Pengertian dan Penggunaan Like, Alike dan Unlike Lengkap Beserta Contoh Kalimatnya dalam Bahasa Inggris
Pengertian dan Penggunaan Like, Alike dan Unlike Lengkap Beserta Contoh Kalimatnya dalam Bahasa Inggris

Like, Alike, Unlike: Penggunaan Beserta Contoh Kalimatnya Lengkap

Posted on

Like, Alike, Unlike: Penggunaan Beserta Contoh Kalimatnya Lengkap


Karena kemiripan kata dan arti, penggunaan like, alike dan unlike cukup membingungkan bagi sebagian orang. Meski terlihat mirip, ternyata masing-masing berbeda dalam penggunaannya.

Kali ini IBI akan membahas tentang pengertian like, alike dan unlike beserta penggunaan dan contoh kalimatnya dalam Bahasa Inggris.


 

Pengertian dan Penggunaan Like, Alike dan Unlike Lengkap Beserta Contoh Kalimatnya dalam Bahasa Inggris
Pengertian dan Penggunaan Like, Alike dan Unlike Lengkap Beserta Contoh Kalimat

 


Like & Alike

Hal pertama yang harus sahabat IBI pahami adalah tentang adjective like dan alike. Like dan alike merupakan adjective atau kata sifat. Sebagai adjective. penggunaan like harus selalu diikuti oleh noun setelahnya. Sedangkan penggunaan alike, tidak boleh diikuti oleh noun setelahnya.

Examples:

  1. The two girls were embarrassed because they were wearing like dresses (Dua orang gadis malu karena mereka menggunakan gaun yang mirip).
  2. The two girls were embarrassed because their dresses are alike (dua orang gadis malu karena gaun mereka mirip)

Pada contoh pertama, like adalah adjective form yang digunakan tepat sebelum noun dresses. Sedangkan pada contoh kedua, alike adalah sebuah predicate adjective yang menggambarkan dresses. Karena alike adalah predicate adjective, dia hanya bisa digunakan setelah sebuah linking verb seperti are.

 


Like & Unlike

Setelah memahami like dan alike sebagai adjective, hal kedua yang harus sahabat IBI pahami adalah tentang like dan unlike yang berfungsi sebagai preposition. Keduanya memiliki arti yang bertentangan (like = mirip sedangkan unlike = tidak mirip). Karena keduanya adalah preposition, maka mereka harus diikuti oleh object.

Examples:

  1. The science books this semester are like the books used last semester (Buku-buku sains semester ini mirip dengan buku-buku yang digunakan semester terakhir).
  2. The science books this semester are unlike the books used last semester (Buku-buku sains semester ini tidak mirip dengan buku-buku yang digunakan semester terakhir).

Pada contoh pertama, preposition like diikuti oleh object the books used last semester. Ini berarti, bahwa  the books used last semester dan the science books this semester adalah mirip. Sementara pada contoh kedua, preposition unlike diikuti oleh object the books used last semester. Ini berarti, bahwa  the books used last semester dan the science books this semester adalah tidak mirip

Selain terletak di tengah kalimat, preposition like dan unlike juga dapat muncul di awal kalimat.

Examples:

  1. Like the books used last semester, the science books this semester are expensive (Sama dengan buku-buku yang digunakan semester terakhir, buku-buku sains semester ini adalah mahal).
  2. Unlike the books used last semester, the science books this semester are expensive (Tidak seperti buku-buku yang digunakan semester terakhir, buku-buku sains semester ini adalah mahal).

Pada contoh pertama, preposition like diikuti object the books used last semester. Ini berarti bahwa the books used last semester adalah mahal. Sedangkan pada contoh kedua, preposition unlike diikuti oleh object the books used last semester. Ini berarti bahwa the books used last semester adalah tidak mahal.

Berikut rumus penggunaan like, alike dan unlile

Like, Alike and Unlike

 

Grammar

Meaning

Use

like

alike

adjective

adjective

Similar (mirip)

Similar (mirip)

Sebagai adjective, like digunakan sebelum noun.

Sebagai adjective, alike digunakan setelah linking verb.

like

unlike

preposition

preposition

Similar (mirip)

Different (berbeda)

Sebagai preposition, like dan unlike diikuti oleh object. Keduanya dapat digunakan di banyak posisi, termasuk di awal kalimat.

 


Demikian penjelasan mengenai pengertian dan penggunaan like, alike dan unlike. Semoga setelah ini sahabat IBI dapat membedakan ketiganya dan tahu cara penggunaannya yaa. Selamat belajar!



loading...