Kumpulan Nama Bencana Alam Dalam Bahasa Inggris Dan PenjelasannyaKumpulan Nama Bencana Alam Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasannya
Kumpulan Nama Bencana Alam Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasannya

Kumpulan Nama Bencana Alam Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasannya

Posted on

Kumpulan Nama Bencana Alam Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasannya


Halo sobat IBI…

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan/atau faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Pada kesempatan kali ini IBI  akan membahas tentang nama bencana dalam bahasa inggris dan penjelasannya. Langssung saja kita simak daftar bencana berikut ini.


Natural Disaster ( Bencana Alam )

Kumpulan Nama Bencana Alam Dalam Bahasa Inggris Dan PenjelasannyaKumpulan Nama Bencana Alam Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasannya
Kumpulan Nama Bencana Alam Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasannya
  1. Earthquake: Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi).

2. Flood: Banjir

Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Pengarahan banjir Uni Eropa mengartikan banjir sebagai perendaman sementara oleh air pada daratan yang biasanya tidak terendam air. Dalam arti “air mengalir”, kata ini juga dapat berarti masuknya pasang laut. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar dari batasan alaminya.

3. Global Warming: Pemanasan Global

Pemanasan global adalah kenaikan suhu permukaan bumi yan disebabkan oleh peningkatan keluaran (emisi) gas rumah kaca, seperti; karbondioksida, metana, dinitro oksida, hidrofluorokarbon, perfluorokarbon, dan sulfur heksafluorida di atmosfer.

4. Hurrican: Angin Topan

Angin topan adalah pusaran angin kencang dengan kecepatan angin 120 km/jam atau lebih yang sering terjadi di wilayah tropis di antara garis balik utara dan selatan, kecuali di daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan khatulistiwa.

5. Sandstorm: Badai Pasir

Badai pasir adalah fenomena meteorologi yang umum di wilayah arid dan semi-arid. Badai pasirantara lain disebabkan oleh meningkatnya kecepatan angin dalam suatu wilayah yang luas. Badai pasirumumnya terjadi pada tanah yang kering.

6. Tsunami: Tsunami

Tsunami adalah gelombang air yang sangat besar yang dibangkitkan oleh macam-macam gangguan di dasar samudra. Gangguan ini dapat berupa gempa bumi, pergeseran lempeng, atau gunung meletus. Tsunami tidak kelihatan saat masih berada jauh di tengah lautan, namun begitu mencapai wilayah dangkal, gelombangnya yang bergerak cepat ini akan semakin membesar.

 

7. Rainstorm: Hujan Badai

Hujan badai (rainstorm) dapat terjadi dimana saja bila ada massa udara lembab yang lebih hangat dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Proses diawali pemanasan udara di atas permukaan tanah pada siang hari oleh radiasi matahari.

8. Landslide: Tanah Longsor

Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.


Demikian yag daat IBI sampaikaan pada kesempataan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi sobat IBI dan dapat menambah pengetahuan ssobat IBI semua.

-Salam Semangat IBI-

Baca juga artikel IBI lainnya di:

loading...