idiom
idiom

Pengertian Dan Penggunaan Idiom Beserta Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris & Artinya

Posted on

Pengertian Dan Penggunaan Idiom Beserta Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris & Artinya

Dalam mempelajari ilmu bahasa atau llinguistik, bahasa apapun yang ingin kita pelajari. baik bahasa indonesia, Prancis, Jerman maupun bahasa Inggris bahkan bahasa apapun. eit,. tapi tidak termasuk bahasa hewan lho.

Dalam mempelajari bahasa terutama bahasa Inggris sudah pasti kita akan ketemu yang namanya Idiom.  mungkin diantara kita ada yang bingung dan penasaran mengenai Istilah yang satu ini. apa pengertiannya?, Penggunaannya kapan dan bagaimana?, contoh kalimatnya seperti apa dan seterusnya.

Nah, disini admin akan memncoba mengupas tuntas tentang Idiom, apa pengertiannya? Penggunaannya?, dan bagaimana contoh kalimat dalam bahasa Inggris  dari Idiom itu sendiri. penasaran? simak penjelasannya berikut ini.


Pengertian Idiom

Idiom is an expression whose meaning is not predictable from the usual meanings of its constituent elements. (Idiom adalah sebuah ungkapan yang artinya tidak dapat ditebak/ diprediksi dari makna yang lazim atau biasa dari penyusunnya).

Idiom juga merupakan sebuah ungkapan yang memiliki arti berbeda dari setiap kata di dalamnya. contoh begini, jika ada seseorang mengatakan kepada kamu ” Betis mu menarik hati ku”,  mungkin kamu akan berpikir aneh, mana mungkin Betis bisa menarik hati seseorang karena yang dapat menarik sesuatu adalah tangan bukan Betis. ungkapan tersebut adalah Idiom yang  artinya  bahwa betisnya menggoda atau menarik perhatian. atau mungkin dia sedang bercanda dengan kamu. 

idiom

 


Commonly Use Idioms ( Fungsi Idiom Secara Umum )

Dalam bahasa Inggris Idiom sering kali muncul dalam soal-soal Test TOEFL terutama dalam bagian Listening (Listening Section). dalam test TOEFL ini biasanya kita akan mengalami kesulitan dalam memahami apa yang dikatakan oleh si Speaker atau Narrator. Cara efektif yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara mengetahui dan  menghafal Idiom tersebut.

Pada Umumnya dalam Bahasa Inggris  Idiom digunakan untuk mengungkapkan Ide, gagasan atau Bahkan Nasehat kepada seseorang dengan menggunakan ungkapan yang halus atau bukan makna sebenarnya. lebih tepatnya Idiom digunakan sebagai Pribahasa.


The Example Of Idioms ( Contoh Kalimat Idiom )

Berikut ini adalah beberapa contoh Idioms dalam Bahasa Inggris dan Maknanya:

  • Your guess is as good as mine (Dugaan mu sama bagusnya dengan dugaan ku)

It has meaning that To have no idea, do not know the answer to a question. maksudnya adalah kalau memang tidak ada ide, tidak akan tau jawaban dari sebuah pertanyaan.

  • To hear something straight from the horse’s mouth (Untuk mendengar sesuatu yang benar harus dari mulut kuda)

The meaning of this Idiom is To hear something from the authoritative source. (untuk mendapatkan suatu informasi yang benar harus diperoleh dari sumber yang benar).

  • Wouldn’t be caught dead (tidak akan dipegang orang yang mati)

Would never like to do something (tidak akan pernah suka untuk melakukan sesuatu). dari Idiom ini maksudnya adalah jika dia tidak suka terhadap sesuatu pekerkaan, dia tidak akan pernah melakukan melakukannya dengan baik.

  • Taste of your own medicine (rasakan Obat mu sendiri)

Means that something happens to you, or is done to you, that you have done to someone else. artinya adalah sesuatu yang terjadi pada mu atau dilakukan seseorang kepada mu, pernah kamu lakukan kepada orang lain. misal, kamu usil terhadap orang lain, sudah pasti kamu suatu saat akan diusilin oleh orang lain.

  • Take with a grain of salt (ambil dengan sebutir garam)

This means not to take what someone says too seriously. artinya adalah jangan terlalu diambil serius apa yang dikatakan orang lain.

  • Piece of cake (sepotong Kue)

A job, task or other activity that is easy or simple. maksud dari idiom ini adalah sebuah tugas atau pekerjaan yang mudah dan sederhana.

  • It’s raining cats and dogs. (Hujan Kucing dan Anjing)

To rain cats and dogs means to rain very heavily (a downpour). Hujan kucing dan anjing. maksud dari Idiom ini  adalah hujanya sangat deras

  • Oh no! You spilled the beans!/ you let the cat out the bag (Oh tidak, kamu telah menumpahkan kacang/ kamu membiarkan kucing keluar dari tas) 

To spill the beans means to let out a secret. menumpahkan Kacang, maksudnya adalah membuka rahasia.

  •  Why are you feeling blue? (kenapa kamu merasa Biru )

To feel blue means to feel sad. Merasa biru maksudnya adalah merasa sedih.

  • That jacket costs an arm and a leg. ( Jaket Itu membiayai lengan dan kaki)

an arm and a leg means a large amount of money. lengan dan kaki maknanya adalah uang banyak.

  • It is not rocket science. (Ini bukan roket sains)

not rocket science means something is not difficult. bukan roket sains maksudnya adalah hal ini tidak sulit.


Demikian pembahasan tentang Idiom bersama IBI, mohon maaf bila ada kesalahan. semoga bermanfaat.

-All Beginning Are Difficult-


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :