be

Pengertian Dan Penggunaan Auxiliary Verb (Be) Lengkap Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Dan Penggunaan Auxiliary Verb (Be) Lengkap Berserta Contoh-Contohnya

 be

Sesuai dengan arti auxiliary verb yaitu helping verb atau kaat bantu, maka fungsi dari auxiliary verb adalah membantu. Maksudnya adalah kata kerja utama untuk menunjukkan tindakan subjek. Kata bantu ini juga membantu dalam membuat bentuk kata majemuk dari kata kerja utama dan juga membantu dalam membuat pernyataan negatif, pertanyaan dan pernyataan pasif.

Dalam kesempatan kali ini akan kita bahasa bersama-sama mengenai pengertian dan penggunaan auxiliary verb (be) lengkap berserta contoh-contohnya dalam bahasa inggris.

Let’s see…

 


Pengertian dan penggunaan auxiliary verb (be) dalam bahasa inggris lengkap berserta contoh-contohnya

  1. Penjelasan auxiliary verb (be)

Kata kerja be dapat digunakan sebagai tambahan dan kata kerja penuh, kita dapat membedakan antara dua penggunaan sebagai tambahan be yang  akan selalu memiliki kata kerja utama lain yang ada batau terletak setelah  nya dalam sebuah kalimat. Be adalah kata kerja yang tidak beraturan dengan berbagai bentuk sesuai dengan bentuk kata yang berbeda. Agar sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) tidak sedikit bingung,  sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) boleh melihat daftar-daftar irregular verb terlebih dahulu.


2. Penggunaan auxiliary verb (be)

Penggunaan auxiliary verb (be) pada Progressive Tense :

Dalam keterangan waktu saat ini dan kejadian sedang berlangsung atau dalam tenses progressive tense, kita selalu menggunakan akhiran –ing pada kata kerja utama.

Tenses Meaning Contoh penggunaan Be
Present Progressive Kegiatan atau kejadian yang sedang berlangsung She is baking a cake today.
Past Progressive Kegiatan atau kejadian yang sedang berlangsung pada masa lampau. She was baking a cake yesterday.
Present Perfect Progressive Kegiatan atau kejadian yang berlangsung pada masa lampau dan masih terjadi sampai sekarang. She has been baking a cake today.
Past Perfect Progressive Kegiatan atau kejadian yang berlangsung pada masa lampau dan selesai atau berakhir pada waktu lain di masa lampau. She had been baking a cake last night.
  1. Penggunaan auxiliary verb (be) pada kalimat pasif atau Passive Voice :

Menggunakan kalimat pasif atau active voice berarti ketika kita ingin menempatkan penekanan pada objek, yang mana tindakan yang dilakukan bukan pada subjek atau tidak termasuk subjek sama sekali.

Contoh :

– The dishes are washed.

Maksud dari contoh kalimat ini adalah, dishes atau piring adalah objek yang menerima tindakan di cuci tapi TIDAK ADA subjek yang disebutkan untuk menunjukkan siapa yang sedang mencuci piring.

Berikut ini adalah cara penggunaan be pada kalimat pasif atau passive voice dalam berbagai macam keterangan waktu (tenses).

Kalimat pasif (passive voice) dalam tenses Contoh penggunaan Be Arti
Simple Present Tense The cake is made. Kue itu dibuat.
Simple Past Tense The cake was made. Kue itu dibuat.
Present Perfect Tense The cake has been made. kue telah dibuat.
Past Perfect Tense The cake had been made. kue telah dibuat.
Future Tense The cake will be made. kue akan dibuat.

 


Demikian pembahasan materi pada kesempatan kali ini mengenai pengertian dan penggunaan auxiliary verb (be) lengkap berserta contoh-contohnya dalam bahasa inggris.

Semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca dan sahabat ibi (ilmubahasainggris.com) dimanapun berada.

Thank you…


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :


loading...