kids english

Peran Orang Tua Agar Anak Meraih Keberhasilan Dalam Belajar Bahasa Inggris

Posted on

Peran Orang Tua Agar Anak Meraih Keberhasilan Dalam Belajar Bahasa Inggris

kids english

Belakangan ini timbul kesadaran tinggi orang tua mengajari anak belajar bahasa inggris sejak dini dengan anggapan agar anak semakin mudah menguasai bahasa inggris. Tetapi kenyataannya banyak orang tua mengabaikan untuk mendampingi selama proses belajar karena berbagai kesibukan kerja di luar rumah atau yang lainnya. Padahal anak yang mulai belajar bahasa inggris dengan didamping oleh orang tua yang memiliki perhatian besar dalam mendidik anak memungkinkan anak menjadi lebih berhasil dalam proses belajar bahasa inggris.

Di fase emas pertumbuhan anak, orang tua perlu memberikan perhatian yang tinggi agar pertumbuhan otak dan tubuh anak berkembang optimal. Seorang anak tidak cukup hanya dititipkan di lembaga pendidikan atau kursus karena yang memiliki harapan masa depan anak dan memiliki tanggung jawab penuh untuk merealisasikan harapan tersebut adalah orang tua. Dalam proses mendampingi anak belajar bahasa inggris orang tua bisa mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini

 


6 Hal Peran Orang Tua Agar Anak Meraih Keberhasilan Dalam Belajar Bahasa Inggris

  1. Ajarkan anak belajar bahasa inggris dengan mempertimbangkan usia pertumbuhan dan kemampuan anak. Usia yang tepat untuk belajar bahasa inggris adalah dimulai dari usia 4 tahun
  1. Orang tua pendamping belajar anak (misalnya Ibu) sebaiknya memiliki minat aktif untuk belajar tentang bagaimana mendidik anak dengan baik dan aktif belajar bahasa inggris dasar yang digunakan sebagai modal orang tua membimbing anak.
  1. Gunakan kegiatan-kegiatan belajar bahasa inggris yang menyenangkan agar dalam jangka panjang anak tetap konsisten belajar dan tidak merasa bosan.
  1. Kenali masalah yang dihadapi anak dan hindari menekan atau menggunakan kekerasan untuk mengatasi masalah yang dihadapi anak dalam proses belajar bahasa inggris
  1. Orang tua juga sebaiknya memberikan prioritas mengajarkan bahasa inggris anak setelah cukup lancar berbahasa indonesia dan lokal jika perlu.
  1. Jika anak sudah diajarkan bahasa inggris di sekolah atau mengikuti kursus bahasa inggris anak, bantu lah anak mengulang belajar bahasa inggris di rumah dan bimbing untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan tetap memperhatikan kemampuan anak tanpa terlalu memaksa. Misalnya membuka bukunya dan menanyakan gambar-gambar atau nama benda yang ada.

 

 


Demikian pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai “Peran orang tua agar anak meraih keberhasilan dalam belajar bahasa inggris”.

Semoga bermanfaat dan membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) semua.

Thank you for your attention…

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :