can could

Perbedaan Penggunaan ‘CAN’ Dan ‘COULD’ Lengkap Beserta Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Perbedaan Penggunaan ‘CAN’ Dan ‘COULD’ Lengkap Beserta Contoh-Contohnya Dalam Bahasa Inggris

can could


Penjelasan singkat dan perbedaan dalam penggunaan can dan could beserta contohnya

Apa Bedanya “Can” Dan “Could”

Pertama-tama, kita menggunakan “can” untuk sesuatu yang mungkin atau untuk menunjukkan bahwa seseorang memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu baik saat ini maupun di masa depan. Contohnya :

  • We can see the park from our house. (Kami bisa melihat taman dari rumah kami)
  • Ella can speak fluent Japanese.(Ella bisa berbicara fasih bahasa jepang)

Bentuk negatif dari can adalah can’t

Contohnya :

  • He can’t swim very well. (Dia tidak bisa berenang dengan terlalu baik)

Dalam kasus ini, “could” umumnya dapat dipakai sebagai bentuk lampau dari “can”. Jadi dalam kalimat dibawah ini,

  • Ella could speak fluent Japanese when she was young, and she can speak several other languages now too. (Ella dapat berbicara fasih bahasa jepang ketika dia muda, dan dia dapat berbicara beberapa bahasa juga sekarang)
  • When I was a child I could run fast. (Ketika saya anak-anak, saya bisa berlari kencang).

Kita menggunakan could untuk kemampuan umum dimasa lampau, tapi anda perlu sedikit berhati-hati disini karena jika kita membicarakan apa yang terjadi di situasi tertentu/khusus, kita cenderung menggunakan “was/were able to” untuk kemampuan dimasa lampu:The fire spread quickly, but luckily everybody was able to escape. (Apinya menyebar dengan cepat, tetapi untungnya semua orang dapat melarikan diri

Kita juga menggunakan could untuk membicarakan tindakan yang mungkin dilakukan/terjadi (berfungsi untuk mendiskripsikan kemungkinan dan bukan kemampuan) dimasa sekarang dan masa depan. Dan inilah yang cenderung menyebabkan kebingungan tentang kata ini.

Contohnya, jika anda mengharapkan beberapa teman untuk berkunjung, tetapi mereka terlambat, anda mungkin bisa mengatakan “they could arrive at any time now” (Mereka bisa datang kapan saja sekarang), atau jika anda mencoba untuk membuat kemajuan dengan pekerjaan anda mungkin bertanya, atau contoh lain “Could we talk to the boss again?” (Dapatkah kami berbicara dengan boss lagi?).

Untuk fungsi kemungkinan ini kita perlu berhati-hati dengan bentuk lampau, karena ini tidak bekerja dengan cara yang sama. Jika kita ingin mengekspresikan kemungkinan di masa lampau, kita perlu menggunakan could + have dan past participle (have done, have been, dll).


Mari bayangkan sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) menerima sebuah surat atau kartu dari penggemar misterius dan anda mencoba untuk mengetahui siapa yang mengirimnya untuk anda. Karena kejadian pengirimannya terjadi di masa lalu, kita memperkirakan tentang kemungkinan di masa lalu, “John could have sent it’ but perhaps ‘James could have written it” (John bisa saja yang mengirimnya. Tetapi mungkin, James bisa saja yang menulisnya). Kita tidak yakin siapa, namun berpikir bahwa ada beberapa kemungkinan.

Akhirnya, mari melihat bagaimana can/could yang umum digunakan, dalam bentuk pertanyaan untuk membuat permohonan (atau meminta sesuatu). Jika kita pergi berbelanja pakaian, kita mungkin bertanya,“can/could I try that dress on please?” (Bisakah saya mencoba baju itu?)“could I see those shoes in blue?” (Bisakah saya melihat sepatu itu yang berwarna biru?)

Di sini, baik can atau could mungkin digunakan tanpa perbedaan yang signifikan. Satu-satunya hal yang penting untuk diperhatikan adalah bahwa dalam hal gaya dan formalitas, could dianggap lebih formal dan sopan.

Jadi untuk menyimpulkan, tiga fungsi utama dari can/could adalah untuk membicarakan: kemampuan (ability) dan kemungkinan (possibility) dengan diikuti perubahan bentuk lampau, dan untuk permohonan (request).


Demikian pembahasan materi kali ini mengenai perbedaan Penggunaan ‘CAN’ Dan ‘COULD’ Lengkap Beserta Contoh-Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

semoga bermanfaat dan bisa membantu seluruh sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses belajar bahasa inggris.

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :