Explanation Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Explanation Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Explanation Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Posted on

Explanation Text : Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Explanation Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Explanation Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Strukture Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

 

“explanation is a set of statements constructed to describe a set of facts which clarifies the causes, context, and consequences of those facts” ( serangkaian pernyataan yang dibangun untuk menggambarkan serangkaian fakta yang menjelaskan penyebab, konteks, dan konsekuensi dari fakta-fakta).

Pada Kesemptan kali ini IBI kan membahas tentang text dalam Bahasa Inggris, ada jenis English Text antara lain : Descriptive, Procedure, Narative, Recount, Report, Explanation, Analytical Exposition, Hortatory Exposition ,Procedure, Discussion, Review, Anecdote, Spoof,dan News Item. Tiap teks memiliki tujuan dan struktur teks yang berbeda. Namun kali ini akan membahas khusus tentang pengertian, tujuan, ciri, generic structure, dan contoh dari Explanation Text mari kita simak.


  1. Pengertian Explanation Text

Pada bagian ini kita akan membahas tentang pengertian Explanation Text . Apa yang dimaksud Explanation Text? Yang dimaksud dengan Explanation Text adalah teks yang digunakan untuk menerangkan cara (proses) sesuatu terjadi, terutama yang berkaitan dengan fenomena alam, dunia ilmiah atau sosial budaya. Tujuan nya untuk memberitahu kepada pembaca atau pendengar bagaimana sesuatu itu terjadi. Sebuah Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.

 


2. Tujuan Explanation Text

Tujuan ExplanationText yaitu untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menjelaskan mengapa dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

 


3. Ciri-Ciri Explanation Text

  • Berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada
  • diangkat dari fenomena maka fokus materinya bukan pada bendanya atau orangnya, melainkan pada kejadian atau peristiwa yang terjadi pada orang atau benda tersebut.
  •  Menggunakan  Simple Present Tense
  •  Menggunakan action verbs
  •  Menggunakan passive voice
  •  Menggunakan noun phrase
  •  Menggunakan adverbial phrase
  •  Menggunakan technical terms
  •  Menggunakan general and abstract noun
  •  Menggunakan conjunction of time and cause-effect.

4. Generic Structure Explanation Text

  • A general statement

Yaitu pengenalan suatu peristiwa yang akan kita ceritakan. Atau penjelasan umum tentang peristiwa tersebut. Dalam general statement berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.

 

  • A sequenced of explanation

Yaitu penjelasan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Dalam bagian ini penulis dapat menulis lebih dari satu paragrap. A sequenced of explanation berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.

 

  • Closing

Yaitu penutup atau kesimpulan dari cerita tersebut. Sebenarnya closing itu tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text adalah closing, padahal itu merupakan bagian dari squenced of explantaion yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.

 


5. Contoh Explanation Text

A rainbow

A rainbow is a meteorological phenomenon that is caused by reflection, refraction and dispersion of light in water droplets resulting in a spectrum of light appearing in the sky. It takes the form of a multicoloured arc. Rainbows caused by sunlight always appear in the section of sky directly opposite the sun.

Rainbows can be full circles; however, the average observer sees only an arc formed by illuminated droplets above the ground, and centred on a line from the sun to the observer’s eye.

In a primary rainbow, the arc shows red on the outer part and violet on the inner side. This rainbow is caused by light being refracted when entering a droplet of water, then reflected inside on the back of the droplet and refracted again when leaving it.

In a double rainbow, a second arc is seen outside the primary arc, and has the order of its colors reversed, with red on the inner side of the arc.


Demikian penjelasan tentang Explanation Text :Pengertian,Tujuan, Ciri dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

 ” if we realize our position and know what we want to be achieved we exactly know what we have to do and how to get it”

-Abraham  Lincoln, 1865-

semangat belajar-


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :