past

Cara Membandingkan Dan Mengidentifikasi Simple Present Perfect Tense Dan Simple Past Tense Dalam Frase Bahasa Inggris

Posted on

Cara Membandingkan Dan Mengidentifikasi Simple Present Perfect Tense Dan Simple Past Tense Dalam Frase Bahasa Inggris

past

Jika kita sedang mempelajari salah satu keterangan waktu atau tenses dari ke – enam belas tenses yang ada dalam satu waktu, admin yakin sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) akan lebih mudah memahami materi tersebut. Tetapi bagaimana jika kita mempelajari lebih dari satu keterangan waktu atau tenses dalam satu waktu. Contoh nya kita harus mengidentifikasi tenses – tenses apa saja yang ada dalam sebuah paragraf.

Apalagi jika dalam teks tersebut sedang menceritakian kejadian atau peristiwa di masa lampau. Karena banyak sekali jenis – jenis keterangan waktu atau tenses dalam macam – macam tenses bahasa inggris. Ada simple past tense, simple past future tense, simple past perfect continuous tense, simple past future continuous tense dan lain sebagainya.

Berikut ini admin akan sedikit share tentang cara membandingkan dan mengidentifikasi keterangan waktu atau tenses yaitu present perfect tense dan simple past tense.

 


Perbedaan antara present perfect tense dan simple past tense dalam frase bahasa inggris

Yang terpenting dalam kedua keterangan waktu atau tenses tersebut adalah kita wajib selalu menggunakan simple present perfect tense ketika waktu dari peristiwa, kejadian atau tindakan itu tidak penting atau tidak spesifik. Sedangkan simple past tense digunakan ketika rincian tentang waktu atau tempat dari kejadian atau tindakan itu terjadi diberikan atau diminta.

Contoh :

Present perfect tense

  1. Ihave lived in Lyon.
  2. Theyhave eaten Thai food.
  3. Have you seen‘Othello’?.
  4. Wehave been to Ireland.

Simple past tense

  1. Ilived in Lyon in 1989.
  2. Theyate Thai food last night.
  3. Wheredid you see ‘Othello’?
  4. Whendid you go to Ireland?

 

Ada juga perbedaan dalam sikap atau attitude antara dua bentuk keterangan waktu atau tenses tersebut, yang mana termasuk faktor penting dalam memilih keterangan waktu atau tenses mana yang akan digunakan dalam kalimat bahasa inggris.

Contoh :

  1. What did you do at school today?

Dalam contoh kalimat diatas tenses yang digunakan adalah simple past tense. Karena pertanyaannya adalah tentang suatu kegiatan yaitu di hari sekolah da dianggap selesai.

  1. What have you done at school today?

Sedangkan dalam contoh kalimat yang ke dua ini, menggunakan present perfect tense karena pertanyaannya adalah tentang hasil.

Waktu di mana pertanyaan diajukan dianggap sebagai kelanjutan dari hari sekolah.


Demikian pembahasan pada artikel kali ini mengenai “ Cara Membandingkan Dan Mengidentifikasi Simple Present Perfect Tense Dan Simple Past Tense Dalam Frase Bahasa Inggris “.

Terima kasih dan semoga bermanfaat serta membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses belajar bahasa inggris.

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :