Recount Text : Pengertian, Ciri, Tujuan, Macam, Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Recount Text : Pengertian, Ciri, Tujuan, Macam, Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Recount Text : Pengertian, Ciri, Tujuan, Macam, Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Posted on

Recount Text : Pengertian, Ciri, Tujuan, Macam, Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


 

Recount Text : Pengertian, Ciri, Tujuan, Macam, Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Recount Text : Pengertian, Ciri, Tujuan, Macam, Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Ada beberapa text dalam bahasa Inggris yang kita ketahui antara lain: Narrative Text, Recount Text,  Procedure Text, Report Text, Analyticl Exposition Text, Hortatory Exposition Text, Explanation Text, Descriptive Text, Discussion Text, News Item Text, Review Text, Anecdote Text, Spoof Text. Kali ini IBI  akan membahas tetang Recount Text.


  1. Pengertian Recount Text

Recount atau menceritakan adalah satu teks yang renegosiasi kejadian atau pengalaman di masa lalu. Tujuannya adalah untuk memberitahu atau menghibur penonton. Ada tidak ada komplikasi di antara peserta dan yang membedakan dari narasi. Contohnya seperti pengalaman Anda berlibur atau suatu pengalaman menyenankan maupun berkesan lainnya. Berbeda dengan narrative text, pada recount text tidak terdapat complication atau conflict masalah.

Recount dan Naraition text, Keduanya mengatakan sesuatu di masa lalu sehingga narasi dan menceritakan biasanya berlaku masa LAMPAU; Apakah sederhana masa lalu tegang, sederhana masa lalu terus-menerus tegang atau tegang masa lalu. Cara narasi dan menceritakan kepada berada di urutan kronologis menggunakan waktu atau tempat. Umumnya narasi teks ini ditemui dalam buku cerita; mitos, dongeng, cerita rakyat, dll sementara menceritakan teks ini ditemui dalam biografi.

Satu hal yang membuat narasi dan menceritakan berbeda adalah struktur di mana mereka dibangun. Narasi menggunakan konflik di antara peserta Apakah alam konflik, konflik sosial atau psikologis konflik. Dalam beberapa cara narasi teks menggabungkan semua konflik ini. Sebaliknya, kita tidak menemukan konflik ini dalam menceritakan teks. Menceritakan berlaku serangkaian acara sebagai struktur dasar.

2. Ciri Recount Text

  • Memperkenalkan peserta pribadi; I, my group, etc
  • Menggunakan simple past tense
  • Menggunakan koneksi kronologis; then, first, etc
  • Menggunakan menghubungkan kata kerja; was, were, saw, heard, etc
  • Menggunakan kata tindakan; look, go, change, etc

3. Tujuan Recount Text

Untuk menceritakan pengalaman atau kejadian dan peristiwa yang terjadi pada masa lalu secara kronologis atau secara berurutan dengan tujuan untuk menghibur (entertain) pembaca atau pendengar (atau sebaliknya).


4. Macam Recount Text

  •  Personal Recount ( pribadi)
Yaitu menceritakan tentang pengalaman pribadi penulis
  •  Factual Recount (fakta)
Yaitu laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan, laporan kepolisian.
  •  Imaginative (Imaginasi)
Yaitu membuat cerita imaginative lalu menuliskan peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.

5. Generic Structure Recount Text

  1. Orientation

Pada bagian ini, penulis memulai cerita dengan mengenalkan latar belakang informasi yang menjawab, kapan, di mana kejadian atau peristiwa itu terjadi pada masa lampau. pengenalan berupa memberikan informasi tentang siapa, dimana dan kapan peristiwa atau kejadian itu terjadi di masa lampau.

  1. Events

Setelah menceritakan latar belakang atau identitas pelaku, setting tempat dan waktunya, pada bagian ini barulah penulis mulai menceritakan jalannya cerita secara urut atau kronologis. rekaman peristiwa yang terjadi, biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti : “In the first day… . And in the next day… . And in the last day… .” Pada bagian ini terdapat juga komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

  1. Reorientation

Generic structure dari recount text yang terakhir adalah reorientation, pengulangan pengenalan yang ada di orientation, pengulangan tentang rangkuman peristiwa atau kejadian yang diceritakan. banyak yang menjelaskan bagian ini dengan rangkuman yang berisi pengulangan bagian orientation. Tapi bagi saya, bagian ini sebenarnya adalah bagian conclusion (kesimpulan) atau penutup yang mengekspresikan pendapat pribadi penulis tentang kejadian yang telah diceritakan. Misalnya cerita tentang liburan, maka penulis akan menyimpulkan kesan tentang liburannya dengan “what an exciting holiday! I will go there again someday“.


6. Contoh Recount Text

   Vacation to London

Mr. Richard’s family was on vacation. They are Mr. and Mrs. Richard with two sons. They went to London. They saw their travel agent and booked their tickets. They went to the British Embassy to get visas to enter Britain. They had booked fourteen days tour. This includes travel and accommodation. They also included tours around London

They boarded a large Boeing flight. The flight was nearly fourteen hours. On the plane the cabin crews were very friendly. They gave them news paper and magazine to read. They gave them food and drink. There was a film for their entertainment. They had a very pleasant flight. They slept part of the way.

On arrival at Heathrow Airport, they had to go to Customs and Immigration. The officers were pleasant. They checked the document carefully but their manners were very polite. Mr. Richard and his family collected their bags and went to London Welcome Desk. They arranged the transfer to a hotel.

The hotel was a well-known four-star hotel. The room had perfect view of the park. The room had its own bathroom and toilet. Instead of keys for the room, they inserted a key-card to open the door. On the third floor, there was a restaurant serving Asian and European food. They had variety of food.

The two week in London went by fast. At the end of the 14-day, they were quite tired but they felt very happy.

Terjemahan

Liburan ke London
Tn. Richard keluarga sedang berlibur. Mereka adalah Mr dan Mrs Richard dengan dua anak. Mereka pergi ke London. Mereka melihat agen perjalanan mereka dan memesan tiket mereka. Mereka pergi ke Kedutaan Inggris untuk mendapatkan visa untuk masuk ke Inggris. Mereka telah memesan layanan wisata empat belas hari. Ini termasuk perjalanan dan akomodasi. Mereka juga termasuk tur di sekitar London
Mereka naik penerbangan Boeing besar. Penerbangan itu hampir empat belas jam. Di pesawat awak kabin yang sangat ramah. Mereka memberi mereka berita kertas dan majalah untuk dibaca. Mereka memberi mereka makanan dan minuman. Ada sebuah film untuk hiburan mereka. Mereka memiliki penerbangan yang sangat menyenangkan. Mereka tidur bagian dari jalan.
Pada saat kedatangan di Bandara Heathrow, mereka harus pergi ke bea cukai dan imigrasi. Para petugas yang menyenangkan. Mereka memeriksa dokumen dengan hati-hati tapi tingkah mereka yang sangat sopan. Tn. Richard dan keluarganya dikumpulkan tas mereka dan pergi ke London meja Selamat datang. Mereka mengatur transfer ke hotel.
Hotel adalah sebuah hotel berbintang empat yang terkenal. Kamar memiliki pemandangan taman yang sempurna. Kamar memiliki toilet dan kamar mandi sendiri. Bukan kunci untuk kamar, mereka dimasukkan kartu-kunci untuk membuka pintu. Pada lantai tiga, ada restoran yang menyajikan makanan Asia dan Eropa. Mereka memiliki berbagai makanan.
Dua minggu di London pergi dengan cepat. Pada akhir 14-hari, mereka cukup lelah tetapi mereka merasa sangat bahagia.

 Demikian penjelasan tentang recount text semoga bermanfaat.


Referensi Materi dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...