Past Participle: Skill 5 TOEFL Yang Harus Selalu Diingat
Past Participle: Skill 5 TOEFL Yang Harus Selalu Diingat

Past Participle: Skill 5 TOEFL Yang Harus Selalu Diingat

Posted on

Past Participle: Skill 5 TOEFL Yang Harus Selalu Diingat


Halo sahabat IBI, masih ingatkah dengan skill TOEFL sebelumnya?

Pada skill 4, kita telah membahas tentang present participle beserta pengertian, kedudukan serta fungsinya dalam kalimat. Kali ini, IBI akan melanjutkan ulasan mengenai skill TOEFL yang ke-5 yaitu past participle.

Apa itu past participle? Apa fungsi dalam kalimat? Simak terus ulasan IBI berikut ini.


Past Participle: Skill 5 TOEFL Yang Harus Selalu Diingat
Past Participle: Skill 5 TOEFL Yang Harus Selalu Diingat

Sama seperti present participle, past participle juga dapat membingungkan karena ada kalanya dia akan berfungsi sebagai adjective maupun verb kalimat. Perhatikan dua penjelasan berikut ini.


Past Participle As Verb

The past participle is the form of the verb that appears with have or be (past participle adalah bentuk verb yang datang dengan have atau be (to be). Kita juga mengenal past participle sebagai bentuk kata kerja ketiga yang biasanya diakhiri dengan –ed. Namun untuk kata kerja tak beraturan, sahabat IBI harus jeli  karena tidak di akhiri dengan –ed.

Example:

  1. My mother has made cookies (Ibuku telah membuat kue)
  2. The radio is turned on by John (Radio dihidupkan oleh John).

Pada kalimat pertama, past participle made adalah bagian dari verb karena didahului oleh has. Sementara pada kalimat kedua, past participle turned on juga merupakan bagian dari verb karena didahului ole to be is.

 


Past Participle As Adjective

A past participle is an adjective when it is not accompanied by some form of be or have (Past participle adalah sebuah adjective ketika tidak disertai oleh bentuk be atau have). Perhatikan contoh berikut.

Example:

  1. The cookies made by my mother yesterday is sold on cake shop today (Kue yang dibuat ibuku kemarin dijual di toko kue hari ini).
  2. The radio turned on by John was mine (Radio yang dihidupkan oleh John tadinya adalah milikku).

Pada kalimat pertama, made adalah adjective karena tidak disertai oleh have atau be. Verb pada kalimat tersebut adalah is sold. Sementara pada kalimat kedua, turned on juga merupakan adjective karena tidak disertai dengan have atau be. Verb pada kalimat ini adalah was.


Berikut beberapa contoh lain terkait past participle.

Examples:

  1. The article written by me is published by The Jakarta Post today (Artikel yang ditulis olehku diterbitkan oleh The Jakarta Post hari ini).
  2. The donuts served in this restaurant is the tastiest in all of the country (Donat yang dihidangkan di restoran ini adalah yang paling enak di seluruh kota).
  3. The guest invited in this converence consist of journalist TV, newspaper and radio (Tamu yang diundang di konferensi ini terdiri dari jurnalis TV, Koran dan radio).
  4. The books published by Kompas Gramedia often become bestseller books (Buku-buku yang diterbitkan Kompas Gramedia sering menjadi buku-buku dengan penjualan terbaik).
  5. The beautiful red dress designed by Ivan Gunawan is Expensive (Gaun merah cantik yang didesain oleh Ivan Gunawan harganya mahal).

 


Demikian ulasan mengenai past participle sebagai skill ke-5 dalam TOEFL. Setelah ini, semoga sahabat IBI dapat mengenali dan memahami penggunaannya yaa. Selamat belajar 🙂


 


loading...