Pengertian Appetizer, Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya
Pengertian Appetizer, Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya

Pengertian Appetizer, Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya

Posted on

 Pengertian Appetizer,  Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya


Halo sobat IBI …

Dalam table manner ada tata atau urutan makan yang baik dan benar. Urutannya yaitu hdangan pembuka, hidangan utma dan hiangan penutup atau nama kerenya  Appetizer,  Main Course, Dan Dessert. Nah pada kesempatan kali ini IBI akan membahas tentang ketiga urutan tersebut. Langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Appetizer, Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya
Pengertian Appetizer, Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya

  • Appetizer

Appetizer adalah hidangan pembuka yang disajikan dengan porsi kecil, atau hidangan pembangkit selera makan/makanan pemula sebelum maincourse. Appetizer berfungsi merangsang nafsu makan sebelum hidangan utama dinikmati.

Contoh makanan pembuka

  1. Cold Appetizer
    Yaitu hidangan pembuka yang disajikan secara dingin atau segar.
    Contoh: Fruit salad, Vegetable salad, Coctail
  2. Hot Appetizer
    Yaitu hidangan pembuka yang melalui proses pemasakan, disajikan dalam keadaan panas.
    Contoh: Croquette, Risoles

  • Main Course

Makanan utama(main course)adalah hidangan pokok dari suatu susunan menu lengkap yang dihidangkan pada waktu lunch maupun dinner, ukuran porsinya lebih besar dari appetizer.

Contoh Main Course

  1. Lauk pauk hewani yang dihidangkan pada main course seperti daging, ikan, unggas, dan sea food yang diolah dengan bermacam-macam cara dan menghidangkanya dengan saus dan besar porsinya berkisar 175gram s.d gram.
  2. Sayur yang dihidangkan pada main course ialah sayuran continental. Pada umumnya seperti buncis, bunga kol, lobak putih, brocoli, dan lainya dan besarnya adalah 75gram.
  3. Kentang maupun penggantinya seperti macam-macam pasta yang dihidangkan dengan roti / roll yang besar porsinya 75gram. Untuk nasi kadang juga mengganti kentang dengan lauk-pauk yang sesuai.

  • Dessert

Hidangan penutup (dessert) adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama (main course) sebagai hidangan penutup atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut. Sajian dessert sering dinamakan The final course atau The last course dan berasa manis atau disebut sweet.

Contoh Dessert

1. Hidangan Penutup Dingin (Cold Dessert)

Adalah dessert yang disajikan pada suhu dingin. Walaupun disajikan pada suhu dingin tidak menutup kemungkinan proses pengolahannya melalui proses pemanasan sebelum disajikan secara dingin, dengan memasukkan ke dalam almari pendingin.  Penyajian dessert dalam suhu dingin harus benar-benar disajikan pada suhu dingin tak terkecuali alat hidangnya. Contoh:Ice Cream, Pudding, Mousses, Fruit Pie, Cake dan lain sebagainya.

2. Hidangan Penutup Panas (Hot Dessert)

Adalah dessert yang disajikan pada temperatur panas atau hangat.S esuai dengan namanya hot dessert maka proses akhirnya harus dipanaskan terlebih dahulu. Penyajian hot dessert harus benar-benar panas atau hangat termasuk alat hidang yang dipergunakan harus dipanaskan dahulu. Contoh:Banana Flambé, Apple Pie, Souffles.


Demikian materi yang dapat IBI sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan dapt ddijadiakan bahan belajar bahasa Inggris sobat IBI semua.

Jangan Lupa Makan ya Sobat IBI..

Referensi IBI lainnya: