parts-of-speechjpg

Bagian Dari Part Of Speech Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Bagian – Bagian Dari Part Of Speech Dan Contoh – Contohnya Dalam Bahasa Inggris

parts-of-speechjpg

Part of speech dalam bahasa inggris disebut juga sebagai jenis kata – kata dalam bahasa indonesia. Part of speech merupakan hal yang wajib dikuasai dalam bahasa inggris, karena ini adalah bagian dari utama dalam pembuatan kalimat bahasa inggris. Selain itu, dengan mempelajari part of speech kita tahu pemilihan kata dalam pembuatan kalimat.

Part of Speech terbagi 8 bagian, yakni noun (kata benda), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan), articles (kata sandang), conjuction (kata sambung), dan pronoun (kata ganti).


8 Jenis Part Of Speech Dalam Bahasa Inggris dan contoh – contohnya

 

  1. Noun atau kata benda

Noun dalam bahasa indonesia diartikan sebagai kata benda. Kata benda tersebut bisa berbentuk konkret (tampak) atau abstrak (tak tampak).

Contoh dari kata benda, seperti laptop (laptop), buku (book), handphone (handphone), udara (air), laut (sea), gunung (mounth), air (water), susu (milk), kamar (bedroom), dan lain sebagainya.

 

  1. Verb atau kata kerja

Verb dalam bahasa indonesia diartikan sebagai kata kerja. Kata kerja tersebut merupakan sesuatu yang berbentuk tindakan/perilaku. Kata kerja berfungsi untuk menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh subjek (pelaku).

Contoh kata kerja, seperti mengetik (type), menulis (write), berbicara (talk), mendengarkan (listen), melihat (see), bergoyang (dance), bermain (play), menangis (cry), makan (eat), tidur (sleep), istirahat (take a rest), duduk (sit), berdiri (stand), dan lain sebagainya.

 

  1. Adjective atau kata sifat

Adjective dalam bahasa indonesia berarti sebagai kata sifat. Kata sifat tersebut bisa memberikan sifat atau gambaran pada kata benda.

 

Contoh kata sifat, seperti besar (big), sedih (sad), senang (happy), luas (spacious), bersih (clean), bagus (nice), luar biasa (amazing), kreatif (creative), baru (new), tua (old), tebal (thick), tipis (thin), dan lain sebagainya.

 

  1. Adverb atau kata keterangan

Adverb bila kita artikan dalam bahasa indonesia bisa diartikan sebagai kata keterangan. Adverb berfungsi untuk memberi keterangan pada kata kerja (verb).

Contoh dari adverb, seperti cepat (fast), lambat (slow), sungguh (quite), dekat (near), dan lain sebagainya.

 

  1. Preposition atau kata depan

Preposition atau kata depan merupakan kata yang kita gunakan untuk menunjukkan tempat, waktu, dan arah.

Contoh dari preposition, seperti kira – kira (about), setelah (after), sebelum (before), pada (at), diatas (on), kecuali (except), tanpa (without), di dalam (inside), di luar (outside), dan lain sebagainya.

 

  1. Articles atau kata sandang

Articles atau kata sandang digunakan untuk memberikan arti sebuah, sesuatu, seekor, seseorang, atau sehelai pada suatu kata benda. Ada 3 jenis kata sandang, yakni a, an, dan the. Ketiga tersebut digunakan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Contoh penggunaan kata sandang, yakni seorang pria (a man), seekor kucing (a cat), seekor kerbau (a buffalo), sebatang pohon (a tree), selembar kertas (a piace of paper), sebuah apel (an apple), sebuah penghapus (an eraser), sebuah buku bahasa inggris (an english book), pria itu (the man), mobil itu (the car), dan lain sebagainya.

 

  1. Conjunction atau kata hubung

Conjuction atau bisa kita artikan sebagai kata sambung yang berfungsi menyambungkan kata/kalimat.

Contoh dari conjuction, seperti dan (and), tapi (but), jadi (so), atau (or), meskipun (althought), sejak (since), walaupun (eventhought), untuk (for), dan lain – lain.

 

  1. Pronoun atau kata ganti

Pronoun dalam bahasa indonesia berarti kata ganti. Fungsi pronoun bisa sebagai pengganti orang maupun benda.

Contoh dari pronoun, seperti :

Subjek                  Objek

 

I                               Me

 

You                        You

 

We                         Us

 

They                      Them

 

He                          Him

 

She                        Her

 

It                             It


Demikianlah pembahasan materi kali ini mengenai “ Bagian – Bagian Penting Dari Part Of Speech Dan Contoh – Contohnya Dalam Bahasa Inggris “.

Semoga dapat membantu dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Thank you for attention friends

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :