as well as

Penjelasan Dan Cara Penggunaan “As Well As” Beserta Contoh Nya Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Penjelasan Singkat Dan Cara Penggunaan “As Well As” Beserta Contoh-Contoh Nya Dalam Bahasa Inggris

as well as

 

“I can swim as well as cook well”.

Admin yakin, sahabat IBI (ilmubahaasainggris.com) pasti sudah sering mendengar ataupun tahu mengenai contoh kalimat diatas.

Apakah kalimat diatas telah menggunakan frase “as well as” dengan benar?

Untuk itu, mari kita simak pembahasan sederhana kali ini

 


Penjelasan, penggunaan dan contoh kalimat tentang “as well as”

Yaa… Jawabannya adalah tergantung apakah as well as digunakan sebagai frase yang bersifat sebagai kata keterangan untuk membuat perbandingan (menggunakan bentuk kata kerja sederhana) atau sebagai frase yang bersifat seperti kata penghubung (conjunction) antar klausa dan as well as memiliki arti mirip dengan “in addition to” (selain/di samping…), di mana kata kerja yang digunakan adalah Verb + ing.as + adj + as + clause/phrase (as well as sebagai kata penghubung)as + adv + as + clause/phrase (as well as sebagai kata keterangan yang setara dengan as much as, as good as, as long as, as beautiful as, dan lain sebagainya)

Contoh:

‘I saw as many as three thousand people at the concert.’ (Saya melihat sebanyak tiga ribu orang di konser)

‘He was badly injured, but I did as much as I could to make him comfortable.’ (Dia terluka sangat parah, tetapi saya melakukan sebanyak yang saya bisa untuk membuatnya nyaman)

‘I waited for as long as I dared, but when it got dark, I went home.’ (Saya menunggu selama saya berani, tetapi ketika gelap, saya pulang ke rumah)

‘Please come as quickly as you can. My father is very ill.’ (Tolong datang secepat yang anda bisa. Ayah saya sangat sakit)

‘The Irish played as well as the Scots but didn’t convert as many attempts on goal.’ (Tim Irlandia bermain sebaik tim Skotlandia tetapi tidak sebanyak itu mengubah upaya menjadi gol)

‘Richardson was as good an actor as Gieldgud (was).’ (Richardson dulunya aktor sebaik Gielgud)


Perhatikan pada contoh terakhir, jika kata sifat diletakkan diantara kata “as” dan kata benda, maka “a/an” harus diletakkan setelah kata sifat. As good (adjective) an actor (noun) as

Menariknya, pada kalimat, “I can swim as well as cook well”, kita menyatakan bahwa ini adalah dua hal yang dapat kita lakukan. Sebaliknya, jika kita mengatakan “I can swim as well as I can cook”, kita menyatakan bahwa kita bisa melakukan kedua hal ini dengan level kepiawaian yang sama.

Ketika kita menggunakan “as well as” (yang memiliki arti mirip dengan in addition to – selain) sebagai kata penghubung pembantu diperlukan verb + ing untuk mengikuti:

‘As well as playing tennis with Steve three times during the week, I (also) play badminton with my wife at the weekend.’ (Selain bermain tenis dengan Steve tiga kali selama minggu ini, saya juga bermain badminton dengan istri saya pada akhir pekan)

‘In addition to working on his Ph.D. dissertation, he (also) translates articles for The Weekly Review.’ (Di samping bekerja untuk disertasi Ph.D nya, dia juga menerjemahkan atikel untuk Weekly Review)


Perhatikan bahwa disini kata keterangan “as well”, memiliki arti yang mirip dengan “as well as” dan sering digunakan sebagai alternatif pengganti kata “too”. Perhatikan juga bahwa kata “as well” dan “too” harus diletakkan di akhir kalimat.

 

‘We enjoyed a rare night out last night. We ate at Luigi’s, and went to the cinema as well.’ ( = As well as eating out, we (also) went to the cinema.)

‘We eat well here in Sardinia. The wine is excellent too.’

‘My wife is a chemist and both her parents were chemists as well.’

 

Perhatikan bahwa penggunaan khusus kata “as long as” yang memiliki arti dan penggunaan yang mirip dengan “asalkan” (provided that). Keduanya adalah bentuk lebih empati dari kata “jika” (if) dan digunakan untuk memperkenalkan suatu kondisi:

 

‘As long as you promise to help me, I don’t mind cooking for twelve people on Easter Sunday.’ (Selama/asalkan kamu berjanji untuk membantuku, aku tidak masalah memasak untuk 12 orang pada Minggu paskah)

‘I’ll join you on this skiing holiday, provided that I can have my own room at the hotel.’ (Aku akan bergabung denganmu pada liburan ski ini, asalkan aku bisa memiliki kamarku sendiri di hotel)


Demikian pembahasan materi kali ini mengenai penjelasan singkat dan cara penggunaan “As Well As” beserta contoh-contoh nya dalam bahasa inggris.

semoga bermanfaat dan bisa membantu seluruh sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses belajar bahasa inggris.

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :