exclamation-mark

Penggunaan Dan Contoh Kalimat Berisikan Tanda Baca Tanda Seru (Exclamation Mark) Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Penggunaan Dan Contoh-Contoh Kalimat Berisikan Tanda Baca Tanda Seru (Exclamation Mark) Dalam Bahasa Inggris

exclamation-mark

Tanda baca tanda seru (exclamation mark) adalah tanda baca yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau emosi yang kuat. Hal ini biasanya digunakan setelah kata seru atau seruan.

Kadang-kadang tanda baca tanda seru (exclamation mark) ini adalah salah satu tanda baca yang paling disalahgunakan dalam bahasa Inggris. Kita cenderung untuk menggunakan tanda seru lebih sering daripada apa yang dibutuhkan.

Seharusnya tanda baca tanda seru (exclamation mark) terutama harus digunakan untuk menunjukkan perasaan atau keadaan shock, terkejut, marah atau mengangkat suara dengan keras.

Berikut ini adalah contoh-contoh kalimat yang menunjukkan penggunaan yang benar dari tanda baca tanda seru (exclamation mark) ini. Mari kita simak bersama-sama agar dapat dengan mudah memahaminya kapan dan bagaimana menggunakan tanda baca tanda seru (exclamation mark).

 


Contoh – contoh ungkapan tanda baca tanda seru (exclamation mark) dalam bahasa inggris

Contoh :

  1. Hurray! (Hore!)
  2. Help me! (Tolong saya!)
  3. Go away! I don’t want to talk to you! (Pergi! Saya tidak ingin berbicara dengan kamu!)
  4. Shut Up! (Diam!)
  5. That’s unbelievable! (Hal itu tidak dapat dipercaya!)
  6. Get out from here! (Keluar dari sini! )
  7. Look out! (Awas!)
  8. He’s getting married!? (Dia akan menikah!)
  9. That’s insane! (Itu gila!)
  10. Close the door! (Tutup pintu itu!)

 

Selain itu, tanda baca tanda seru (exclamation mark) juga dapat digunakan dalam menulis tulisan atau teks yang sangat informal atau untuk mengungkapkan ironi, humor atau sarkasme.

Contoh :

  1. What a lovely day! (when it obviously is not a lovely day) (Sungguh hari yang indah! (pada kejadian itu sangat jelas bahwa itu bukan hari yang indah))
  2. He was clever! (when someone has done something stupid) (Dia sangat pintar! (pada saat itu jelas sekali bahwa seseorang telah melakukan sesuatu yang bodoh))

 

 


Demikian materi pada kesempatan kali ini mengenai penggunaan dan contoh-contoh tanda baca tanda seru (exclamation mark) dalam bahasa inggris. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat ibi (ilmubahasainggris.com) sekalian. See you soon…

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

 

loading...