Intonation

Penjelasan Dan Fungsi Ungkapan Yang Diucapkan Dengan Penekanan (Stressed Languages) Dan Tanpa Penekanan (Unstressed Languages) Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Posted on

Penjelasan Dan Fungsi Ungkapan-Ungkapan Yang Diucapkan Dengan Penekanan (Stressed Languages) Dan Tanpa Penekanan (Unstressed Languages) Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh-Contohnya

Intonation

 

Bahasa Inggris dikenal sebagai penekanan bahasa. Penekanan bahasa adalah bahasa yang diucapkan dengan tingkat yang berbeda dari penekanan untuk kata-kata yang berbeda dan suku kata dalam kalimat. Ini adalah fitur dari bahasa suku kata yang tidak dibagikan.

Maksudnya bahasa suku kata adalah bahasa yang diucapkan dengan penekanan yang sama pada setiap suku kata. Pembicara dari yang terakhir tidak bisa mengerti mengapa penutur bahasa menekankan ucapannya hampir terburu-buru untuk melewati kata-kata tertentu sementara melambat dan menekankan pada orang lain.


Untuk menjelaskan, pertimbangkan kata can atau dapat. Ketika seseorang menggunakan kata ini secara positif, kata tersebut berubah menjadi c’n. huruf vokal hampir tidak terkatakan, tanpa tekanan, seperti pada We can go out on Sunday atau Kita bisa pergi keluar pada hari Minggu. Di ambil dari sisi lain, bentuk negatif can atau can not yang berarti tidak bisa atau tidak dapat tidak pernah diucapkan dengan penekanan, kata tersebut selalu diucapkan dengan cahnt.

Hasilnya adalah bahwa kita mengucapkan atau mengatakan kalimat We can go out on Sunday atau Kita bisa pergi keluar pada hari Minggu akan memakan waktu dari pada mengatakan We can’t go out on Sunday yang berarti Kita tidak bisa pergi keluar pada hari Minggu.

Hasil nya adalah diperlukan dari setiap speaker atau pembicara bahasa Inggris bahwa ia menyadari ada kata-kata yang ditekankan dalam bahasa Inggris dan ada yang diucapkan dengan tidak atau tanpa penekanan. Hal ini tentu saja menjadi lebih jelas melalui percakapan biasa, tapi untuk saat ini, sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) harus ingat bahwa :


  1. Kata-kata yang diucapkan dengan penekanan.

Nouns atau kata benda (Contohnya: Hari, Sunidhi)

Normal verbs atau kata kerja normal (Contohnya: run, build, shout)

Adjectives atau kata sifat (Contohnya: beautiful, large, friendly)

Adverbs atau kata keterangan (Contohnya: loudly, quickly, randomly)

  1. Kata-kata yang dapat diucapkan tanpa adanya penekanan.

Determiners atau artikel bahasa inggris (Contohnya:. a, the, an)

Auxiliary verbs atau kaat kerja bantu (Contohnya: don’t, can, was)

Conjunctions atau kata hubung (Contohnya: and, but, as)

Pronouns atau kata ganti (Contohnya: he, she, us)

 


Demikian penjelasan pada kesempatan kali ini mengenai penjelasan dan fungsi ungkapan-ungkapan yang diucapkan dengan penekanan (stressed languages) dan tanpa penekanan (unstressed languages) dalam bahasa inggris beserta contoh-contoh nya.

Semoga dapat bermanfaat dan membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) semua. Thank you for your attention…


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :