Using Yet in English
Using Yet in English

Inilah Beberapa Penggunaan “Yet” Dalam Bahasa Inggris Disertai Contoh Kalimat Dan Artinya

Posted on

English Grammar : Inilah Definisi Dan  Beberapa Penggunaan “Yet” Dalam Bahasa Inggris Disertai Contoh Kalimat Dan Artinya

 

 

Yet in Sentences
Yet in Sentences

 

Apakah Yet itu?

Yet adalah adverb atau conjunction.


Penggunaan Yet Dalam kalimat

 

Yet  sebagai  adverb

Kita menggunakan Yet sebagai adverb merujuk kepada waktu yang dimulai

dimasa lalu dan terus sampai sekarang.  Kita menggunakannya terutama padabentuk  pernyataan atau pertanyaan negative pada present perfect. Biasanya diletakkan diakhir kalimat:

 

Contoh.

  • Gibran hasn’t registered for classyet. Gibran belum terdaftar dikelas
  • I haven’t finished my breakfastyet. Aku belum menyelesaikan sarapan ku
  • Has she emailed youyet? Belumkah dia mengimailkan kepadamu?

 

Penting:

Kita tidak menggunakan Yet untuk menerangkan sesuatu yang telah terjadi. Untuk menyatakan sesuatu yang telah terjadi kita menggunakan Already.

 

Contoh.

  • She’s booked the flightsalready. Dia sudah memesan tiket penerbangan.

Bukan: She’s booked the flights yet.

 

Kita tidak  mengguankan Yet untuk menyatakan Sesutu yang sedang berlangsung.

Contoh.

  • Zia is still living in Bandar Lampung. She’s not moving to tanggamus till next month. Zia masih tinggal di bandar Lampung, dia tidak pindah ketanggamus sampai bulan depan.

 

Bukan: Elizabeth is living yet … or Elizabeth is yet living …


 

Using Yet in English
Using Yet in English

Yet dengan Statements Negatif

 

Ketika kita menggunakan Yet dalam negative statements, ini berarti menunjukkan bahwa sebuah aktifitas, sebuah kejadian diharapkan terjadi dimasa yang akan datang (Future).

 

Contoh.

  • yusuf hasn’t phonedyet. (I am expecting him to phone.)  yusuf belum menelphone.

 

 


 

Yet Dengan Pertanyaan

 

When we use yet in an affirmative question, it shows that the speaker is expecting something to happen:

Ketika kita menggunakan Yet dalam sebuah Afirmatif questions, hal itu menunjukkan bahwa sipembicara (speaker) mengharapkan sesuatu terjadi.

Contoh.

  • Is he homeyet? (I expect that he will be home at some point.) apakah dia belum sampai dirumah?(aku berharap dia akan dirumah beberapa menit kemudian)
  • Has your passport arrivedyet? (I expect that your passport will arrive in the post.). belum tibakah passport mu? ( aku berharap passport mu akan tiba dikantor post)

 

Negative questions  dengan Yet dapat menunjukkan sebuah  harapan kuat atau besar sesuatu terjadi.   Ketika kita bertanya dengan pertanyaan jenis ini, itu artinya kita mengharafkan jawaban yang negative ( Negative answers).

Contoh.

  • Hasn’tkudil arrived yet? (I strongly expect that he should have arrived.) apakah kudil belum datang? Aku sangat berharap dia akan sudah datang?
  • Haven’t you done your driving test yet? (I feel you should have done your driving test by now.) apakah kamu belum melakukan test menyetir?  (aku meresa kamu harus segera melakukan test itu sekarang)

 

Yet Dengan  affirmative statements

Ketika kita menggunakan Yet dalam affirmative statements, ini menunjukkan bahwa sebuah keadaan yang sedang berlangsung, walaupun kita mungkin tidak mengharapakan hal tersebut berlangsung.

 

Contoh.

  • We’ve got a lot more work to doyet. (even though you think we have finished) kami mendapat lebih banyak pekerjaan yang belum dikerjakan, (meskipun kamu berfikir kami sudah menyelesaikannnya).

 

Yet dengan superlatives
Kita sering menggunakan Yet setelah superlatives:
Contoh.
• Two hours and 15 minutes – that’s Jones’s fastest marathon yet! Dua jam dan 15 menit – yang maraton tercepat Jones belum!

 

Yet as a conjunction
Yet sebagai konjungsi artinya “ But (tapi)” atau ‘nevertheless’ (meskipun/namun). Kita menggunakan yet ini untuk menunjukkan sebuah contrast atau perbedaan. Dalam penggunaan kata yet ini biasanya muncul setelah kata End.

Contoh.
• So many questions and yet so few answers. Banyak sekali pertanyaan nya namun jawabannya sangat sedikit.

 

Yet for emphasis
Kita kadang juga menggunakan kata yet untuk sebuah penekanan ( emphasis). Yang memunyai kesamaan arti dengan kata “ Even” khususnya before more, another and again.
Contoh.
• The printer’s broken down yet again! (It has broken down many times before.) printer itu rusak lagi (ini sebelumnya sudah rusak berkali-kali).

As yet
As yet bermakna sempai saat ini ( ‘up to now) tapi situasinya dengan pasti akan berubah. Kita hanya menggunakan in I dalam konteks negative.
Contoh.
• The film shows you the most typical places, as yet untouched by tourism, and how to get there. Film itu menunjukkan kepada mu tempat yang sangat khas yang belum sama sekali disentuh oleh pengunjung (turis), dan bagaimana agar bisa kesana.
Have yet to and be yet to
Kita menggunakan have yet to and be yet to dalam konteks yang lebih formal.
Kita menggunkaan yet dalam kasus ini untuk menunjukkan sebuah peristiwa atau kejadian yang seharusnya terjadi dalam suatu waktu, tapi kejadian atau peristiwa tersebut tidak terjadi pada saat berbicara.

Contoh.
• The price of the tickets for the concert has yet to be decided. (The price will be decided.). harga tiket untuk konser sudah dipastikan, (harga akan diputuskan/dipastikan)


Demikianlah penbahasan materi bahasa inggris tentang penggunaan kata “Yet“. mohon maf bila ada kesalahan. semoga bermanfaat, selamat membaca.

_Bersemangatlah menuntut ilmu sebelum ilmu itu dicabut_

loading...