Smart VS Clever: Perbedaan Dan Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Smart VS Clever: Perbedaan Dan Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris


Dalam kehidupan sehari-hari, sahabat IBI tentu familiar dengan kata smart dan clever. Keduanya adalah adjective yang digunakan untuk menggambarkan sifat seseorang yang memiliki kecerdasan tinggi. Namun, tahukah sahabat IBI bahwa keduanya juga memiliki perbedaan? Untuk itu, berikut IBI akan mengulas mengenai perbedaan antara smart dan clever serta contoh kalimatnya dalam Bahasa Inggris.


 

 


Smart

Smart adalah adjective yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki intelegensia tinggi dan memiliki kemampuan untuk mengaplikasikannya. Dengan kata lain, smart people dibutuhkan ketika sedang berada dalam situasi yang rumit dan dituntut untuk bekerja secara hati-hati. Sementara jika dialihkan ke Bahasa Indonesia, smart dapat kita asosiasikan dengan kata cerdas. Orang cerdas umumnya memiliki kelebihan karena mereka banyak belajar dan memiliki wawasan luas.

Examples:

  1. Jhony is the most smart student in my school (Jhony adalah murid paling cerdas di sekolahku).
  2.  Doctor is a job which requires smart people to do it (Dokter adalah pekerjaan yang mana membutuhkan orang cerdas untuk melakukannya).
  3. Intelegency Quotion or usually known as IQ, is a parameter to know how smart a person is (…. atau biasa dikenal sebagai IQ, adalah parameter untuk mengetahui seberapa cerdas seseorang).

Clever

Clever adalah adjective yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang lucu dan tahu bagaimana bekerja dalam situasi yang sulit dengan cara yang tak biasa dipikirkan orang lain. Clever people dibutuhkan ketika sedang terjadi situasi yang tidak biasa dan dituntut untuk berpikir cepat dengan cara yang unik.  Jika dialihkan ke Bahasa Indonesia, clever dapat kita asosiasikan dengan kata cerdik. Orang yang cerdik umumnya memiliki kelebihan berupa kemampuan untuk  berpikir dengan cara yang out of the box atau tidak biasa

Examples:

  1. Professional gamers are usulally clever people (Pemain game profesional biasanya adalah orang yang cerdik).
  2. Being smart is not enough, you also have to learn how to be clever (Menjadi cerdas tidaklah cukup, kamu juga harus belajar bagaimana menjadi cerdik).
  3.  Brian is clever man. His ideas are always amazing! (Brian adalah lelaki yang cerdik. Ide-idenya selalu mengagumkan!

Itu dia ulasan mengenai perbedaan antara smart dan clever. Baik smart people maupun clever people, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dengan caranya masing-masing. Jadi, termasuk dalam ketegori manakah kamu, sahabat IBI? 🙂

Referensi materi IBI yang lainnya:


loading...