study

Definisi, Perbedaan “Learn” dan “Study” Beserta Contoh Kalimat

Posted on

Definisi, Perbedaan “Learn” dan “Study” Beserta Contoh Kalimat

study

Apa sih perbedaan antara “learn” dan “study”?

Yessss…. That is a very interesting question, terutama bagi anda yang sedang belajar bahasa Inggris. Jadi apa ya kira-kira perbedaannya?

So, let’s look at how we use these verbs in English.

Simak yuk guys…

Mari kita mulai dengan melihat definisinya dahulu!

 


A. Definisi, Perbedaan dan Contoh Kalimat Study dan Learn

  • To Learn (belajar) adalah to gain knowledge or skill by studying, practicing, being taught, or experiencing something. (Untuk mendapatkan pengetahuan atau keterampilan dengan mempelajari, berlatih, diajarkan, atau mengalami sesuatu). Contohnya, “if you can speak English now, but five years ago you couldn’t speak English, then you can say “I learnt English in 5 years” (Jika kamu dapat berbicara bahasa Inggris sekarang, tapi lima tahun yang lalu kamu tidak bisa berbahasa Inggris, maka kamu bisa mengatakan: Saya belajar bahasa Inggris dalam 5 tahun)
  • To Study (belajar) dalam Bahasa Inggris yaitu, study refers to the process of gaining knowledge or skill, especially if you are a student preparing for an exam or test. (Studi mengacu pada proses memperoleh pengetahuan atau keterampilan, terutama jika Anda adalah seorang mahasiswa yang mempersiapkan ujian atau tes). Selain itu to read, memorize facts, attend school, in order to learn about a subject. (Untuk membaca, menghafal fakta-fakta, bersekolah, untuk belajar tentang subjek). Contoh, “In order to learn English, I had to study really hard”. (Dalam rangka untuk belajar bahasa Inggris, saya harus belajar benar-benar keras.)

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :


Singkatnya seperti ini, learn digunakan dalam kalimat ketika seseorang sudah bisa dan belajar untuk lebih bisa atau meningkatkan skill (keterampilan) sedangkan study digunakan dalam kalimat ketika seseorang akan memperoleh pengetahuan atau keterampilan (hanya memperoleh).

Inilah sebabnya mengapa kita dapat mengatakan “I studied but I didn’t learn anything” yang artinya “saya belajar tapi aku tidak belajar apa-apa”. Ini berarti saya hafal fakta atau membaca tentang subjek, tapi untuk beberapa alasan tidak mendapatkan pengetahuan atau keterampilan baru.

Jadi mengapa penting untuk mengetahui perbedaan? Karena kamu,misalnya seorang pelajar, harus berkonsentrasi pada tujuan akhir yaitu “learning” atau belajar. You want to learn English (kamu ingin belajar bahasa Inggris). Oleh karena itu, kamu harus menemukan cara terbaik untuk mendapatkan tujuan ini. Jadi, you will be studying but not learning. Anda harus menemukan yang merupakan cara terbaik bagi Anda untuk belajar!

Contoh lain, apakah gadis itu studying atau learning?

Nah, jika kita ingin mengatakan bahwa dia adalah meningkatkan keterampilan atau pengetahuan, kita mengatakan “learning”. “The girl is learning”. (Gadis itu sedang belajar). Tetapi, jika dia dalam proses memperoleh pengetahuan atau keterampilan. Kalimatnya berubah menjadi ”The girl is studying”.(Gadis itu sedang belajar).


Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi sahabat IBI (ilmubahasainggris.com)

See you 🙂