reading

Cara Efektif Memahami Tulisan Dalam Bahasa Inggris (Reading Strategy)

Posted on

Cara Efektif Memahami Tulisan Dalam Bahasa Inggris (Reading Strategy)

 

reading

 

KWL dalam bahasa inggris atau singkatan dari Know, Want, dan Learn adalah sebuah strategi pembelajaran dalam membaca (reading strategy) dalam bahasa Inggris serta bisa mempertimbangkan sebagai startegi yang dapat sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) gunakan di kelas.

Know (yang berarti mengetahui, menganalisa, memprediksi), Want (yang berarti mengembangkan pemikiran terhadap apa yang akan dipelajari dengan membuat pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan teks), lalu Learn (Adalah menyimpulkan

mengenai apa saja yang telah dipelajari dan menjawab pertanyaan).

Hal tersebut yang akan dilakukan dalam pembelajaran reading strategy menggunakan KWL atau Know, Want, dan Learn.

Untuk lebih jelas, mari kita lihat dan simak bersama – sama penjelasan di bawah ini

 


Strategi pembelajaran dalam membaca (READING STRATEGY) dalam bahasa Inggris

  1. K atau know

Di tahap ini, siswa belum membaca teks dan bersama dengan kelompoknya, mereka akan menganalisa sebuah teks yakni dengan cara memikirkan kata kunci, istilah frase dan topik yang mungkin muncul di dalam teks tersebut. Lalu semua hal tersebut dibuat ke dalam sebuah daftar sehingga terperinci dengan baik. Tujuan dari tahap ini ialah siswa beserta kelompok bisa menggunakan tahap ini untuk terlebih dahulu berpikir kritis serta membuatanalisa mengenai hal – hal apa saja yang akan muncul di dalam teks.

  1. W atau will / want)

Pada tahap ini siswa akan melakukan hal yang jauh lebih kompleks lagi. Disini, mereka akan membuat pertanyaan-pertanyaan penting mengenai hal terkait dengan tema teks. Contohnya,

seorang guru telah memberikan clue bahwa teks yang akan dipelajari saat ini ialah mengenai pertanian. Sebuah kelompok siswa dapat membuat pertanyaan sebagai berikut :

“ Bagaimana pertanian di Indonesia dapat meningkatkan ekspornya ? “, “ Bagaimana sistem perawatan lahan pertanian di Indonesia? “, “ Mengapa banyak petani yang menggunakan

pestisida? “, “ Bagaimana cara membasmi hama dengan cara yang tepat dan cepat? “, ” Bagaimana cara menghasilkan tanaman-tanaman organic?” dan lain sebaganya.

Ke – lima pertanyaan di atas dapat dihasilkan berdasarkan kata kunci atau frase yang telah dibuat dalam tahap know dalam reading strategy ini.

  1. L atau learn

Dalam tahap terakhir yang satu ini adalah tahap review seperti menjawab pertanyaan, serta menarik kesimpulan. Di tahap ini, siswa membaca teks dan setelah mempelajarinya, mereka menjawab pertanyaan, serta merangkum hal-hal yang penting di dalam teks. Tujuan dari tahap ini ialah siswa bisa tahu apa yang sedang mereka pelajari dan bukan anak-anak yang asal ikut dengan pembelajaran yang diterapkan oleh guru.


Demikianlah pembahasan materi kali ini mengenai “ Cara Effektif Memahami Tulisan Dalam Bahasa Inggris (Reading Strategy) “.

Semoga dapat membantu dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Thank you for attention friends

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :