hal-hal penting yang akan membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) untuk mencapai maksud dan tujuan dalam berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

 

Seperti kutipan dari Zahid Zia Cheema berikut, seorang masterpiece collection of Quotes: “ If speaking English is qualification, English speaking babies can get a master in English before beginning to walk!


4 Hal penting dalam belajar berbicara bahasa inggris

 

1. Jangan belajar tata bahasa (grammar) terlalu banyak

Pernyataan ini mungkin terdengar aneh, tapi itu adalah salah satu hal yang paling penting. Jika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) ingin lulus ujian, langkah wajib adalah mempelajari tata bahasa (grammar). Tapi, jika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) ingin berbicara lancar dalam bahasa Inggris, maka sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) harus mencoba untuk belajar bahasa Inggris tanpa mempelajari tata bahasa (grammar) terlalu banyak.

Why?

According to me, mempelajari tata bahasa (grammar) hanya akan memperlambat dan membingungkan sahabat IBI (ilmubahasainggris.com). Kamu akan berpikir tentang aturan saat membuat kalimat bukannya secara alami mengatakan kalimat seperti pada umumnya. For your information nih, ternyata hanya sebagian kecil dari penutur bahasa Inggris tahu lebih dari 20% dari semua aturan tata bahasa (grammar).

So, Apakah sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) ingin dapat membaca definisi dari kata kerja kausatif, atau ingin dapat berbahasa Inggris dengan lancar?


2. Pelajari dan belajar frase

Banyak siswa belajar kosa kata dan mencoba untuk menempatkan banyak kata bersama-sama untuk membuat kalimat yang tepat. Faktanya berapa banyak kosakata yang diketahui oleh mereka, tapi mereka tidak bisa membuat kalimat yang tepat. Alasannya adalah karena mereka tidak belajar frase. Jika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) tahu 1000 kata, mungkin tidak bisa mengatakan satu kalimat yang benar.

Tapi jika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) tahu 1 frase, kamu dapat membuat ratusan kalimat yang benar. Jika 100 frase, betapa banyak kalimat yang benar yang sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) tahu dan tentunya bisa langsung diterapkan atau ”speaking”  atau  “berbicara bahasa inggris” sampai 1.000 frase dan seterusnya.


 

3. Membaca dan Mendengarkan adalah TIDAK cukup. Praktek Berbicara dari apa yang didengar!

Membaca, mendengar, dan berbicara adalah aspek yang paling penting dari bahasa apapun. Hal yang sama berlaku untuk Bahasa Inggris. Namun, berbicara adalah satu-satunya persyaratan untuk menjadi lancar.

ketika Sekolah Dasar urutan belajar pada umumnya adalah belajar membaca, kemudian menulis, kemudian mendengarkan, dan akhirnya berbicara. See? What will you get? Berbicara atau membaca?

In my opinion, urutan yang tepat adalah mendengarkan, berbicara, membaca, kemudian menulis.

Karena sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) perlu mengikuti/meniru (khusus nya untuk anak-anak yang baru mulai belajar) dari materi yang didengar, kemudian berbicara dan membaca materi untuk memahami dan mempelajarinya. Contoh balita yang mendengarkan orang-orang sekitar ataupun media dengan bahasa inggris, bahasa daerah atau bahasa asing lainnya, mereka akan meniru dan menerapkan apa yang ada disekitarnya. Dan terus berlatih sampai dewasa.

Ketika dewasa mereka dengan mudah dan lancar berbahasa dan berbicara dibanding mereka yang belajar membaca, menulis, mendengar kemudian berbicara. Ketika dewasa mereka akan pintar tata bahasa (grammar) tapi sulit berbicara lancar. Tapi admin tidak menyalahkan keduanya. Semuanya baik dan benar hanya perbedaan metode belajar yaa 🙂


 

4. Merendam diri

Mampu berbicara bahasa adalah bukan karena dengan seberapa pintar diri kalian. Siapapun dapat belajar bagaimana berbicara bahasa apapun. Ini adalah fakta yang telah terbukti oleh semua orang di dunia. Semua orang bisa berbicara setidaknya satu bahasa. Hal ini dicapai dengan keberadaan bahasa di sekitar kalian. Atau Mereka yang dapat berbicara bahasa Inggris bukan karena mereka pergi ke sekolah dengan sangat rajin atau ke lembaga pendidikan khusus, tetapi karena mereka memiliki sebuah lingkungan di mana mereka dapat sambil berlatih dengan lingkungan sekitar.

Penjelasan sederhana nya seperti ini : tinggal di Indonesia akan bisa berbahasa Indonesia, tinggal di jepang akan tahu bahasa jepang, tinggal di inggris akan tahu bahasa inggris atau tinggal di pulau jawa akan paham bahasa jawa. Artinya bukan harus mendiami Negara atau Daerah secara bergantian. Tapi intinya adalah bahasa yang kamu pahami adalah bahasa sekitar kamu.  Dan tetap diizinkan ya untuk pergi ke sekolah dengan rajin atau ke lembaga pendidikan khusus bahasa guys…


Sampai disini dulu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com). Semoga bermanfaat.

Education is not a problem, Education is an opportunity

See you 🙂


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :