media

Pengertian, Jenis Dan Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris

Posted on

Pengertian, Jenis Dan Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris

media

 

Dalam proses belajar dan mengajar banyak sekali faktor pendukung dari proses tersebut, dalam hal ini media belajar memiliki pengaruh yang sangat tinggi dalam proses belajar mengajar. Pemilihan media dalam proses belajar memang memiliki peran yang sangat penting disamping metode penyampaian yang digunakan.

Media hanyalah sebuah faktor pendukung materi pelajaran yang akan disampaikan. Dalam memilih media diperlukan adanya penyesuaian, media yang tidak sesuai dengan materi yang disampaikan akan berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Berikut ini admin akan memberikan penjelasan tentang pengertian, jenis dan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar mengajar bahasa inggris. Yang pertama adalah pengertian dari sebuah media mengajar.


1. Pengertian media pembelajaran

Secara umum pengertian dari media pembelajaran adalah : alat bantu dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran bisa juga diartikan segala sesuatu atau alat untuk merangsang siswa untuk berfikir, memperhatikan, sehingga terjadi sebuah proses belajar. Ada banyak sekali media pembelajaran yang dapat digunakan, pada kesempatan kali ini admin akan share beberapa contoh media pembelajaran untuk siswa sd, siswa smp, dan siswa sma. Pada contoh kali ini yaitu diambil dari mata pelajaran bahasa inggris dan media pembelajarannya.

Untuk grade yang berbeda kita juga harus menggunakan media yang berbeda sesuai dengan pemahaman siswa. Tidak mungkin kita akan menggunakan media pembelajaran siswa sma kepada siswa yang masih duduk di bangku sd. Penyesuaian media yang di pilih juga berpengaruh dalam penyampaian materi pembelajaran.

Pengertian media pembelajaran secara terperinci ( hamalik, 1994 : 6 ), media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar; fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan; seluk-beluk proses belajar; hubungan antara metode mengajar dan media pendidikan; nilai atau manfaat media pendidikan dalam pengajaran; pemilihan dan penggunaan media pendidikan; berbagai jenis alat dan teknik media pendidikan; media pendidikan dalam setiap mata pelajaran; usaha inovasi dalam media pendidikan.


2. Manfaat media pembelajaran

Untuk mencapai kesuksesan dalam proses belajar mengajar diperlukan pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan kita sampaikan. Media haruslah sesuai dengan apa yang akan kita ajarkan kepada siswa. Sebagai contoh sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) akan mengajarkan sebuah materi yang bertopik “pengucapan kata dalam bahasa inggris” dalam hal ini sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) bisa menggunakan media lcd, mp3 player, atau tape recorder. Sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) akan memutarkan sebuah rekaman bagaimana cara pengucapan yang benar dalam bahasa inggris.

So, apa manfaat dari menggunakan media belajar? Secara umum manfaat dari media belajar adalah untuk memperlancar proses belajar mengajar. Dari beberapa ahli juga menyebutkan bahwa manfaat media dalam proses belajar mengajar adalah untuk efisiensi waktu, membuat proses belajar mengajar lebih menarik dan meningkatkan hasil belajar dari para siswa.

Melihat dari manfaat diatas bisa di simpulkan bahwa pemilihan media pembelajaran sangatlah berpengaruh dalam kesuksesan proses belajar mengajar. Selain itu motode pembelajaran juga menegang peranan penting dalam hal ini.

Untuk media pembelajaran yang pertama adalah untuk siswa yang masih duduk di bangku sd. Untuk mengajar anak yang masih sd, media yang kita perlukan haruslah semenarik mungkin, sehingga siswa tidak bosan dengan apa yang akan kita ajarkan. Mengingat siswa sd sangat mudah sekali bosan dan sangat susah untuk membuat mereka tetap fokus maka adanya media pembelajaran yang menarik sangat di perlukan.


3. Jenis jenis media pembelajaran

Ada banyak sekali jenis media pembelajaran yang dapat sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) manfaatkan dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran bisa terdiri dari jenis yang paling murah hingga paling mahal. Ada juga media pembelajaran yang khusus dibuat oleh para pengajar yang sudah disesuaikan dengan materi yang akan mereka sampaikan. Untuk beberapa kasus, ada pula media pembelajaran yang bisa langsung dimanfaatkan keberadaannya, media seperti ini biasanya ada pada lingkungan tempat dimana proses belajar mengajar berlangsung.

Media pembelajaran memang banyak sekali jenis dan ragamnya. Namun media belajar yang paling sering kita temukan adalah media cetak atau buku pelajaran. Menggunakan media belajar ini memanglah simple dan mudah, tapi akan terasa sangat membosankan bagi para siswa dan tergantung dari pemanfaatan media oleh si pengajar. Selain media cetak masih banyak sekali media belajar yang ada. Contohnya : gambar, foto, model, ohp, lcd, laptop, dan media media nyata lainnya.

Disamping banyaknya media pembelajaran yang ada, disarankan sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) sebagai pengajar untuk membuat media belajar sendiri, dengan begitu akan bisa menyesuaikan materi yang akan disampaikan dan media yang dipakai. Dalam pemilihan media tentunya kita harus menggunakan media yang tidak terlalu mencolok dan sesuai.

 


Demikian pembahasan kali ini mengenai pengertian, jenis dan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar mengajar bahasa inggris, semoga bermanfaat dan bisa membantu seluruh sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses belajar mengajar.

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...