listening

Hal Yang Dapat Dilakukan Pengajar Dalam Mengurangi Rasa Bosan Siswa Ketika Belajar LISTENING

Posted on

Hal Yang Dapat Dilakukan Pengajar Dalam Mengurangi Rasa Bosan Siswa Ketika Belajar Listening

listening

 

Mungkin ada beberapa dari sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) adalah seorang pengajar.

Tak heran jika salah satu diantara pengajar ataupun pelajar nya pernah merasakan boring atau bosan ketika mengajar atau belajar bahasa inggris.

Atau bahkan bingung dengan pelajaran yang monoton ?

Monoton hanya belajar grammar, reading, speaking dan lainnya sehingga membuat sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) sebagai guru merasa sangat bosan dengan keadaan monoton tersebut, begitu juga dengan siswa. Sahabat IBI (ilmubahasainggris.com)saja sebagai guru merasakan bosan apalagi siswa? So do them… dan terlebih enggan untuk belajar di kelas.

 

Hal ini dapat mempengaruhi mood belajar siswa sehingga dengan keadaan tersebut para siswa akan sulit untuk menerima pelajaran. Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, salah satu cara ampuh yang dapat ditempuh adalah dengan memberikan pelajaran berupa lagu bahasa inggris kepada siswa. Maksudnya adalah sekali – sekali sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) bisa mengganti pelajaran listening atau menambahkan materi song atau lagu dalam pelajaran listening.

 

Untuk membuat suasana dan keadaan kelas terutama mood siswa menjadi enjoy dan in good mood untuk belajar bahasa inggris terutama melalui English song atau lagu bahasa inggris, berikut ini terdapat beberapa trik sederhana dalam memberikan lagu bahasa inggris kepada siswa ketika belajar bahasa inggris.

 


Langkah sederhana yang dapat dilakukan pengajar agar siswa tidak bosan ketika belajar listening di dalam kelas bahasa inggris

 

Berikan Lirik Lagu Kepada Siswa

Pada trik ini, sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) yang berperan sebagai guru harus memberikan lirik lagu semenarik mungkin dan membuat kata kata kosong yang harus diiisi oleh siswa, sehingga dengan cara tersebut siswa akan lebih antusias dalam mendengarkan dan mengisi kata kata kosong dari lagu yang diputar di dalam kelas.

Contohnya :

Heal The World – By Michael Jackson

Chorus :

Heal the world

Make it a (………………..)

For you and for me and (…………………….)

(………………..) people dying

If you (…………..) for the living

Make a better place for you and for me

 

Dari contoh lirik lagu di atas, para siswa harus mengisi kata kata kosong yang ada pada lirik lagu tersebut dan mengartikannya sehingga para siswa pun dapat mengerti maksud dari lagu tersebut. Dengan cara tersebut mood siswa dalam belajar bahasa inggris akan menjadi lebih baik. Bernyanyi bersama setelah para siswa mendengarkan lagu dan mengisi kata kata yang kosong, periksalah dan bahaslah bersama kata kata yang telah diisi oleh siswa kemudian berikan jawaban yang benar.

 

Setelah itu agar siswa dapat menikmati proses belajar dengan baik dan lebih menumbuhkan semangat siswa dalam bahasa inggris, ajaklah mereka untuk bernyanyi bersama sehingga secara langsung mereka juga berlatih dan belajar tentang pronouncation dalam lagu bahasa inggris yang diputar di dalam kelas.


Demikianlah pembahasan materi kali ini mengenai “ Hal yang dapat dilakukan pengajar dalam mengurangi rasa bosan siswa ketika belajar listening “.

Semoga dapat membantu dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Thank you for attention friends

 

Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...