Nama Perlengkapan Menyelam Dalam Bahasa Inggris Dan Fungsinya
Nama Perlengkapan Menyelam Dalam Bahasa Inggris Dan Fungsinya

Nama Perlengkapan Menyelam Dalam Bahasa Inggris Dan Fungsinya

Posted on

Nama Perlengkapan Menyelam Dalam Bahasa Inggris Dan Fungsinya


Hai Sobat IBI..

Menyelam adalah kegiatan yang dilakukan di bawah permukaan air, dengan atau tanpa menggunakan peralatan, untuk mencapai suatu tujuan tertentu.  Hal penting dalam melakukan penyelaman adalah penguasaan perlengkapan/peralatan yang dipakai.

Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas tentang nama perlengkapan menyelam dalam bahasa inggris dan fungsinya. Langsung saja simak daftarnya berikut ini.


Perlengkapan Menyelam

Nama Perlengkapan Menyelam Dalam Bahasa Inggris Dan Fungsinya
Nama Perlengkapan Menyelam Dalam Bahasa Inggris Dan Fungsinya

Scuba tank

Scuba tank adalah  tabung yang berisi Oksigen, ini digunakan bagi penyelam baik itu yang pemula maupun yang sudah profesional. Tabung selam merupakan botol udara yang bertekanan tinggi dibuat untukmenampung udara yang dimampatkan secara aman. Tabung – tabung masa kini dibuat dari bahanbaja atau campuran alumunium dan diperoleh dalam beberapa ukuran.


Regulator

Regulator adalah suatu alat yang sederhana untuk mengubah udara bertekanan tinggi dari sebuah tabung scuba menjadi udara bertekanan rendah sesuai dengan kebutuhan penyelam dan hanya memberikan udara yang diperlukan sesuai dengan tekanan sekelilingnya.


Wet Suit

Pakaian pelindung penyelam yang kini umum dipakai adalah foam neoprene wet suit, bahan yang terbuat dari karet neoprene yang mempunyai gelembung – gelembung busa berudara. Bahan ini tidak menyerap air dan dibuat dalam berbagai ukuran ketebalan bahan. Adapun kegunaan alat ini adalah untuk melindungi penyelam dari goresan karang dan pengurangan panas badan dibawah permukaan air. Namun wet suit sama sekali tidak membuat penyelam menjadi hangat, hanya mencegah penyelam dari kedinginan dan bukan berati penyelam tidak basah.


Fins (Kaki Katak)

Fins merupakan alat selam yang memiliki fungsi memberi kekuatan pada kaki dan sebuah piranti penggerak untuk berenang dengan capat di perairan. Namun, pada hakikatnbya fins bukan dibuat demi menambah kecepatan berenang, namun menambah daya kayuh. Dengan menggunakan alat ini kemampuan renang kita bertambah 10 kali lebih besar dibanding tanpa menggunakannya.


Snorkel

Snorkel merupakan pipa yang terbuat dari silicon dengan panjang antara 12 sampai 14 inch yang berfungsi sebagai alat survival untuk membantu penyelam untuk bernafas dipermukaan air tanpa mengangkat kepala dan melihat pemandangan dibawah permukaan air. Bentuknya semi-fleksibel dengan tidak berpenutup pada bagian atasnya.


Mask

Mask merupakan peralatan selam yang menutupimsebagian wajah terutama daerah mata dan hidung, dengan memiliki fungsi : menciptakan kantong udara antara mata dan hidung penyelam terhadap kolom air sehingga memungkinkan penyelam dapat melihat pada daerah kolom air, lalu masker dapat mencegah air masuk ke hidung dan mata, sekaligus mencegah timbulnya iritasi. Mask haruslah nyaman dan kedap air, bentuknya juga harus mengikuti bentuk wajah pemakai.


Weight Belt

Alat ini digunakan untuk mnengatur daya apung penyelam. Setiap penyelam mempunyai daya apung yang berbeda. Seorang penyelam di air laut tanpa menggunakan wet suit memerlukan berat antara 4 sampai dengan 6 pounds untuk mengingimbangi daya apung positifnya, sedang bila menggunakan wet suit memerlukan tambahan pemberat antara 10 sampai dengan 12 pounds diatas daya apung normal, sehingga jumlah total yang diperlukan seorang penyelam untuk bisa turun ke bawah berkisar antara 14 sampai dengan 16 pounds.


Demikan yang dapat IBI sampaikan semoga dapaat bermanfaaat dan dijadiikan bahan belajar bahasa inggris bagi sobat IBI semua.

-Salam Semangat IBI-

Referensi IBI lainnya:

loading...