Sinopsis Film Ponyo, Animasi Jepang Dengan Versi Bahasa Inggris
Sinopsis Film Ponyo, Animasi Jepang Dengan Versi Bahasa Inggris

Sinopsis Film Ponyo, Animasi Jepang Dengan Versi Bahasa Inggris

Posted on

Sinopsis Film Ponyo, Animasi Jepang Dengan Versi Bahasa Inggris


Halo sobat IBI…

Salah satu cara paling efektif meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris adalah dengan cara menonton film. Mengapa demikian? Dengan menonton film, kita dapat mengetahui arti sebuah ungkapan yang diucapkan langsung oleh para native speaker (penutur asli). Bahasa dalam film, juga merupakan bahasa yang digunakan sehari-hari. Sehingga, kita dapat sekaligus berlatih untuk berbicara selayaknya yang para native speaker lakukan.

Nah, salah satu film yang bagus ditonton untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris sobat IBI adalah Ponyo. Film animasi Jepang gubahan Studio Ghibli ini merupakan salah satu film yang paling terkenal dan disukai anak-anak. Meskipun demikian, bagi orang dewasa, film ini tetap menghibur dan sarat akan makna.

Berikut, IBI ulas sinopsis Ponyo, film animasi Jepang dengan versi Bahasa Inggris.


Sinopsis Film Ponyo, Animasi Jepang Dengan Versi Bahasa Inggris
Sinopsis Film Ponyo, Animasi Jepang Dengan Versi Bahasa Inggris


Sinopsis

Ponyo adalah seekor ikan betina yang kabur dari rumahnya di bawah laut. Ia penasaran dengan kehidupan manusia di luar dunianya. Dalam perjalanannya ke daratan, tanpa sengaja Ponyo masuk ke jaring nelayan dan menyebabkan ia terjebak di dalam sebuah botol. Tidak lama setelah itu, Ponyo ditemukan di dekat pantai oleh seorang anak laki-laki bernama Sosuke.

Melihat seekor ikan terjebak di botol, Sosuke pun menyelamatkan ikan tersebut dengan cara memecahkan botolnya. Saat menyelamatkan Ponyo yang terjebak di botol, tangan Sosuke terluka dan mengeluarkan darah. Saat itu juga, Ponyo langsung menjilat luka Sosuke dan membuat luka tersebut sembuh seketika.

Semua cerita berawal dari sini.

Karena telah menelan darah manusia, DNA Ponyo pun menjadi kacau dan tercampur dengan DNA manusia. Perlahan-lahan tubuh Ponyo berubah menyerupai manusia. Tangan, jari-jari, hidung dan mulut mulai tumbuh satu persatu. Ponyo kemudian juga mulai bisa berbicara dengan bahasa manusia. Karena merasa senang menjadi manusia, Ponyo memutuskan ingin jadi manusia seutuhnya.

Namun, sayangnya niat tersebut ditentang oleh ayah Ponyo yang notabene membenci manusia. Menurut ayah Ponyo, manusia adalah penyebab kerusakan lingkungan. Khususnya di laut, manusialah yang  menyebaban air laut menjadi kotor dan dipenuhi berbagai limbah. Tak rela anaknya jatuh ke tangan manusia, ayah Ponyo merebutnya kembali dan membawa Ponyo pulang ke rumah mereka.

Meskipun telah dilarang bertemu manusia, Ponyo tetap ingin kembali dan membulatkan tekadnya untuk menjadi manusia. Dengan kekuatan yang ia miliki, Ponyo kabur dari rumah dan berusaha bertemu Sosuke kembali. Anehnya, seketika air laut berubah. Gelombang besar menyerupai tsunami, menghantam daratan tempat Sosuke tinggal. Akibat hal ini, banyak rumah-rumah yang terendam air. Para penduduk pun dievakuasi menggunakan kapal-kapal. Kecuali rumah Sosuke yang ada di puncak tebing, semua  rumah penduduk terendam air.

Perubahan air laut yang sangat mendadak ini, tidak lain disebabkan karena Ponyo kabur dari rumahnya. Dengan sekuat tenaga, ayah Ponyo berusaha mencari dan membawa putrinya kembali. Lantas bagaimanakah kelanjutan kisah Ponyo dan Sosuke? Apakah Ponyo pada akhirnya berhasil menjadi manusia? Untuk megetahui kisah lengapnya, sobat IBI dapat langsung menonton film ini.

Selain dapat mengasah kemampuan Bahasa Inggris, Film Ponyo juga memberikan pesan agar kita selalu menjaga lingkungan. Film ini juga sangat direkomendasikan untuk ditonton bersama anak-anak, agar mereka belajar bagaimana menyayangi lingkungan.


Demikian ulasan yang dapat IBI sampaikan tentang sinopsis film Ponyo. Semoga apa yang disampaikan dapat menjadi bahan pembelajaran untuk sobat IBI semua.

 

-Salam Semangat IBI-


Baca juga artikel IBI lainnya di: