cara belajar bahasa inggris
cara belajar bahasa inggris

Inilah 10 Langkah Dan Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri ( Otodidak ) “Tanpa Les”

Posted on

Inilah 10 Langkah Dan Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri ( Otodidak ) Tanpa Les

cara belajar bahasa inggris

 

langsung tersenyum dan kagum dengan nenek tersebut karena begitu lancarnya berbahasa Inggris. Ketika admin tanyakan seorang teman yang memang orang jerman asli kenapa mereka bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar, dia langsung menceritakan

Jika kalian penasaran yuk disimak rahasianya dibawah ini. Cara ini cocok buat kamu yang besok menghadapi ujian keterampilan bahasa Inggris:


  1.  Suka Bahasa Inggris

sebelum kita mempelajari sesuatu cobalah untuk menyukainya terlebih dahulu. kerena saat kita sudah menyukainya maka kita akan dengan mudah untuk mempelajarinya. Seoperti saat kita belajar Bahasa Inggris, kitaharus suka terlebih dahulu dengan bahasa ini. Selain itu ada alasan kuat mengapa kita belajar basa Inggris. Jika kita sudah suka terlebih dahulu dengan bahasa Inggris maka saat mempersiapkan untuk belajar bahasa inggris kita akan dengan semangat dan suka rela untuk mempersiapkan alat yang dapat digunakan untuk belajar bahasa inggris


2. Niat Belajar Bahasa Inggris

Semua yang kita lakukan harus diawali terlebih dahulu dengan niat. Begitu pula sebelum belajar bahasa Inggris, kita harus memiliki niat yang kuat. Saat kita memiliki niat yang kuat untuk belajar bahasa Inggris maka kedepnnya akan mudah.kenapa? karena saat kita sudah punya niat dan tekad yang besar dalam belajar maka saat kita menemukan halangan atau rintangan maka kita akan dapat menghadapinya. Disaat jkita mulai malas saat kita kembali pada niat dan tekkad yang kuat maka kita akna kembali bersemangat dalam belajar bahasa Inggris. Dengan niat yang kuat maka kita akan bisa menjalaninya dan lancar dalam mempelajari bahasa Inggris.


3. Perbanyak Membaca Tulisan Bahasa Inggris

Untuk mendapatkan atau mempelajari kosa kata ( Vacabulary) dalam bahasa Inggris, maka kita harus banyak membaca tulisan bahasa Inggris. SEmakin banyak kita membaca, semakin banyak pula kosa kata yang kita pelajari. jangab malas untuk mencatat vocabulary baru dan mencari artinya. Karena dengan menctat Vocabulary baru atau vocabulary yang sulit diucapkan atau diingt maka nanti kita akan mudah untuk mempelajarinya dan mengingatnya. Dengan kata lain kita sebagai pemula harus memiliki pocket book / buku saku yang bisa kita gunakan dan kita bawa kemanapun saat kita belajar bahasa Inggris.


4. Pelajari Percakapan Bahasa Inggris

Selain kosa kata ( Vocabulary ) yang harus kita pelajari, percakapan atau Conversation dalam bahasa Inggris perlu kita pelajari. kenapa? karena percakapan adalah hal yang sangat penting dalam berkomunikasi. Begitu juga percakapan dalam  bahasa Inggris, kita harus mengetahui jenis percakapannya seperti apa dan dimana percakapan itu terjadi. Percakapan atau conversation sangat penting sebab kebanyakan oranag mempelajari bahasa asing adalah pengaplikasiannya melaui sebuah percakapan.


 

5. Pelajari Tentang Pronunciation

Pronunciation (pengucapan) tulisan bahasa Inggris sering berbeda jauh dengan pengucapannya. Hal ini menyebabkan pada pemula yang sedang belajar bahasa Inggris sering mengalami salah dalam pengucappannya. Hal ini bisa mencadi fatal saat terjadi misunderstanding ( kesalah pahaman) orang yang mendengar kita berbicara dalam bahasa Inggris. Jadi sangat penting untuk belajar pengucapan dalam bahasa Inggris.


6. Berbicara Didepan Cermin

Ini mungkin terdengar lucu, namun ini bisa dicoba. Berbicara di depan cermin saat kita membaca tulisan bahasa inggris. Ini sama halnya saat kita belajar berpidato. Berbicara dcidepan cermin membuat kita belajar dengan diri sendiri dan memperbaiki kesalahan sendiri. Hal ini juga dapat melatih kita untuk percaya diri menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.


7. Temukan Patner Belajar

Dalam sebuah percakapan biasanya kita memerlukan seorang lawan bicara. Begitu juga saat kita belajar bahasa  Inggris kita harus memiliki lawan bicara saat kita akan mencoba sebuah percahkapan bahasa Inggris . hal ini berguna untuk mengincrease ( meningkatkan) kemampuan berbahasa anda. Sebelum memulai untuk belajar percakapan sebaikinya pelajari terlebih dahulu tentang pengucapan ( pronunciaton) percakapan tersebut. Jangan sampai salah pengucapan kerena bisa berakibat fatal nantinya jika kita berbicara dengan seorang Native speaker akan terjadi misunderstanding.


8. Gunakan Media/ Teknologi

Di era modern seperti sekarang ini banyak sekali media dan teknologi yang dapat kita gunakan sebagai media untuk belajar. Begitu pula saat kita belajar berbahasa atau belajar bahasa asing ( Bahasa Inggris) banyak media atau teknologi yang apat kita pakai seperti buku yang kini dikemas dalam e-book yang semankin kita mudah untuk mengaksesnya apalgi sekarang sudah tersediannya dunia maya atau online,  kita jiuga bisa belajar melalui sebuah film yang berbahasa inggris dan bersubtitle Indonesia. dan masih banyak media dan teknologi yang dapat kita gunakan untuk belajar bahasa Inggris.


9. Jangan Malu

Sikap ini harus kita tanamkan dalam diri kita sebagai seorang pemula yang sedang belajar bahasa Inggris karena jika rasa malu (anxiety ) kita tinggi maka kita akan semakin sulit belajar bahasa Inggris ini pun berlaku untuk sebaliknya jika anxiety kita rendah maka semakin mudah kita dalam mempeljari bahasa Inggris.


10. Praktek dan Praktek

‘ Teori tanpa praktek adalah nol’ ungkapan itu sangat benar. kenapa? kerena jika kita belajar teorinnya saja tanpa praktek makahasilnya akan tidak semaksimal jika dibanfdingkan dengan ikita menambah prakteknya. Apalagi dalam bahasa Inggris, saat belajar bahasa Inggris kita harus sering praktek, ini disebabkan karena beberapa Skill dalam bahas inggris menuntut kita untuk menciptakan product seperti Berbicara( speaking). Untuk itu praktek sangat penting saat kita belajar bahasa Inggris. ingat praktek dan praktek.


 Demikianlah penjelasan tentang 10 Langkah Dan Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri Tanpa Les, semoga pengalaman dan tips yang diberikan dapat digunakan dan bermanfaat.

“Percayalah, hasil tidak akan pernah berhianat pada Proses”

-semangat belajar-


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :