Discussion Text: Pengertian, Tujuan, Ciri, Generic Structure, dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris
Discussion Text: Pengertian, Tujuan, Ciri, Generic Structure, dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Discussion Text : Pengertian, Tujuan, Ciri, Generic Structure, Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Discussion Text : Pengertian, Tujuan, Ciri, Generic Structure, Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


 

Discussion Text: Pengertian, Tujuan, Ciri, Generic Structure, dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris
Discussion Text: Pengertian, Tujuan, Ciri, Generic Structure, dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.

Dalam Bahasa Inggris terdapat macam macam text diantaranya  yaitu, Descriptive, Procedure, Narative, Recount, Report, Explanation, Analytical Exposition, Hortatory Exposition ,Procedure, Review, Anecdote, Spoof,dan News Item (Tiap teks memiliki tujuan dan struktur teks yang berbeda) ada yang dinamakan Discussion Text. Pada Kesemptan kali ini IBI kan membahas tentang  pengertian, tujuan, ciri, generic structure, dan contoh dari  Discussion Text mari kita simak.


1. Pengertian Discussion Text

Pada bagian ini kita akan membahas tentang pengertian Discussion Text. Apa yang dimaksud Discussion Text? Yang dimaksud dengan Discussion Text adalah  suatu tulisan yang menyajikan suatu masalah yang probelamatik, mengandung unsur pro dan kontra. Permasalahan tersebut akan dibicarakan dari 2 sudut pandang yang berbeda. dalam hal ini terdapat pihak pro dan kontra yaitu sebuah tulisan yang memaparkan diskursus atau perdebatan sebuah masalah yang didiskusikan dari sudut pandang yang berbeda. Tulisan atau teks discussion ini biasanya kita dapati di dalam tulisan filsafat, sejarah dan sosial.


 2. Tujuan Discussion Text

Tujuan komunikatif dari Discussion Text itu sendiri adalah untuk mengetengahkan suatu masalah atau isu yang ditinjau paling tidak dari dua sudut pandang, sebelum sampai pada suatu kesimpulan atau rekomendasi dengan caram menyajikan sebuah isu atau informasi dengan memaparkan beberapa pendapat para pakar yang dibidangnya dan biasanya pendapat yang dipaparkan tersebut bertentangan (pro dan kontra).


3. Ciri-Ciri Discussion Text

1. Menggunakan simpel present tense
2. Menggunakan modalites, seperti must, should, would, may, etc.
3. Menggunakan additive, contrastive, dan casual connection (Menggunakan kata-kata yang membandingkan: kata sambung yang berlawanan), seperti similiary, however, furthemore, on the other hand, moreover, in addition, but, nevertheless, but , in other side dan konsekuensinya (sebab akibat) misalnya: so, then. etc.
4. Fokus pada peserta manusia dan non-manusia generik.
5. Menggunakan bahasa diskusi: According, opinion.
6. Menggunakan kata-kata berfikir seperti: feel, hope, believe.


4. Generic Structure Discussion Text

Dalam struktur kebahasaan discussion text yang terlihat dari ide pokok di setiap paragraf dalam discussion text. Beirkut adalah struktur kebahasan dari discussion text, yaitu:

  • Issue

Issue terletak di paragraf pertama yang berisi penempatan masalah atau isu yang akan didiskusikan atau pemaparan tentang isu yang akan dibahas atau didiskusikan dalam tulisan tersebut.

  • Supporting Points (Argument For or Against)

Dalam bagian ini, penulis menghadirkan pendapat yang mendukung isu. Di setiap paragraf Supporting Point terdiri dari dua komponen diantaranya adalah ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut. Penulis menjelaskan beberapa pandangan terhadap isu yang sedang dibahas atau didiskusikan dengan mengambil pendapat para ahli atau juga tanpa menyebutkan siapa yang berpendapat tetapi pendapat itu memang sudah umum diketahui. Penulis biasanya akan memaparkan pendapat yang pro (argument for) baru disusul dengan pendapat yang kontra (argument against) pada paragraf berikutnya.

  • Contrasting Points (Elaboration)

Dalam bagian ini, penulis menghadirkan pendapat yang menentang isu atau permasalahan. Seperti dalam paragraf Spportin Point, Contrasting Points juga menghadirkan dua komponen pembentuk yaitu ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut. Sebelum mengambil sikap dengan menentukan pendapat mana yang lebih dipilih oleh penulis, atau bahkan memiliki pendapat sendiri, penulis harus terlebih dahulu memberikan elaborasi tentang beberapa pendapat yang telah dipaparkan.

  • Conclunlusion or Recomendation

Generic structure discussion text yang terakhir adalah kesimpulan atau rekomendasi penulis terhadap isu yang sedang didiskusikan dengan harapan pembaca dapat mengikuti dan setuju dengan pendapat penulis. Dalam bagian ini penulis menghadirkan kesimpulan atau bisa juga rekomendasikan dari isu atau permasalahan yang telah didiskusikan di atas.


5. Contoh Discussion Text

Television

Television becomes part of our life. Everyday we watch television. We usually watch television after working, getting together with our family, even when we are working.
As the part of our life, television has bad and good effects. People have different opinion about the negative and positive impacts of watching TV.
The bad effects most people say are TV makes us lack of movement. We stay for a long time in our TV. It’s not healthy life. They also say that TV influence our daily life. Sometimes we don’t realize that we become more consuming after watching various ads. Some TV shows influence the way children act. The rudeness and violence come to our house without permission through television.
But, the other people say that television has a good impact. We can get much information from TV. When there is something happened in another city, we know directly, fastly through the news on TV. TV also makes us relax. After working all day, we come home and turn on TV to watch funny and comedy videos.
We can conclude that TV has a good and bad effects to our life. Our task is how to choose the good things and try to take away the bad one.

(Terjemahan)

Televisi

Televisi menjadi bagian dari kehidupan kita. Sehari-hari kita menonton televisi. Kami biasanya menonton televisi setelah bekerja, untuk berkumpul dengan keluarga kami, bahkan ketika kita bekerja.

Sebagai bagian dari kehidupan kita, televisi memiliki efek buruk dan baik. Orang memiliki pendapat yang berbeda tentang dampak positif dan negatif menonton TV.

Pengaruh-pengaruh buruk yang kebanyakan orang mengatakan TV membuat kita kurangnya gerakan. Kami tinggal untuk waktu yang lama di TV kami. Hal ini tidak hidup sehat. Mereka juga mengatakan bahwa TV mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Kadang-kadang kita tidak menyadari bahwa kita menjadi lebih memakan setelah menonton berbagai iklan. TV menunjukkan pengaruh cara anak-anak bertindak. Kekasaran dan kekerasan datang ke rumah kami tanpa izin melalui televisi.

Namun, orang lain mengatakan bahwa televisi memiliki dampak yang baik. Kita bisa mendapatkan banyak informasi dari TV. Ketika ada sesuatu yang terjadi di kota lain, kita tahu secara langsung, cepatnya melalui berita di TV. TV juga membuat kita rileks. Setelah bekerja sepanjang hari, kami datang home dan menyalakan TV untuk menonton video lucu dan komedi.

Kita dapat menyimpulkan bahwa TV memiliki efek yang baik dan buruk bagi hidup kita. Tugas kita adalah bagaimana memilih hal-hal baik dan mencoba untuk mengambil yang buruk.

Demikianlah penjelasan tentang Discussion Text: Pengertian, Tujuan, Ciri, Generic Structure, dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.


“Discussion is not about win or lose. But how we both win and both hold the cup of knowledge”

(diskusi bukan soal menang atau kalah. Tapi bagaimana kita sama-sama menang dan sama-sama memegang piala pengetahuan.)

-semangat belajar-


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...