Perbedaan Penggunaan Another, Other, Dan Others Dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Another, Other, Dan Others Dalam Bahasa Inggris

Perbedaaan Penggunaan Another, Other, Dan Others Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Perbedaan Penggunaan Another, Other, Dan Others Dalam Bahasa  Inggris


Dalam belajar bahasa  Inggris sering kirta belajar  untuk menggunakan  beberapa kata dalam sebuah  kalimat di bahasa Inggris. penggunaan  setiap kata pun  bereda antara satu dan lainnya. Pada kesempatan kali ini IBI akan membahas mengenai  penggunaan kata Another, Other, Dan Others Dalam Bahasa  Inggris. Bagaimana penjelasannnya,  mari kita simak bersama.

Perbedaan Penggunaan Another, Other, Dan Others Dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Another, Other, Dan Others Dalam Bahasa Inggris

Terkadang kita sering bingun dalam penggunaannya antara another,other  dan  others. Another dan other adalah kata yang  digunakan  untuk benda yang tidak spesifik atau belum jelas benda yang mana yang dimaksud. Sedangkan others atau the others adalah kata yang digunakan untuk benda yang speifik atau benda nya sudah jelas benda yang mana yang dimaksud.

  1.  Another

Kata Another  adalah kombinasi dari kata ‘an’  dan  kata ‘other’  yang  mempunyai makna merujuk pada  sesuatu  yang  merupakan tambahan. Contohnya:

Ketika  Ani memakan sepotong kue dan dia ingin tambah lagi, maka  Ani gunakan ‘another’.

Another sebagai adjective selalu diikuti oleh kata benda tunggal (singular nouns), tidak pernah oleh kata benda jamak (plural nouns).

Another sebagai  kata ganti (pronoun) berdiri sendiri. Jika diterjemahkan artinya ‘yang lain’. Another sebagai pronoun digunakan untuk menghindari pengulangan kata benda yang tidak perlu.

Another sebagai tambahan biasanya digunakan untuk meminta lagi atau menambah waktu lagi.

Another itu nonspesific atau sembarang, artinya banyak opsi/pilihan/alternative walaupun kita tetap harus ingat bahwa pilihan yang kita pilih tetap satu.

Contoh kalimat:

  •  Please  bring her another book
  • You  need another choice

2. Other

Makna dari kata other adalah untuk  menunjukan  benda atau sesuatu yang berbenda atau  yang lainnya.  Misalnya  “She  do not  like  this bag, she  want the other bag”(Dia  tidakmenyukai tas ini,dia menginginkan  tas yang lain). Other dapat digunakan  dangan kata benda yang tidak  dapat dihitung/ uncountable  noun maupun  kata benda yang dapat dihitung baik plural maupun singular.

Other (tanpa ‘s’) sebagai adjective bisa diikuti plural nouns atau uncountable nouns.

Other (dengan ‘s’ maupun tanpa ‘s’) bisa didahului oleh kata, some, any, each, no, dsb..

The other bisa diikuti oleh singular nouns atau plural nouns, namun saya akan fokus pada penggunaan singular atau tunggal terlebih dahulu.

The other sebagai pronoun berdiri sendiri.

The other merujuk pada benda/orang, dll.. yang tersisa yang jumlahnya satu.

The other  adalah spesific, artinya sudah jelas yang kita maksud. Jika benda atau orangnya berjumalah dua, maka ‘the other‘ artinya ‘yang satunya lagi’, namun jika lebih dari dua, ‘the other’ artinya yang terakhir atau yang tersisa.

Contoh:

  •  the other shop is open
  • the other streets are closed

3. Others

Others dapat berfungsi sebagai pronoun.kata others menggantikan kata other yang diikuti  oleh plural countable noun atau sebuah kata benda yang bisa dihitung dan berbentuk jamak.

Others (dengan ‘s’) sebagai pronoun berdiri sendiri dan TIDAK bisa diikuti oleh nouns karena sudah plural.

Others itu nonspesific, artinya sembarang (hampir sama dengan another, bedanya another diikuti oleh singular nouns)

Contoh:

  • Does Shinta  have any others?
  • Some people eat to live and others live to eat.

Demikian penjelasan yang dapat IBI sampaikan pada kesempatan kali ini materi tentang penggunaan kata another,other dan others. Semoga apa yang sudah di sampaikan   dapat bermanfaat dan dapat dijdikan bahan belajar sobat IBI sekalian.

“Setiap menusia yang  lahir didunia  ini memiliki tugas masing-masing , sudahkah kamu menemukan tugas yang Tuhan berikan  padamu?”

-Salam IBI-


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...