do

Pengertian Dan Penggunaan Auxiliary Verb (Do) Lengkap Beserta Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Pengertian Dan Penggunaan Auxiliary Verb (Do) Lengkap Beserta Contoh-Contohnya Dalam Bahasa Inggris

 do

Kali ini akan kita bahas mengenai salah satu kata bantu dalam bahasa inggris atau auxiliary verb, yaitu do, tepatnya pengertian dan penggunaan auxiliary verb (do) lengkap beserta contoh-contohnya dalam bahasa inggris.

Let’s check it out sahabat IBI (ilmubahasainggris.com)…

 


Pengertian dan penggunaan auxiliary verb (do) dalam bahasa inggris lengkap beserta contoh-contohnya.

A. Penjelasan auxiliary verb (do)

Kata kerja bantu do juga dapat bertindak sebagai kata kerja penuh tetapi hanya dalam kalimat positif. Ketika do digunakan dalam kalimat negatif, itu adalah kata kerja bantu. Kata kerja bantu do juga digunakan untuk membuat pertanyaan bagi sebagian besar kata kerja kecuali kata kerja bantu lainnya dan “modal verb”. Do adalah kata kerja tak beraturan yang berubah bentuk sesuai dengan keterangan waktu atau tenses.

B. Penggunaan auxiliary verb (do)

Penggunaan kata kerja bantu (auxiliary verb) dalam kalimat negatif atau negative sentence :

Tense (keterangan waktu) Meaning (arti) Contoh penggunaan Do Meaning (arti)
Simple Present Tense Kegiatan yang terjadi pada masa sekarang – sekali-kali terjadi, beberapa kali atau tidak pernah. She does not bake cakes. Dia tidak memanggang kue.
Simple Past Tense Kegiatan yang terjadi pada masa lampau – sekali-kali terjadi, beberapa kali atau tidak pernah. She did not bake cakes. Dia tidak memanggang kue.

 

Penggunaan kata kerja bantu (auxiliary verb) dalam kalimat tanya atau question sentence :

Ketika do digunakan untuk membuat kalimat, kita hanya bisa mengajukan pertanyaan daam keterangan waktu atau tenses yang sederhana. Untuk keterangan waktu atau tenses lainnya, kita harus menggunakan kata kerja lain yaitu apakah kata kerja utama atau kata kerja bantu.

Berikut ini adalah contoh penggunaan kata kerja bantu do dalam keterangan waktu (tenses) yang sederhana.

Tense (keterangan waktu) Meaning (arti) Contoh penggunaan Do Meaning (arti)
Simple Present Tense Kegiatan yang terjadi pada masa sekarang – sekali-kali terjadi, beberapa kali atau tidak pernah. Does she bake cakes? Apakah dia memanggang kue?
Simple Past Tense Kegiatan yang terjadi pada masa lampau – sekali-kali terjadi, beberapa kali atau tidak pernah. Did she bake a cake? Apakah dia memanggang kue?

 


Pengecualian penggunaan do dalam kalimat negative dan tanya :

Dalam beberapa kasus tertentu di mana kata kerja bantu do tidak digunakan untuk kalimat negatif atau pertanyaan. Tabel berikut menjelaskan alasan yang berbeda dan contoh di mana dan mengapa do tidak dapat digunakan.

Reason (alasan) Contoh dalam kalimat negatif Meaning (arti) Contoh dalam kalimat tanya Meaning (arti)
Kata kerja utama nya adalah Be There was no cake. Tidak ada kue. Is there any cake? Apakah ada beberapa kue?
Tidak ada lagi kata kerja bantu lainnya There won’t be any cake. Tidak akan ada kue apapun. Will you have some cake? Apakah kamu memiliki beberapa kue?
Adanya kata kerja modal (modal verb) She can’t make a cake Dia tidak bisa membuat kue Can she make a cake? Bisakah dia membuat kue?

 

 


Demikian pembahasan materi pada kesempatan kali ini mengenai pengertian dan penggunaan auxiliary verb (do) lengkap beserta contoh-contohnya dalam bahasa inggris.

Semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca dan sahabat ibi (ilmubahasainggris.com) dimanapun berada.

Thank you for your attention friends…


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...