British-and-American-English

Penjelasan Dan Perbedaan Arti Serta Penggunaan Bahasa Inggris British Dan Bahasa Inggris Amerika

Posted on

Penjelasan Dan Perbedaan Arti Serta Penggunaan Bahasa Inggris British Dan Bahasa Inggris Amerika

British-and-American-English

 

Di India, Amerika Serikat, dan banyak negara lain nya, bahasa Inggris pertama kali diperkenalkan oleh proses kolonisasi Inggris. Setelah kemerdekaan, India mempertahankan bentuk Inggris dari bahasa, sedangkan Amerika Serikat memutuskan untuk mengembangkan bentuk sendiri. Noah Webster, penyusun kamus Amerika pertama, mendapat sebagian untuk bertanggung jawab dalam hal ini. Noah Webster merasa bahwa kata-kata atau kosa kata (vocabularies) harus diucapkan sama seperti yang mereka dengar, dan dia juga ingin USA untuk menegaskan kemerdekaan budaya dan tidak bergantung pada bahasa British atau Inggris dari bentuk bahasa.

 


Perbedaan dua bahasa yang paling utama adalah sebagai berikut :

  1. Kosakata atau vocabulary : berikut adalah beberapa perbedaan dalam kosakata atau vocabulary

Amerika menggunakan kata apartment yang berarti apartemen sedangkan di India (atau Inggris) kata tersebut diganti dengan flat yang berarti sama dengan apartemen.

Trash atau sampah adalah istilah umum di Amerika Serikat tetapi British English atau Inggris menggunakan kata rubbish dengan arti sampah.

Istilah kata sakit atau ill khusus untuk bentuk Inggris dari British. Sedangkan di Amerika, kata tersebut diganti dengan kata sick atau berarti sakit.

Jadwal atau dalam bahasa inggris adalah schedule adalah kata khusus dalam bentuk Amerika. Sedangkan dalam bentuk Inggris atau British dari kata tersebut berubah menjadi timetable atau jadwal.

Istilah toilet umum atau dalam yang biasa kita dengar dengan kata toilet atau public toilet digunakan dalam bahasa inggris di Amerika. Sebaliknya british menggunakan kata toilet menjadi rest room.


2. Ejaan atau spelling : berikut adalah beberapa perbedaan dalam Ejaan atau spelling

  1. OUR VS OR – Di Amerika, kata-kata seperti favour dieja tanpa “ U “. Ejaan yang benar sesuai dengan bentuk Amerika adalah favor. Contoh kata lain adalah labour dimana di USA dieja sebagai labor.
  2. RE VS ER – British English mengeja kata-kata seperti centre, theatre, litre dan kata lainnya yang berakhiran re menggunakan re. Sedangkan di Amerika kata-kata seperti contoh tersebut yaitu centre, theatre, litre dan kata lainnya menggantikan re dengan er. Kata-kata tersebut berubah center, theater dan liter. So, sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) jangan bingung ya jika ada yang menulis centre atau center ataupun litre atau litre.
  3. ISE VS IZE – seperti yang kita ketahui British menggunakan bentuk ise pada kata seperti spesialise, sedangkan Amerika menggantinya dengan menggunakan bentuk ize pada kata specialize dan kedua contoh kata tersebut memiliki arti yang sama.
  4. CE VS SE – British terbiasa menggunakan ejaan ce, tetapi Amerika mengganti ce dengan se, sehingga terbentuk lah contoh kata seperti kata defence yang berubah menjadi defense.
  5. AE VS E – British English mengeja archaeology yang berarti arkeologi dengan ae, dan di Amerika hanya menggunakan e serta menghilangkan a, sehingga ejaan kata tersebut berubah menjadi ejaan kata seperti archeology yang berarti arkeologi.
  6. OEU VS EU – Sebuah aturan serupa berlaku untuk kata-kata seperti manoeuvre, yang mana British English mengeja dengan menggunakan bentuk ejaan oeu sedangkan bahasa Inggris Amerika menggunakan hanya EU, contohnya maneuvre.
  7. OGUE VS OG – Inggris British mengeja kata-kata seperti catalogue menggunakan ogue sedangkan bahasa Inggris Amerika mereka terbiasa menggunakan kata catalog, yang kedua contoh kata tersebut memiliki arti sama. Sehingga Amerika menghilangkan ue dan menggunakan og.

Berikut adalah beberapa contoh lain :

Inggris British Inggris America
Woollen, Jewellery , Travelling

Omelette

Pyjamas

Sulphur

Colour

Counsellor

Transferral

 

Woolen, Jewelry, Traveling

Omelet

Pajamas

Sulfur

Color

Counselor

Ransferal

 


Perbedaan lain antara British dan Amerika adalah

  1. Tanggal dan Waktu

Di Amerika Serikat, tanggal ditulis dalam bentuk bulan/tanggal/tahun (12/13/2016). Dan British biasanya menggunakan dalam bentuk tanggal ini lebih akrab di tulis dengan format (13/12/2016).

Sedangkan British English mengajarkan kita untuk menulis waktu menggunakan titik contohnya pukul 06.00. Amerikan English menggunakan titik dua, sehingga terlihat seperti 06:00.

  1. Pengucapan

Kata-kata tertentu yang diucapkan secara berbeda oleh orang-orang yang menyesuaikan diri dengan bahasa Inggris Amerika dan orang-orang yang mengikuti bentuk Inggris British. Misalnya, hostile sedangkan, Amerika lebih memilih untuk homophonise dengan hostel, meskipun itu dieja dengan cara yang sama.

  1. Judul dan akronim

Bentuk British menghilangkan titik koma setelah Dr, Mr, Mrs, dan lain sebagainya, sementara orang-orang Amerika merasa perlu digunakan. Maksudnya adalah mereka akan menulis, Dr., Mr., dan Ibu, dan lain sebagainya.

Aturan secara berbeda juga ada pada akronim. Bentuk ejaan Amerika menggunakan penggunaan titik, misalnya (U.S.), sedangkan, bentuk Inggris hanya (US).

 


-WINNERS never quit and QUITTERS never win-


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...