Presentation

Penjelasan, Tujuan, Jenis Presentasi dan Contoh Percakapan Ketika Presentasi Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Penjelasan, Tujuan, Jenis-jenis Presentasi dan Contoh Percakapan Ketika Presentasi Dalam Bahasa Inggris

Presentation

A. Penjelasan Presentasi

Presentasi (Presentation) adalah suatu kegiatan berbentuk komunikasi atau berbicara untuk menyampaikan sesuatu di hadapan banyak audience (pendengar). Tetapi presentasi tidak hanya sekedar berdiri dan menyampaikan sesuatu didepan audience (pendengar) saja, melainkan merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada audience (pendengar).

Ketika Anda mendapatkan kesempatan untuk berbicara dihadapan audience (pendengar), Anda harus mampu menenangkan diri. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis.

B. Tujuan Presentasi

Umumnya tujuan presentasi adalah untuk menyampaikan informasi biasanya disampaikan aleh para ahli, master atau pakar, selain itu tujuan presentasi antara lain untuk membuat suatu ide atau gagasan, untuk melakukan penjualan, untuk menyentuh emosi audience (pendengar), untuk meyakinkan audience (pendengar) yang biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu, menghibur audience (pendengar), membujuk audience (pendengar) yang biasanya dibawakan oleh wiraniaga, untuk memotivasi audience (pendengar), untuk melakukan suatu tindakan dan lain sebagainya.

C. Jenis-jenis Presentasi

Dibawah ini adalah beberapa jenis presentasi beserta penjelasannya

  • Presentasi Dadakan (Impromptu), merupakan presentasi yang dilakukan dengan tanpa persiapan. Dalam keadaan seperti ini presenter dituntut untuk dapat menguasai materi dengan spontan.
  • Presentasi Hafalan (Manuscript), merupakan sebuah presentasi yang dilakukan dengan cara menghafal materi teks yang sudah disediakan.
  • Presentasi Naskah (Memoriter), merupakan presentasi yang dilakukan dengan cara membaca naskah untuk para audience (pendengar).

Menurut Barnes dan Manning (2003: 67-68), hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan menyampaikan pesan (Presentasi) dalam Bahasa Inggris yaitu

  1. Membagi topik menjadi tiga bagian; (1) masa lalu (past tense), sekarang (present tense) dan masa depan (future tense), (2) topik 1, 2 dan 3 (seperti; produksi, iklan, dan pemasaran) (3) Pro dan kontra.
  2. Don’t underestimate dengan kata lain tidak meremehkan ide Anda sendiri seperti dengan mengatakan, “Mungkin itu tidak akan berhasil, tapi ……”, “Saya tidak yakin … “, dan lain sebagainya
  3. Tidak perlu berteriak hanya untuk menunjukkan otoritas.
  4. Jangan terlalu serius. Membuat lelucon kecil tetapi dapat diterima dengan tujuan untuk membangun kepercayaan diri ketika didepan paraaudience (pendengar).
  5. Tidak berpikir dua kali atau tidak terlalu banyak memiliki analisis, itu akan membuat gugup ketika didepan orang banyak.
  6. Eye contact. Pandang seluruh audience secara bergantian. jangan fokus disatu titik.

Menurut (Clayton, 2005: 52)

Selama presentasi, juga harus memperhatikan bahasa tubuh. Buka lengan (bukan berarti merentangkan tangan dengan lebar), hal ini mengajak audience (pendengar) untuk melihat dan mendengarkan serta untuk menunjukkan rasa percaya diri. Biarkan audience (pendengar) melihat secara menyeluruh, Jangan berbicara dengan nada monoton yang menunjukkan bahwa Anda gugup. Jangan meletakkan tangan Anda disaku celana, hal ini menunjukkan bahwa Anda tidak antusias.

D. Contoh Percakapan Presentasi Dalam Bahasa Inggris

Chris : Julia. You’re probably the best person to explain about our project.
Julia : Thank you sir ……, I feel glad to be her to deliver some information. I didn’t plan a formal presentation but I’ll very happy to explain about project that we are working on.
Peter : OK, go on!
Julia : In the past, we’ve concentrated on the local angle. Peter grew up in this area and he started his company here.

Peter : It’s the old, “local boy makes good,” story.
Julia : That’s true. And we’ve focused on him, and his company ties to the community. Over the past five years, Peter has been expanding throughout the country, selling franchise in nearly every province and power ad has been there with him every step of the way. And home town angle, “we are your neighbors and friends”, ahs work fine.

Rob : weren’t you taken by some mega company?
Julia : actually we took them over. But we call it a merger. Sweet Homes merged with a Century Estates in January creating one of the largest residential real estate firms in the country. Over the years Peter built it up and expanded it. His company now joined with Century Estates? It’s a merger and now, being huge, national company, the marketing plan has to change. The marketing has evolved analog with the company. Now we’d like to think about a fresh approach. You know a new image, new company.

Chris : so that’s where we are. Now, let’s begin by talking about our goals for this new campaign.


Demikianlah penjelasan singkat, tujuan, jenis-jenis  presentasi dan contoh percakapan ketika presentasi dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat bagi sahabat IBI (ilmubahasainggris.com).

Simak Juga Materi IBI Lainnya :

loading...