Contoh Pengucapan Operasi Matematika Dalam Bahasa Inggris
Contoh Pengucapan Operasi Matematika Dalam Bahasa Inggris

Matematika : Cara Pengucapan Istilah Operasi Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya

Posted on

Matematika : Cara Pengucapan Istilah Operasi Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya


Contoh Pengucapan Operasi Matematika Dalam Bahasa Inggris
Contoh Pengucapan Operasi Matematika Dalam Bahasa Inggris

Halo sobat IBI …

Pada kesempata kali ini IBI akann membahas tentang operasi matematika,  namun operasi marematika dalam bahasa Inggris.  Operasi matematika standar yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian yang melibatkan bilangan diperlukan juga pengetahuan tentang gugus (himpunan), fungsi, matriks dan notasi sigma. Langsung saja mari kita  simak penjelasan operasi matematika dalam bahasa inggris berikut ini.


1.Operasi penjumlahan

Penjumlahan adalah menggabungkan sekelompok bilangan atau lebih menjadi suatu bilangan yang merupakan jumlah. Misalnya:

2+2=4

Untuk contoh penjumlahan di atas, ada berbagai cara untuk mengucapkan operasi bilangan tersebut. Cara tersebut dibagi menjadi tiga yaitu:

  • two plus two is four
  • one plus two equals to four
  • two added by two equals to four.

2. Operasi pengurangan

Perkurangan merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, dan pada prinsipnya merupakan kebalikan dari operasi perjumlahan. Operasi perkurangan dinyatakan dengan tanda minus dalam notasi infix, dengan bentuk rumus: c-b=a,  misalnya :

5-4=1

Untuk pengoperasian perkurangan seperti yang sudah dicontohkan di atas, Anda bisa mengucapkannya dengan beragam cara. contoh:

  • five minus four is one
  • five minus four equals to one,
  • five less four  is one
  • five subtracted by four is one.

3.Operasi perkalian

Perkalian adalah operasi matematika penskalaan satu bilangan dengan bilangan lain. Operasi ini adalah salah satu dari empat operasi dasar di dalam aritmetika dasar (yang lainnya adalah perjumlahan, perkurangan, dan perbagian).

Perkalian terdefinisi untuk seluruh bilangan di dalam suku-suku perjumlahan yang diulang-ulang; misalnya, 2 dikali 4 (seringkali dibaca “3 kali 4”) dapat dihitung dengan menjumlahkan 3 salinan dari 4 bersama-sama: 2×4=..(2+2+2+2), misalnya:

3×2=6

Sama halnya dengan contoh sebelumnya, jika pengoperasian bilangan matematika bisa diucapkan dalam berbagai cara. Operasi perkalian pun memiliki cara yang bermacam-macam yaitu:

  • three times two is six
  • three times two equals to six
  • three multiples by two is six

4. Operasi pembagian

Pembagian adalah konsep matematika utama yang seharusnya dipelajari oleh anak-anak setelah mereka mempelajari operasi penambahan, pengurangan dan perkalian. Pembagian adalah pengurangan berulang. contohnya 8 : 4 artinya 8-4-4 = 0 maka hasilnya 8 : 4 = 2, contohnya:

2:1=1

Untuk operasi pembagian sendiri, cara pengucapan operasi bilangan matematikanya adalah:

  • Two divided by one is one.
  • Two divided by one equals to one.

5. Operasi pangkat

Perpangkatan bilangan adalah perkalian berulang atau berganda bilangan dengan faktor-faktor bilangan yang sama. Bentuk perpangkatan adalah sebagai berikut.

a x a x ….x a = aⁿ                     – n faktor

Bentuk umumnya adalah aⁿ, di mana a disebut bilangan pokok atau bilangan dasar, sedangkan n disebut pangkat atau eksponen.Contoh : 2³ = 2 x 2 x 2 =8 dan 5²  = 5x 5 = 25. Dalam operasi pangkat, cara mengucapkannya cukup mudah, yaitu:

4² berarti bisa diucapkan dengan cara four squared  two


6. Operasi akar

Sedangkan untuk operasi akar di bilangan matematika sendiri, kita bisa menggunakan kata ‘squared root of’. Contohnya akar 8 adalah 2. Maka pengucapannya adalah squared root of eight  is two.


Demikian penjelasaan yang dapat IBI ampaaikan seemoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikaan bahan beajaar bahasa inggris sobat IBI semua.

-Salam IBI-

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :