vocabulary
vocabulary

12 Cara Belajar Memperkaya Kosa Kata Bahasa Inggris (Vocabulary) Dengan Cepat Dan Mudah

Posted on

12 Cara Belajar Memperkaya Kosa Kata Bahasa Inggris (Vocabulary) Dengan Cepat Dan Mudah

Hi guys, apa kabar sahabat IBI semua? semoga selalu sehat ya. amiin

Salam hangat dan  semangat untuk terus belajar.

Masih bersama admin kita akan terus meng upgrade, mengeksplore dan mengimprove kemampuan bahasa inggris kita. terus berbagi trik dan pengetahuan seputar ilmu bahasa inggris.

sahabat IBI, kali ini admin akan berbagi trik atau cara jitu yang bakal ngebantu kamu dalam  memperkaya vocabulary kamu dengan cara yang cepat dan mudah serta menyenangkan. trik ini admin sebut dengan “12 Langkah Jitu Memperkaya Kosa Kata Bahasa Inggris (Vocabulary) Dengan Cepat Dan Mudah”  simak penjelasannya berikut ini.

vocabulary
vocabulary

Love words (Cintai kata)

Langkah Pertama adalah bangun rasa Cinta terhadap kata/ Vocabulary.

EmM.. Cinta, eh tungu dulu! kenapa harus cinta ya? oh tentu dong, dalam melakukan sesuatu kita harus ada rasa cinta, what? maksudnya adalah dalam melakukan hal apapun (red. kebaikan) harus didasari atas rasa suka/ cinta, karena dengan perasaan cinta itu kita akan selalu semangat dan menikmati apa yang kita lakukan.

Dengan menyukai Kata/kosa kata dalam Bahasa Inggris (Vocabulary) ini tentu akan mempermudah kita untuk mengingat dan menghafal setiap kata yang kita baca atau temui. karena,  kita merasa enjoy tanpa merasa terbebani. bayangkan jika kamu mendapat tugas menghafal sederet vocabulary Reguler dan Irregular Verb misalkan, yang harus kamu hafal dalam 1 hari. sedangkan kamu tidak menyukai kata itu. tentu kamu akan merasa terbebani bukan. maka mulailah menghafal dengan Cinta.

Look up words you don’t know whenever you encounter them (cari kata-kata yang kamu tidak tahu setiap kali kamu temukan)


 

Langkah Ke 2,

Setelah ada cinta mulailah mencari tahu. cari kosa kata apa yang kamu belum tahu dan cari arti/ makna setiap kosa kata baru yang kamu temukan itu. Setelah itu bacalah kata tersebut beberapa kali, sampai kamu mampu mengingat definisinya. kemudian cobalah kamu pakai atau praktikkan kata tersebut dalam setiap kamu berbicara sampai kamu tahu kapan dan dimana kata itu digunakan. 


Use a Thesaurus (Gunakan tesaurus)

Langkah ke 3 Gunakan Thesaurus
Mungkin kalian ada yang bertanya apa itu thesaurus?
Thesaurus adalah sebuah Buku yang berisikan kata atau sekelompok kata yang memiliki arti yang sama atau serupa dan dikelompokkan bersama. bisa berupa sinonim, padanan kata dll. 
Tesaurus ini  bisa menjadi sumber daya yang besar yang memungkinkan kamu bisa mengetahui lebih lanjut mengenai kosa kata (Vocabulary) yang setara dengan kata-kata bahasa Inggris dasar.

Use the Development technology (Manfaatkan Perkembangan Tekhnologi)
Langkah ke 4 manfaatkan Tekhnologi
Ada banyak program komputer dan situs web yang memiliki cara untuk membantu memperkaya kosa kata bahasa inggris kamu. dengan  tersedianya daftar singkat atau “Word of the Day” di google, tentu ini akan membuat kamu akrab dengan kata-kata baru setiap hari.
Get a personalized Google homepage and click on “Add Content”.(Dapatkan Google Beranda hasil personalisasi dan klik pada “add content“)

Nah, langkah yang ke 5  
Setelah kamu mendapatkan Word of the Day, sekarang kamu lanjutkan ke branda Google kemudian Klik pada ” Add Conten” untuk membuka dan mengetahui isi daftar kata tersebut dan kamu bisa membaca dan menghafalnya.

Read (Perbanyaklah membaca) 
Langkah ke 6
Selain dari internet kamu juga bisa memperbanyak kosa kata Bahasa Inggris kamu dengan sering atau banyak membaca referensi buku, semakin sering dan banyak jenis buku yang kamu baca, akan semakin banyak pula kata yang akan kamu temukan dan ketahui.
Nah, jika saat membaca buku kamu menemukan kata yang baru dan tidak tahu artinya, cobalah pahami  konteksnya dengan melihat kata-kata yang ada disampingnya yang satu akar kata (The based root), kata yang saling berhubungan dengannya.  (associated word) Misal, kata Cat (kucing) kata yang berkaitan dengan Cat adalah tail, fur, pat, Paw, funny, tile dl.

Play word games with friends (Bermain kata)
Langkah ke 7
Coba kamu perbanyak bermain Boggle, Scrabble, atau Catch-Phrase. Ada begitu banyak jenis game atau permainan yang bisa kamu manfaatkan guna memperkaya Vocab kamu. Permainan  mengajarkan kita kata-kata baru. jika ada teman yang mengucapkan kata baru dan belum kamu tahu, maka tanyakanlah, semangat..!

Use the words you learn when you’re talking to people or writing letters or e-mail.

Langkah ke 8 Practice 
Mulailah gunakan kata-kata yang sudah kamu hafal atau pelajari ketika kamu sedang berbicara kepada orang atau menulis surat atau e-mail. semakin sering kamu lakukan semakin banyak vocab yang akan kamu kuasai. 

Learn roots, prefixes, and suffixes. (Pelajari akar, awalan dan akhiran)

Langkah ke 9 
Pada tahap ini kamu aku sarankan lebih banyak mempelajari istilah -istilah baru dalam bahasa inggris, atau kata yang berawalan dan berakhiran. Banyak sekali kata-kata dalam bahasa Inggris yang  berasal dari kata bahasa lain, misal  Latin atau bahasa Yunani.
Ketika kamu menggabungkan kata-kata ini bahasa Latin atau bahasa YunaniAkan mendapatkan kata-kata baru dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh: astro (“astron” berarti “bintang”) + Logi (logo berarti “pidato”) = Astrologi (berarti“mengatakan bintang”). atau lebih keren lagi kamu Membeli Kamus etimologis (berarti “Kamus asal-usul kata”), jang pernah ragu untuk maju, beli dan pelajari lah. 

Learn any romance language (Pelajari bahasa roman)

Langkah ke 10
Sahabat IBI, kalian pasti tahu kan mempelajari bahasa lain selain bahasa inggris juga sangat penting (misalnya: Perancis, Spanyol dan Italia), atau bahasa Latin atau bahasa Yunani, karena ini akan sangat membantu kamu meningkatkan kosa kata. terutama dua bahasa kuno ini. Karena begitu banyak kata-kata bahasa Inggris yang rumit berasal dari kata-kata yang sederhana dan sering digunakan di dalamnya.

Find a friend who speaks English

Langkah ke 11 cari seorang teman yang berbicara bahasa Inggris.
Pada langka ini kamu pasti sudah banyak menghafal dan memahami kosa kata baru. ini menjadi modal buat kamu untuk mengimprove kemampuan bahasa inggris kamu. mulailah praktik secara intens dan carilah teman yang dapat mendukung kamu dalam belajar bahasa inggris. terutama speaking.
Hal ini sangat baik untuk melatih menggunakan kata-kata baru kamu. mencari teman bahasa inggris tidak terbatas didunia nyata saja, kamu juga bisa mencarinya didunia maya. dengan pasilitas internet kamu bisa chatting, bahkan telepon menggunakan laptop atau komputer kamu.   denganteman juga anda dapat saling mengoreksi kesalahan berbahasa satu sama lain. 

Listen to the radio, watch television, or find a podcast that you like in English, and practice understanding the language when spoken, too.
Langkah terakhir
Selain kamu harus mempunyai teman yang dapat membantu kamu belajar bahasa inggri, perbanyak juga Mendengarkan radio, menonton televisi, atau menemukan podcast yang kamu sukai dalam bahasa Inggris, dan terus praktek menggunakan kosa kata yang kamu hafal bahasa ketika berbicara.  

Sahabat IBI, demikian lah penjelasan tentang trik dan langkah jitu memperkaya kosa kata bahasa Inggris dengan mudah, cepat dan menyenangkan. semoga bermanfaat. mohon maaf kalau ada kesalahan. silahkan tulis komentar kamu untuk kemajuan Blog ini. Trims.
_Teruslah mencoba_
Arwansyah