Comma

Penggunaan Dan Contoh Kalimat Berisikan Tanda Baca Koma (Comma) Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Penggunaan Dan Contoh-Contoh Kalimat Berisikan Tanda Baca Koma (Comma) Dalam Bahasa Inggris

Comma


  1. Penjelasan dan contoh tanda baca koma (comma)

Tanda baca koma (comma) adalah tanda baca yang digunakan untuk menunjukkan jeda dalam kalimat. Sebuah tanda baca koma (comma) juga digunakan untuk struktur kalimat dan membantu pembaca memahami arti dari kalimat. Agar lebih jelas, mari kita simak penjelasan dan contoh-contoh dibawah ini.

Berikut ini adalah penggunaan paling umum pada tanda baca koma atau comma dalam bahasa inggris.

  1. To separate a series of words (nouns, adjectives, verbs or adverbs) in a sentence dengan kata lain untuk memisahkan serangkaian kata-kata (kata benda, kata sifat, kata kerja atau kata keterangan) dalam sebuah kalimat

Contoh :

  • Ramesh, Shravan, Dilip and Radha went for the meeting. (Ramesh, Shravan, Dilip dan Radha pergi untuk pertemuan.)
  • Sheeta is an intelligent, loyal and hardworking employee. (Sheeta adalah seorang karyawan yang cerdas, loyal dan pekerja keras.)
  • You must complete the assignment honestly, correctly and quickly. (Kamu harus menyelesaikan tugas iini dengan jujur, benar dan cepat.)
  • Manish ran, swam and cycled to complete the athletic event. (Manish berlari, berenang dan bersepeda untuk menyelesaikan pertandingan atletik.)
  1. To separate a series of phrases in a sentence atau untuk memisahkan serangkaian frase dalam kalimat.

Contoh :

  • Amit completed his homework, packed his bags, polished his shoes and went to sleep. (Amit menyelesaikan pekerjaan rumahnya, mengemas tas nya, memoles sepatunya dan pergi tidur.)
  • I went to the market, bought the present, got it gift wrapped and came to the birthday party. (Saya pergi ke pasar, membeli hadiah, membungkus nya dan datang ke pesta ulang tahun.)
  1. To separate the parenthetical elements (a part of a sentence that can be removed without changing the meaning of the sentence) yaitu untuk memisahkan unsur-unsur tanda kurung (bagian kalimat yang dapat dihapus tanpa mengubah makna kalimat).

Contoh :

  • S. Dhoni, India’s cricket captain, hit a six to win the match. (M.S. Dhoni, kapten kriket India, memukul enam untuk memenangkan pertandingan.)
  • Vishnu, the head boy of the school, has been absent for the last three days. (Visnu, pemimpin anak laiki-laki di sekolah itu, telah absen selama tiga hari terakhir.)
  1. To separate the quoted parts from the rest of the sentence yaitu untuk memisahkan bagian-bagian yang dikutip dari sisa kalimat.

Contoh :

  • The great leader told the crowd, “I will fast till death until our demands are met.” (Pemimpin besar berkata kepada orang-orang banyak, “Saya akan melakukan nya dengan cepat sampai mati sampai tuntutan kita terpenuhi.”)
  • “Please go back to your houses,” said the policeman to the crowd. (“Silakan kembali ke rumah kamu,” kata polisi kepada orang-orang banyak.)

 


Demikian materi pada kesempatan kali ini mengenai penggunaan dan contoh-contoh kalimat tanda baca koma (comma) dalam bahasa inggris.

Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat ibi (ilmubahasainggris.com) sekalian.

See you soon…

 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :