Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri
Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri

Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri

Posted on

Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri


Pada kesempatan kali ini IBI akan membagikan informasi kepada sobat IBI semua. informasi yang akan disampaaikan adalah “Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri”. Apa saja sih yang perlu kita siapkan jika akan pergi atau perjalanan ke luar negeri? langsug saja kita simak saja daftarnya berikut ini.

Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri
Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Akan Perjalanan Ke Luar Negeri

Hal Yang Perlu Disiapkan

  1. Pasport.
Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Paspor dokumen wajib yg harus dipunyai untuk keluar negeri,  untuk buat paspor anda bisa datang sendiri ke kantor imigrasi terdekat dari tempat tinggal anda, dengan membawa dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Ijazah Terakhir, Surat Nikah (bagi yang sudah menikah), serta surat referensi dari perusahaan anda bekerja (bagi karyawan/pegawai). Bisa juga anda menggunakan biro jasa di travel yang sudah biasa melayani pembuatan paspor, walaupun lebih mahal tentunya dibanding dengan bila anda mengurus sendiri.

2. Visa. 
Visa adalah surat izin yang dikeluarkan suatu negara kepada warga negara asing yang akan masuk ke negara tersebut.banyak negara yang membebaskan pengurusan visa ini, ada juga  menerapkan visa on arrival (voa). Negara-negara Asean seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar, Brunei Darussalam, Filipina. Membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia. Untuk negara yang menerapkan visa on arrival (visa yang bisa dibeli saat kedatangan di bandara atau perbatasan suatu negara yang dituju yang menerapkan sistim visa on arrival (voa). Sebaiknya bagi yang baru pertama kali ke luar negeri, mulai dulu ke negara yang tidak memakai visa.

3. Tiket pesawat. 
Sobat harus memastikan jadwal keberangkatan sobat keluar negeri, agar  persiapan  keberangkatan bisa dlakukan semaksimal mungkin. Dengan membeli tiket lebih awal maka kita tiddak akan repot untuk menguruus pernak pernik yang akan  dibawa atauu disiapkaan. Apalagi dijaman modern ini kita dimudahkan untuk membeli tiket pesawat.

4. Credit Card dan Debit CardJalan-jalan ke luar negeri dengan membawa uang tunai di dalam tas sangat membahayakan. Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, lebih baik Anda membawa credit card dan debit card.

Beberapa traveler lebih memilih menyimpan debit card-nya di hotel dan membawa credit card selama mereka jalan-jalan. Kenapa? Karena ketika Anda harus kehilangan credit card, Anda bisa segera menghubungi Bank Anda. Selain itu, Anda pun tetap bisa tenang, karena Anda masih menyimpan debit card di hotel.


5. Tukar Uang Secukupnya

Tak perlu menukar rupiah dalam bentuk mata uang asing terlalu banyak. Tukarkan uang rupiah Anda secukupnya. Bepergian dengan membawa uang tunai dalam jumlah besar, sangatlah beresiko. Anda akan menjadi pusat perhatian tangan-tangan nakal.


6. Cek Kesehatan Sebelum Berangkat dan Bawa obat-obatan

Penting untuk mengontak dokter pribadi atau sekedar cek kesehatan ke puskesmas atau dokter sebelum berangkat ke luar negeri. Apalagi negara yang akan dikunjungi adalah negara yang punya riwayat penyebaran wabah penyakit. Pastikan bahwa kamu mendapatkan vaksin yang diperlukan serta minta resep untuk menjaga kesehatan selama di luar negeri. Dan jangan lupa untuk membawa obat obatan yang biaanya kita konsumsi dikala sakit atau nge-drop. Perlu diingat untuk menjaga kesehatan dan mengkonsumsi vitamin saat diperjalanan.


7. Tas dan isinya

Bawa pakaian dan perlengkapan untuk berpergian seperlunya saja, kalau kita tak mau repot dengan biaya bagasi, biasanya tas punggung bisa dibawa s/d berat 7kg ke atas kabin pesawat, tergantung kebijakan peraturan maskapai penerbangan yang anda gunakan.
Sedangkan mengenai barang bawaan ketentuan imigrasi boleh membawa cairan di dalam wadah @100 ml  maksimal 1 liter. Tetapi kalau yang namanya bawa air/cairan biasanya disita imigrasi. tapi kalau bawa makanan kering seperti popmie atau roti/biskuit masih boleh dibawa. Tapi setiap negara memberlakukan aturan yang berbeda, lebih baik mencari informasi langsung di aturan imigrasi negara mana yg akan kita tuju atau kita kunjungi.

8. Internasional Adaptor 

Di luar negeri, banyak hal berbeda dari Indonesia. Hal paling sepele yang mungkin dilupakan orang adalah adaptor. Di luar negeri, masing-masing negara memiliki tipe adaptor yang berbeda. Membawa internasional adaptor dalam ransel akan memudahkan Anda untuk mengisi daya ponsel, kamera, dan gadget lainnya.


9. Tulis Schedule Perjalanan di Negara Tujuan

Hal ini penting karena kita ungkin di negara tersebuut hanya terbata beeberapa hari saja, jadi usahakan untuk mencatat semmua aagenda yan akan dilakukan disana supaya hari-hai anda disana bisa digunakaan semaksimal mungkin.


Demikian artikel yang dapat IBI sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan bahan belajar serta menambah informasi untuk sobat IBI semua.

semoga perjalananmu menyenangkan…. 🙂


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :


loading...