Alasan bahasa Inggris Dijadikan Bahasa Internasional
Alasan bahasa Inggris Dijadikan Bahasa Internasional

Alasan Bahasa Inggris Dijadikan Bahasa Internasional

Posted on

Alasan Bahasa Inggris Dijadikan Bahasa Internasional


Halo sobat IBI…

Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Adalah bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada Abad Pertengahan Awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

Pada kesempatan ini kita aka membahas tentang Bahasa Inggris. Nah yang akan kita bahas adalah  alasan mengapa Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa internasional. Langsung saja kita simak penjelasannyaa berikut ini.


Alasan bahasa Inggris Dijadikan Bahasa Internasional
Alasan Bahasa Inggris Dijadikan Bahasa Internasional

Berikut adalah beberapa hal yang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa internasional:

1. Bahasa Inggris Merupakan Bahasa Tertua di Dunia
Sebagai bahasa yang paling tua tentu akan banyak sekali bahasa yang menggunakan bahasa ini, pada kenyataannya memang banyak negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa nasional sebelum Bahasa Inggris dijadikan bahasa internasional, seperti Amerika yang juga menggunakan Bahasa Inggris.

2. Bahasa Inggris Memiliki Banyak Kosa Kata
Bahasa Inggris termasuk bahasa yang mempunyai kosakata yang sangat banyak, selain itu perkembangan kosakata bahasa Inggris juga sangat pesat. Perusahaan internet terbesar google mengatakan bahwa bahasa Inggris memiliki perkembangan kosa kata setidaknya 8.500 kata pertahun, saat ini bahasa Inggris sudah memiliki lebih dari 1.022.00 kata, bandingkan dengan bahasa negara kita (bahasa Indonesia) yang hanya memiliki sekitar 82.000 kosa kata.

3. Mudah Dipelajari
Mungkin kita orang Indonesia merasa bahasa Indonesia yang paling mudah untuk dipelajari, tapi bayangkan jika orang Inggris harus mempelajari bahasa Indonesia pasti akan sangat sulit karena lidah mereka tidak sesuai. Terlebih jika misalnya bahasa Arab yang dijadikan bahasa internasional, akan sulit sekali untuk mengucapkan satu patah kata.

4. Inggris Paling Banyak Menjajah di Dunia
Hubungan menjajah dengan bahasa adalah saat negara Inggris menjajah negara Indonesia secara otomatis mereka akan menyebarkan bahasa Inggris ke Indonesia. Jika misalnya Inggris menjajah 100 negara maka 100 negara tersebut paling tidak sudah mengerti bahasa Inggris.

5. Negara Inggris Adalah Negara Maju
Mungkin anda bertanya apa hubungannya negara maju dengan bahasa internasional? Jawabnya adalah karena negara maju banyak menciptakan penemuan baru, dan juga menjadi pusat ekonomi. Sebagai contoh saat ada penemuan mesin ATM yang jelas-jelas singkatan berbahasa Inggris namun di Indonesia diartikan jauh berbeda dengan Anjungan Tunai Mandiri.


Demikian materi kali ini yang dapat IBI sampaikan semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan belajar bahasa Inggris ya, sobat IBI semua.

-Tetap Semangat-


 

loading...