Istilah Bahasa Inggris Dalam Olahraga Renang Dan Artinya

Posted on

Istilah Bahasa Inggris Dalam Olahraga Renang  Dan Artinya


Renang merupakan salah satu gerakan yang dilakukan di dalam air yang dapat dilakukan oleh manusia dan hewan. Dalaam cabang peerlombaan renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat.

Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas tentng istilah renang dalam bahasa inggris dan artinya. Langsung saja kita simak istillah renang berikut ini.


Istilah Renang dalam Bahasa Inggris

Artistic Impression adalah salah satu kategori yang  merupakan aspek yang dinilai dalam suatu perlombaan olahraga renang dalam renang indah. Istilah ini mencakup koreografi dan juga tata gerak yang diaplikasikan dalam musik yang digunakan dalam perlombaan.

Back Layout adalah posisi tubuh yang terlentang memanjang dan posisi wajah, dada, paha, kaki dan lain mengapung atau tampak di permukaan air, dan posisi kepala dan pinggul harus berada dalam posisi satu garis lurus.

Back Pike adalah posisi tubuh menyudut 45 derajat di pinggul, badan dan tungkai lurus ke atas.

Balancing Tank adalah bak penampungan yang dimensinya lebih kecil dari kolam renang yang berfungsi sebagai penyeimbang volume air luapan kolam renang

Ballet Leg adalah satu kaki diangkat tegak lurus muncul di permukaan air sementara posisi seluruh tubuh berada di dalam air atau back layout.

Ballet Leg Double adalah posisi dimana kedua tungkai diangkat tegak lurus di atas permukaan air, dan wajah perenang juga tampak atau berada di permukaan air.

Boost adalah istilah yang digunakan untuk suatu gerakan yang dilakukan oleh perenang saat mereka muncul ke permukaan air dengan gerakan yang sangat cepat. Biasanya perenang akan menggunakan kepala mereka untuk memacu gerak tubuh untuk keluar dari dalam air.

Cadence Action adalah aatu rangkaian gerak yang identik, yang ditampilkan oleh seluruh anggota tim secara individual, dan bergantian atau berubah-ubah secara cepat.

Combined Spin adalah menggambarkan bagaimana perenang melakukan putaran 360 derajat ke bawah lalu melakukan putaran yang mengarah ke arah yang sama tapi dilakukan dengan putaran sebaliknya mengarah ke atas.

Continuous Spin adalah perenang melakukan 720 derajat putaran ke bawah yang dilakukan dengan rotasi yang cepat.

Crane adalah posisi tubuh tegak ke atas dan satu tungkai diluruskan ke depan sehingga membentuk sudut 90 derajat terhadap tubuh.

Filter adalah alat penyaring kotoran dari kolam renang yaitu berupa tabung yang diisi dengan media pasir kwarsa / silica

Crawl Stroke adalah gerakan kaki ke atas / bawah dalam posisi lurus. Sedangkan tangan bergerak dari depan ke belakang, kemudian diangkat di permukaan air secara bergantian.

Breast Stroke adalah tangan digerakkan melingkar dari depan ke belakang, kemudian kaki ditekuk dan dihentakkan lurus.

 Buterfly Stroke adalah gerakan tangan memutar tapi tetap terletak di bagian samping badan. Sedangkan kaki ditekuk untuk menghentakkan badan ke depan.

Back Crawl Stroke adalah perenang harus telentang dan tidak bisa melihat depan. Adapun teknik gerakannya sama dengan gaya bebas

Samping adalah berasal dari perkembangan gaya dada.

Trudgen (Trudgeon) adalah serupa dengan gaya bebas, namun dengan gerakan kaki gunting.

Inlet Fitting adalah aksesoris pada dinding kolam renang yang berfungsi untuk tempat masuknya air kedalam kolam kembali

Kicking Board adalah papan latihan yang digunakan dalam pengenalan air dalam renang

Maindrain adalah aksesoris kolam yang berfungsi sebagai alat hisap dari kolam yang terhubung ke pompa sirkulasi, biasanya terletak di dasar kolam renang.

Pompa Sirkulasi adalah pompa yang berfungsi sebagai pompa transfer air dari kolam kembali ke kolam.

Poul Bouy adalah pelampung yang di gunakan perenang saat pengenalan dengan air

Strainner adalah tabung yang di dalamnya terdapat saringan kotoran yang dipasang pada bagian depan / hisap pompa

Turn Over Rate adalah waktu yang diperlukan peralatan sirkulasi untuk menyaring kotoran, pada umumnya waktu yang diperlukan / direncanakan minimun 6 jam/hari.


Demikian yang dapat IBI sampaikan semoga apa yag sudah dismpaikan dapat bermanfaat dan dapat dijadikan bahan belajar bahasa inggris bagi sobaat IBI semua.

-Salam Olahraga-

Baca juga artikel IBI lainnya di: