5 Cara Mengatakan 'Sangat Lelah' Dalam Bahasa Inggris
5 Cara Mengatakan 'Sangat Lelah' Dalam Bahasa Inggris

5 Cara Mengatakan ‘Sangat Lelah’ Dalam Bahasa Inggris

Posted on

5 Cara Mengatakan ‘Sangat Lelah’ Dalam Bahasa Inggris


Halo sahabat IBI. Pernahkah kamu merasa sangat lelah? entah karena bekerja, belajar atau pun karena beragam hal di sekitar kamu? Rasa lelah ini seringkali mengahruskan kita untuk berhenti sejenak. Beristirahat dan kembali lagi menyegarkan pikiran. Dengan begitu, kita bisa memulai sesuatu dengan lebih semangat keesokan harinya.

Pada tulisan ini, IBI akan mengulas 5 cara mengatakan ‘sangat lelah’ dalam Bahasa Inggris lengkap beserta contoh kalimatnya. Sikat terus ulasan berikut ini yaa.


 

5 Cara Mengatakan 'Sangat Lelah' Dalam Bahasa Inggris
5 Cara Mengatakan ‘Sangat Lelah’ Dalam Bahasa Inggris

 


I’m Knackered

I’m Knackered berarti very tired (sangat lelah). Ungkapan ini digunakan ketika seseorang merasa sangat lelah karena suatu pekerjaan atau aktivitas yang ia lakukan. Berikut contoh kalimatnya dalam Bahasa Inggris.

  1. I’ve been working all the time. I’m knackered (Aku telah bekerja sepanjang waktu. Aku sangat lelah).
  2. Nile said she is knackered, so she just wants to stay home this weekend (Nile mengatakan dia sangat lelah, jadi dia hanya akan tinggal di rumah akhir pekan ini).
  3. All the assignments made him absolutely knackered (Semua tugas-tugas telah membuatnya benar-benar sangat lelah).

I’m Exhausted

I’m exhausted berarti extremly tired (sungguh-sungguh kelelahan). Ungkapan ini digunakan ketika seseorang merasa loyo, penat dan begitu lelah disebabkan karena sesuatu. Berikut contoh kalimatnya dalam Bahasa Inggris.

  1. Sue must get some sleep. She is exhausted (Sue harus tidur. Dia benar-benar kelelahan).
  2. Usually, the children will stop to play when they have been exhausted (Biasanya, anak-anak akan berhenti bermain ketika mereka telah benar-benar kelelahan).
  3. Walking around the traditional market makes him exhausted (Berjalan keliling pasar tradisional membuatnya benar-benar kelelahan).

I’m Worn Out

Sama seperti exhausted, worn out berarti benar-benar kelelahan. Berikut contoh kalimatnya dalam Bahasa Inggris.

  1. My father is always worn out when he arrived home after work all day long (ayahku selalu sangat kelelahan ketika dia tiba di rumah setelah bekerja sepanjang hari).
  2. Finishing the report by deadline makes Sandra worn out (Menyelesaikan laporan sesuai batas waktu  membuat Sandra benar-benar kelelahan).
  3. When I’m worn out, I will take a rest at home and don’t go anywhere (ketika aku benar-benar kelelahan, aku akan istirahat di rumah dan tidak pergi kemanapun).

I’m On My Last Legs

Jika diartikan ke Bahasa Indonesia, I’m on My last legs berarti aku berada pada kakiku yang terakhir. Ungkapan ini merupakan sebuah idiom atau perumpamaan yang artinya:

Something that is on its last legs is in such bad condition. And it will soon be unable to work as it should
(Sesuatu yang berada pada kakinya yang terakhir berarti sedang dalam kondisi yang buruk. Dan dalam waktu dekat tidak akan mampu bekerja sebagaimana mestinya).

Dalam konteks ‘lelah’, ungkapan ini digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang berada dalam kondisi badan yang tidak baik karena kelelahan. Dengan demikian, dia tidak akan bisa melakukan kinerja sebaik yang biasanya. Berikut contoh kalimat Bahasa Inggris menggunakan ungkapan I’m on my last legs.

  1. I’m really on my last legs. I have to take a rest after finishing this project (Aku benar-benar berada pada kakiku yang terakhir. Aku harus beristirahat setelah menyelesaikan proyek ini).
  2. Nathan has not stopped yet to work since his first day as head office. I think he is on his last legs (Nathan belum berhenti bekerja sejak hari pertamanya sebagai kepala kantor. Aku pikir dia berada di kakinya yang terakhir).
  3. Jhony studied very hard for the exam. Now, he is on his last legs (Jhony telah belajar sangat keras untuk ujian. Sekarang, dia berada pada kakinya yang terakhir).

I’m Spent

Seperti ungkapan-ungkapan sebelumnya I’m spent berarti sangat lelah. Berikut contoh kalimatnya dalam Bahasa Inggris.

  1. Climbing mountain made Charlie spent  (mendaki gunung membuat Charlie sangat lelah).
  2. Las night I got less of sleep, and in the morning I have to work all of the day. Now I’m spent (Semalam aku kurang tidur, dan di di waktu pagi aku harus bekerja sepanjang hari. Sekarang aku sangat lelah).
  3. Joe is spent. He do not want to go to anywhere (Joe sangat lelah. Dia tidak ingin pergi kemanapun).

Itu tadi ulasan mengenai 5 cara mengatakan ‘sangat lelah’ dalam Bahasa Inggris. Pada dasarnya, hampir semua ungkapan memiliki makna yang sama. Jadi, kamu bisa memilih salah satu dari mereka ya sahabat IBI.

-Salam Hangat IBI-


 


loading...