Contoh Politely Asking for Help And Advice Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya
Contoh Politely Asking for Help And Advice Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Contoh Politely Asking for Help And Advice Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Posted on

Contoh Politely Asking for Help And Advice Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya


Contoh Politely Asking for Help And Advice Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya
Contoh Politely Asking for Help And Advice Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Meminta bantuan kepada orang lain adalah hal yang akan selalu dilakukan manusia. Mengapa demikian? karena manusia adalah mahluk sosial yang tidak mampu hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dengan demikian, manusia akan membutuhkan bantuan sesamanya untuk terus bertahan hidup.

Namun, bagaimanakah meminta bantuan dan nasehat dengan cara yang sopan? khususnya di tempat kerja dengan situasi yang formal. Oleh sebab itu, kali ini IBI akan mengulas cara meminta bantuan dan nasehat secara sopan di tempat kerja dalam bahasa Inggris.


Ada sebuah ungkapan yang mengatakan if you want someone to help you, ask them, don’t tell them (Jika kamu ingin seseorang membantumu, mintalah ke mereka, jangan suruh mereka). Dibandingkan dengan menyuruh, meminta adalah cara yang lebih sopan dan bijaksana. Jadi ingat ya sahabat IBI, karena disini kita yang membutuhkan bantuan, kita tidak boleh seolah-olah menyuruh atau bahkan memaksa seseorang.

Berikut beberapa cara meminta tolong dan nasehat secara sopan di tempat kerja dalam bahasa Inggris.

  1. I would be most grateful if you could give me some help (Saya akan sangat bersyukur jika kamu mau memberi saya beberapa bantuan).
  2. Please, could I ask you for some advice? (Tolong, bolehkah saya meminta beberapa nasehat darimu?).
  3. I know you are busy, but could you spare me a few minutes of your time please? (Saya tahu kamu sedang sibuk, tapi maukah kamu memberiku sedikit waktumu, tolong?).

Example 1:

Nara : Hmm Jane…I would be most grateful if you could give me some help please? (Hmm Jane… Aku akan sangat bersyukur jika kamu mau memberi saya beberapa bantuan tolong?).

Jane : Of course Nara. What can I help you? (Tentu Nara. Apa yang bisa aku bantu?).

Nara : I need someone who can make invitation design for our new products launching next month.  Could you help me please? Phil tell me that you can do this (Aku membutuhkan seseorang yang dapat membuat desain undangan untuk peluncuran produk baru kita bulan depan. Bisakah kamu menolongku? Phil mengatakan padaku bahwa kamu bisa melakukannya).

Jane : Ahh no problem. Designer is my second job. You came to the right person. I would not disappoint you! (Ahh tidak masalah. Desainer adalah pekerjaan keduaku. Kamu telah datang ke orang yang tepat. Aku tak akan mengecewakannmu).

Nara : Great… thank you so much Jane (Hebat… terimakasih banyak Jane).

Jane : Anytime (Sama-sama).


Example 2:

Lizzie : Oh…Mike. I don’t know what should I do for today’s presentation. Could I ask you for some advice, please? (Oh…Mike. Aku tidak tahu apa yang harus ku lakukan untuk presentasi hari ini. Bolehkan aku meminta beberapa nasehatmu, tolong?).

Mike : Don’t be panic Lizze! The presentation is still five hours later. You still have time to prepare yourself (Jangan panik Lizzie! presentasi masih lima jam lagi. Kamu masih punya waktu untuk mempersiapkan dirimu).

Lizzie : Ok Mike, but you know that it is very important for me. I’m afraid that I’ll do a mistake (Ok Mike, tapi kamu tahu bahwa ini sangat penting bagiku. Aku khawatir aku akan melakukan kesalahan).

Mike : Just positive thinking, Lizzie. Believe yourself. If you can do it, I’m sure nothing to worry about your presentation (hanya berpikiran baik, Lizzie. Percayalah dirimu sendiri. Jika kamu dapat melakukannya, aku yakin tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait presentasimu).

Lizzie : Oh thanks Mike. You make me feeling better (Oh terimakasih Mike. kamu membuatku merasa lebih baik).

Mike : You’r welcome Lizze, happy to help you (Sama-sama Lizzie, senang bisa membantumu).


Example 3:

Alex : I know you are busy Jhon, but could you spare me a few minutes of your time please? (Aku tahu kamu sedang sibuk Jhon, tapi bisakah kamu memberikan waktumu sedikit untukku tolong?).

Jhon : Of course Alex. What’s up? (Tentu Alex. Ada apa?).

Alex : Hmm.. this is proposal about next month project. Could you correcting it before I submit to manager this afternoon? (Hmm.. ini proposal tentang proyek bulan depan. Maukah kamu mengoreksinya sebelum ku serahkan pada manajer sore ini?).

Jhon : With a pleasure, Alex (dengan senang hati, Alex).

Alex : Thank you so much Jhon (Terimakasih banyak Jhon).

Jhon : Anytime (Sama-sama).


Demikian ulasan IBI mengenai cara meminta tolong dan nasehat secara sopan di tempat kerja dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat yaa.


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :

loading...