Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw
Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw

Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw

Posted on

Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw


Mengajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membuat siswa belajar dan menjadikan mereka dari yang tidak tahu menjadi tahu.  Terdapat banyak metode dalam pebeelajaran bahasa inggris salah satunya adalah jigsaw. Pada kesempatan kali ini IBI akan meembahas metode pembelajaran bahasa inggris dengn menggunakan jigsaw.

Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw
Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Jigsaw

Pengertian Jigsaw

Jigsaw berasal dari bahasa ingris yaitu gergaji ukir dan ada juga yang menyebutnya dengan istilah Fuzzle, yaitu sebuah teka teki yang menyususn potongan gambar. Pembelajaran kooperatif model jigsaw ini juga mengambil pola cara bekerja sebuah gergaji ( jigsaw), yaitu siswa melakukan sesuatu kegiatan belajar dengan cara bekerja sama dengan siswa lain untuk mencapai tujuan bersama.

Jigsaw adalah sebuah model belajar kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil, seperti yang diungkapkan Lie ( 1993: 73), bahwa model ini merupakan model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama salaing ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri.

Dalam model ini siswa memiliki banyak kesempatan untuk mengemukanakan pendapat, dan mengelolah informasi yang didapat dan dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi, setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya dan ketuntasan bagian materi yang dipelajari, dan dapat menyampaikan kepada kelompoknya.


 Aturan Jigsaw

Tahapan penting dalam menerapkan teknik Jigsaw  di dalam kelas, yaitu:

  1. Pembagian kelompok yang berisi 5 atau 6 orang. Sangat ideal untuk kelas yang berisi 30 siswa. Kelompok awal ini bisa dinamakan grup jigsaw.
  2. Setiap grup harus memiliki ketua. ketua disini dapaat dipilih oeh anggota kelompok yang lain ddengan memilih anggota yang cakap dalam berbicara.
  3. Materi di bagi menjadi 5 – 6 bagian( dibagikanuntuk setiap anggota grup).
  4. Setiap siswa di berikan satu bagian dari materi untuk dipelajari.
  5. Siswa harus diberikan waktu untuk membaca dan memahami bagiannya paling tidak dua kali.
  6. Satu siswa dari setiap jigsaw grup yang memiliki bagian materi sama membentuk grup atau kelompok yang disebut grup ahli atau expert grup. Dalam expert grup mereka diberikan waktu untuk mendiskusikan poin penting dan menyiapkan materi yang akan mereka sampaikan pada grup awal mereka.
  7. Para siswa kembali ke grup awal atau jigsaw grup.
  8. Siswa menyampaikan bagian materi yang mereka diskusikan pada grup expert secara berurutan sesuai materi. Anggota kelompok yang lain dapat bertanya pada siswa yang sedang menyampaikan materi.
  9. Guru mengawasi proses diskusi dan mengatasi masalah yang terjadi pada grup.
  10. Kuis harus diberikan di akhir sehingga para siswa sadar kegiatan belajar tersebut tidak hanya untuk kesenangan dan permainan tetapi juga ada penilaian untuk proses tersebut.

Demikian materi yang dapat IBI sampaikan pada  kesseempatan kali ini, semoga dapat bermanfaaat  dan dapat dijadikan bahn balajar bahasa inggris sobat IBI semua.

-Salam Semangat IBI-

Referensi materi IBI yang lainnya:


loading...