Pengertian Lengkap Tentang Halloween Dan Sarba Serbinya
Pengertian Lengkap Tentang Halloween Dan Sarba Serbinya

Pengertian Lengkap Tentang Halloween Dan Sarba Serbinya

Posted on

Pengertian Lengkap Tentang Halloween Dan Sarba Serbinya


Halo sobat IBI …

Perayaan adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sebagian orang untuk memperingati sesuatu hal yang penting dan dillakukan pada waktu tertentu. Pada kesempatabn kali ini IBI akan membahas tentang pengertian salah satu perayaan yang sering kita dengar yaitu perayaan hallowen. Bagaimana penjelasannya dan apasaja serba serbi dari perayaan halloween, langsung saja kita simak berikut ini.


Pengertian Lengkap Tentang Halloween Dan Sarba Serbinya
Pengertian Lengkap Tentang Halloween Dan Sarba Serbinya

Pengartian Halloween

Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Halloween berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang bermigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram atau yang menakutkan, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata “Trick or treat!” Ucapan tersebut adalah semacam “ancaman” yang berarti “Beri kami atau kami jahili.” Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan sabun.

Halloween identik dengan setan, penyihir, hantu goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.


Serba-Serbi Halloween

  • Si Labu : Jack O’ Lantern (Simbol Halloween)

Hantu Labu atau Istilah Jack O` Lantern berasal dari dongeng Irlandia tentang seorang yang bernama Stingy Jack. Berdasarkan dongeng tersebut, Stingy Jack mengundang iblis untuk minum bersamanya. Sesuai dengan namanya Stingy (pelit), Jack tidak mau membayar minuman tersebut. Dia kemudian menyuruh iblis untuk merubah dirinya menjadi sebuah koin emas untuk membayar minuman tersebut.

Setelah iblis setuju dan berubah menjadi koin, Jack memutuskan untuk menyimpan dalam sakunya bersebelahan dengan salib perak, hal itu membuat iblis tidak bisa kembali ke bentuk aslinya. Jack kemudian membuat iblis berjanji untuk tidak mengganggunya selama setahun kedepan, dan agar tidak mengklaim jiwanya ketika ia sudah mati.

Tahun selanjutnya, Jack kembali menipu iblis agar mau memanjat pohon untuk mengambil buah. Ketika iblis hendak turun, Jack menggambar tanda salib di pohon tersebut hingga akhirnya iblis tidak bisa turun. Jack kemudian membuat iblis berjanji untuk tidak mengganggunya selama sepuluh tahun kedepan.

Tidak berapa lama kemudian Jack meninggal. Karena sifatnya yang buruk, Tuhan melarang Jack masuk surga. Dan karena janjinya pada Jack, iblis tidak bisa memasukkannya ke neraka. Sang iblis kemudian melempar Jack pada kegelapan malam bersama dengan arang yang menyala untuk menerangi jalannya. Jack kemudian meletakkan arang tersebut kedalam lobak yang telah dipahat dan semenjak itu arwahnya berkelana di dunia dengan membawa lentera tersebut.

Orang-orang irlandia kemudian mulai menyebut hantu tersebut dengan julukan Jack of the Lantern, dan kemudian disingkat menjadi Jack O’Lantern


  •  Trick or Treat dan permen

Di masa dahulu, saat festival Samhain, roh-roh yang datang menyamar menjadi pengemis ataupun muncul dalam rupa yang tidak sedap dipandang. Mereka akan mengetok rumah dan meminta uang ataupun makanan. Jika mereka pergi dari rumah tersebut dengan tangan kosong, maka si pemilik rumah beresiko mendapatkan kutukan atau dihantui oleh roh jahat.

Di masa sekarang, tradisi tersebut muncul dalam bentuk kunjungan anak-anak ke rumah orang-orang di lingkungan mereka. Mereka akan berkata trick or treat yang maksudnya adalah meminta permen dan snack yang ada saat Halloween. Jika pemilik rumah memilih treat, maka mereka akan mendapatkan goodies. Terkadang mereka diminta untuk menyanyikan lagu ‘soul cakes’  sebelum mendapatkan goodies. Tetapi jika pemilik rumah tidak memberikan, maka rumah atau pekarangan si pemilik rumah akan diberi ‘peninggalan’ seperti kaca jendela yang diberi air sabun ataupun trick lainnya. Konon katanya dahulu permen itu digunakan untuk menenangkan roh yang datang tersebut. Ternyata permen bukan hanya disukai oleh anak-anak, tetapi juga oleh roh-roh.


  • Kostum Seram

Seperti dikatakan di atas bahwa selama Samhain, pembatas antara dunia orang hidup dan orang mati terbuka, maka roh-roh dari orang yang sudah meninggal dapat berada di tengah manusia. Roh ini dapat mengganggu orang-orang yang hidup, bahkan membawa roh si orang yang hidup. Oleh sebab itu dimulailah penggunaan kostum yang menyeramkan agar roh yang datang menganggap si pengguna kostum adalah temannya dan tidak mengganggu si pengguna kostum.


  • Dekorasi Rumah Hantu

Selesai dengan labu, apa kita sudah bisa memulai Halloween ? Tunggu dulu, mari kita hias rumah atau halaman kita agar tampak menyeramkan. Ya, salah satu kegiatan yang wajib dilakukan adalah mendekorasi rumah, dibawah ini ada beberapa dekorasi keren dan menarik untuk dilihat.


  • Warna Hitam dan Orange

Ciri khas lainnya dari Halloween adalah dekorasi dengan dominasi warna orange dan hitam. Orange melambangkan akhir dari musim panen (saat musim gugur rata-rata daun berwarna orange), sedangkan hitam melambangkan kematian.


Demikian yang dapat IBI sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang sudah IBI sampaikan dapat bermanfaat dan dapatt dijadikan bahan belaajar bahasa inggris dan dapat menambah pengetaahuan sobat IBI semua.

-Salam Semangat IBI-

Baca juga artikel IBI lainnya di:


loading...