Grammar Dalam Bahasa Inggris Penjelasan Dan Bagiannya
Grammar Dalam Bahasa Inggris Penjelasan Dan Bagiannya

Grammar Dalam Bahasa Inggris Penjelasan Dan Bagiannya

Posted on

Grammar Dalam Bahasa Inggris Penjelasan Dan Bagiannya 


Halo sobat IBI…

Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas meteri teentang grammar dalam bahasa inggris penjelasan dan bagiannya. Langsung saja kita simak berikut ini.


Grammar Dalam Bahasa Inggris Penjelasan Dan Bagiannya
Grammar Dalam Bahasa Inggris Penjelasan Dan Bagiannya

Apa itu Grammar?

Grammar adalah himpunan dari aturan-aturan yang terstruktur yang mengatur susunan kalimat, frase, dan kata dalam bahasa apapun. Di dalam tata bahasa Inggris ada tiga dasar tata bahasa, yaitu :

(1). etimologi,
(2). orthographi, dan
(3) Sintaks.


Dalam bahasa Inggris, grammar terdiri dari 8 bagian (lazim disebut part of speech), yaitu:

Pronoun (kata ganti)

Kata ganti adalah kata yang digunakan untuk mengganti kata benda berupa orang atau benda. Contoh kata ganti adalah I, me, mine, dan myself.

2. Noun (kata benda)

Kata benda adalah kata yang digunakan untuk menamai orang, benda, tempat, hewan, atau konsep abstrak. Contohnya adalah student, Jakarta, table, cat, dan hapiness.

3. Verb (kata kerja)

Kata kerja adalah kata untuk menunjukkan tindakan yang dilakukan subjek, peristiwa, atau keadaan. Contohnya adalah go, went, dan gone.

Kata kerja berkaitan dengan tense. Silakan lihat macam-macam tenses di Kategori Tenses.

4. Adjective (kata sifat)

Kata sifat adalah kata yang berfungsi menerangkan kata benda atau kata ganti. Contoh kata sifat adalah easy, excited, dan satisfying.

5. Adverb (kata keterangan)

Kata keterangan adalah kata untuk mendeskripsikan kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lain. Contohnya adalah carefully, fast, dan very.

6. Determiner

Determiner adalah kata atau kelompok kata yang ditempatkan di depan kata benda untuk membatasi makna kata benda tersebut. Contoh determiner adalah the, a, an, some, any, dan sebagainya. Baca artikel tentang 12 kaidah penggunaan the.

7.Conjunction (kata hubung)

Kata hubung/penghubung adalah kata yang menghubungkan kata, klausa, kaimat, atau paragraf. Contohnya adalah and, because, dan or. Silakan baca kata hubung koordinatif dan kata hubung subordinatif.

8.Preposistion (kata depan)

Kata depan atau preposisi adalah kata atau kelompok kata yang umumnya diletakkan di depan kata benda atau kata ganti untuk menunjukkan hubungan letak, arah, atau waktu dengan kata benda tersebut. Contoh kata depan adalah at, in, dan on.


Demikian yang dapat IBI sampaikan semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan bahan belajar bahasa inggris bagi sobat IBI semua.

-Salam Semangat IBI-

Baca juga artikel IBI lainnya di: