cv-resume

Perbedaan Penjelasan Dan Penggunaan Curriculum Vitae (CV) Dan Resume Dalam Surat Lamaran Pekerjaan

Posted on

Perbedaan Penjelasan Dan Penggunaan Curriculum Vitae (CV) Dan Resume Dalam Surat Lamaran Pekerjaan

cv-resume

 

Apakah ada yang tahu apa perbedaan antara curriculum vitae (CV) dan resume, bahkan bagaimana cara penggunaan dan lain – lain nya ?

Perbedaan paling utama antara curriculum vitae (CV) dan resume adalah panjang atau banyak nya kata, apa yang ada didalamnya, dan digunakan untuk apa curriculum vitae (CV) dan resume tersebut.

Sementara keduanya selalu digunakan dalam mengaplikasikakn atau melamar pekerjaan.

Agar lebih jelas, mari kita perhatikan bersama – sama perbbedaan dan informasi lainnya mengenai curriculum vitae (CV) dan resume.

 


Penjelasan, perbedaan dan cara penggunaan curriculum vitae (CV) dan resume

 

Seperti hal nya resume, curriculum vitae atau CV yang berarti riwayat hidup memberikan ringkasan dari pengalaman dan keterampilan dari seseorang. Biasanya, CV atau riwayat Hidup lebih panjang dari resume. Setidaknya dua atau tiga halaman.

Riwayat hidup mencakup informasi tentang latar belakang akademis seseorang, termasuk pengalaman mengajar, derajat, penelitian, penghargaan, publikasi, presentasi, dan prestasi lainnya. Khususnya yang berkaitan dengan latar belakang akademis si pelamar pekerjaan.


Isi dari curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah dari satu sampai dua halaman. Isi dari curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup ini juga merupakan cara cepat dan ringkas untuk menyampaikan skill atau keterampilan dan kualifikasi seseorang. Kadang-kadang perusahaan besar akan meminta isi dari curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup satu halaman ketika perusahaan tersebut mengharapkan pelamar dengan jumlah besar.

Sedangkan resume yaitu memberikan ringkasan tentang pendidikan, riwayat pekerjaan, kepercayaan, dan prestasi serta keterampilan lainnya. Ada juga bagian opsional, termasuk sebuah resume objective dan pernyataan tentang isi karir. Resume juga merupakan dokumen yang paling umum diminta pelamar dalam aplikasi pekerjaan.

Sebuah resume harus berisi seringkas mungkin.

Biasanya, resume berisi satu halaman panjang, meskipun kadang-kadang bisa sampai dua halaman. Seringkali resume termasuk daftar bullet untuk menjaga keringkasan informasi.


Resume terbagi dalam beberapa jenis, termasuk format kronologis, fungsional, dan kombinasi.

Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup digunakan hampir secara eksklusif di Negara – negara luar Amerika Serikat. Di Eropa, Timur Tengah, Afrika, atau Asia, pengusaha dapat mengharapkan untuk menerima riwayat hidup.

Di Amerika Serikat, orang – orang dalam dunia akademis dan obat-obatan cenderung menggunakan curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup dari pada resume.

Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup juga digunakan terutama ketika melamar internasional, akademik, pendidikan, ilmu pengetahuan, posisi medis atau penelitian atau saat melamar beasiswa ataupun hibah.

Seperti hal nya resume, hal – hal yang harus di sertakan dalam curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah nama, informasi kontak, pendidikan, keterampilan dan pengalaman.

Selain tambahan – tambahan dasar, sebuah curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup juga harus meliputi penelitian dan pengalaman mengajar, publikasi, hibah dan beasiswa, asosiasi profesional dan lisensi, penghargaan dan informasi lain yang relevan dengan posisi yang di lamar.

Mulailah dengan mencoba membuat daftar dari seluruh informasi latar belakang sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dan kemudian cantumkan ke dalam kategori.

 


Demikian pembahasan pada artikel kali ini mengenai “ Perbedaan Penjelasan Dan Penggunaan Curriculum Vitae (CV) Dan Resume Dalam Surat Lamaran Pekerjaan “.

Terima kasih dan semoga bermanfaat serta membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses belajar bahasa inggris.

 

loading...