Anecdote Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris
Anecdote Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris

Anecdote Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Posted on

Anecdote Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


 

Anecdote Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris
Anecdote Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Inggris terdapat beberapa jenis English Text tantara lain: Descriptive, Procedure, Narative, Recount, Report, Explanation, Analytical Exposition, Hortatory Exposition ,Procedure, Discussion, Review, Anecdote, Spoof,dan News Item. Tiap teks memiliki tujuan dan struktur teks yang berbeda. Pada Kesemptan kali ini IBI kan membahas tentang  pengertian, tujuan, ciri, generic structure, dan contoh dari  Anecdote Text mari kita simak.


  1. Pengertian Anecdote Text

Pada bagian ini kita akan membahas tentang pengertian Anecdote Text. Apa yang dimaksud Anecdote Text? Yang dimaksud dengan Anecdote Text,  Anecdote   berasal dari  kata anekdota yang berarti “tidak dipublikasikan/tidak diumumkan”. Sebenarnya istilah ini digunakan untuk sebuah cerita rahasia atau cerita pribadi. Namun kemudian terjadi pergeseran makna dan pemahaman istilah Anekdot menjadi sebuah cerita lucu. Anecdote Text merupakan salah satu jenis teks bahasa Inggris dari jenis Narration text yang mana menceritakan kembali kejadian ganjil atau kejadian yang tidak biasa baik fakta maupun imajinasi.

 


2. Tujuan Anecdote Text

Tujuan Anecdote Text adalah untuk menceritakan kejadian pada masa lampau yang bertujuan untuk menghibur pembaca atau pendengar dengan cerita yang tidak lazim atau yang dapat membuat orang tertawa dengan menceritakan kembali kejadian ganjil atau kejadian yang tidak biasa yang ditujukan untuk menghibur pembaca.


3. Ciri-Ciri  Anecdote Text

  • Menggunakan past tense (Waktu lampau), seperti: I found it last night. baik itu simple past tense, past continuous maupun past perfect tense.
    contoh: Last night, I met a beautiful girl wearing swimsuit in the middle of crowded people.
  • Menggunakan conjuction of time (kata sambung waktu) yaitu kata sambung yang menunjukkan urutan kejadian., seperti: then, afterward, before, after.
  • Menggunakan rhetoric question, yaitu pertanyaan yang kadang tidak membutuhkan jawaban karena penanya lebih tahu jawabannya. Hal ini sekedar untuk berinteraksi dengan pendengar atau pembaca.
    contoh: Do you know why? (tahukah kamu kenapa?)
  • Menggunakan exclamation atau kata seru seperti:
    contoh: what a bad day! (benar-benar hari yang buruk)
  • Menggunakan intensity word atau kata yang menunjukkan intensitas untuk mendramatisir cerita.
    contoh: very, much dan lain sebagainya.
  • Menggunakan action verb (kata kerja aksi), seperti: went, writed, etc
  • Menggunakan imperative sentece (kalimat perintah), seperti: listen to this.

 


4. Generic Strukture Anecdote Text

Generic Strukture anecdote text adalah:

  • Abstract

Pada bagian ini, penulis akan memulai tulisan dengan mengenalkan sesuatu yang unik atau ganjil secara singkat sehingga mengundang perhatian pendengar atau pembaca dan membuat penasaran bagaimana itu bisa terjadi. Biasanya – walaupun tidak mutlak – penulis akan memulainya dengan mengajukan sebuah pertanyaan.

  • Orientation

Setelah mampu membuat pendengar atau pembaca penasaran, kemudian penulis akan mulai dengan memperkenalkan setting tempat, pelaku, waktu dari sebuah cerita. Bagian ini memiliki fungsi yang sama seperti pada Narration Text.

  • Crisis

Bagian ketiga generic structure dari anecdote text adalah Crisis. Setelah pada bagian abstrack penulis menceritakan hal unik secara singkat, pada bagian inilah kemudian penulis mempertegas keunikan dan keganjilan yang terjadi sehingga grafik curiosity (penasaran) pembaca mengalami peningkatan.

  • Reaction atau Incident

Pada bagian inilah penulis mengakhiri rasa penasaran akan hal ganjil atau unik dalam cerita tersebut dengan menceritakan bagaimana pelaku memecahkan masalah atau keganjilan yang terjadi. Dan pada bagian inilah biasanya pembaca atau pendengar mendapatkan pemecahan masalah secara menggelitik atau lucu.

  • Coda (optional/tidak harus)

Coda adalah kesimpulan yang bisa ditarik dalam cerita lucu tersebut yang biasanya akan mengundang tawa pendengar atau pembaca yang lebih besar lagi. Namun bagian generic structure anecdote text ini tidak selalu ada dalam cerita anecdote.


5. Contoh Anecdote Text

Newest Jokes

  • My sister-in-law was teaching Sunday school class. The topic for the day: Easter Sunday and the 
resurrection of Christ. “What did Jesus do on this day?” she asked. There was no response, 
so she gave her students a hint: 
“It starts with the letter R.” One boy blurted, “Recycle!”
  • A woman called our airline 
customer-service desk asking if she could take her dog on board.“Sure,” I said, “as long as you provide your own kennel.” I further explained that the kennel needed to be large enough for the dog to stand up, sit down, turn around, and roll over.The customer was flummoxed: 
“I’ll never be able to teach him all of that by tomorrow!”
  • Just before the final exam in 
my college finance class, a less-than-stellar student approached me.“Can you tell me what grade 
I would need to get on the exam 
to pass the course?” he asked. I gave him the bad news. “The exam is worth 100 points. You would need 113 points to earn a D.” “OK,” he said. “And how many points would I need to get a C?”
  • My 90-year-old dad was giving 
a talk at our local library about his World War II experiences. During the question-and-answer period, he was asked, “How did you know the war was over?” He replied, “When they stopped shooting at me.”

Demikian penjelasan tentang Anecdote Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

“Jika terasa seperti tidak ada kehidupan, sekaranglah saatnya untuk mulai bercanda

-semangat belajar-


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...